HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PADA USIA DEWASA AWAL DI KOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1014Keywords:
Hubungan, Intensitas, Media Sosial, Interaksi Sosial, Usia Dewasa AwalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Gambaran Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Interaksi Sosial Pada Usia Dewasa Awaldi Kota Medan. Populasi yang diambil adalah Dewasa Awal di kota Medan dengan rentang usia 19-40 Tahun. Populasi penelitian ini berjumlah 816.260 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan skala psikologi, dimana responden diminta untuk memilih salah satu jawaban sesuai dengan karakteristik dirinya dengan cara memberi tanda silang (x).. Hasil penelitian ini menunjukkan analisis korelasi data terdapat hubungan negatif yang signifikan antara Intensitas Penggunaan Media Sosial terhadap Interaksi Sosial pada Usia Dewasa Awal di Kota Medan. Berdasarkan hasil uji korelasi Pearson Product Moment antara variabel yang satu dengan variabel kedua diperoleh sebesar r = -0.503 dengan p = 0,000 (< 0,05) yang berarti hipotesis penelitian diterima. Artinya, semakin tinggi Intensitas Penggunaan Media Sosial maka semakin rendah Interaksi Sosial pada Usia Dewasa Awal di Kota Medan. Sebaliknya semakin rendah Intensitas Penggunaan Media Sosial maka semakin tinggi Interaksi Sosial yang dilakukan. Berdasarkan hasil kategorisasi subjek penelitian, dapat diketahui bahwa sebagian besar Usia Dewasa Awal di Kota berada dalam kategori tinggi yaitu sebanyak 330 orang (94,8%) dan Interaksi Sosial sebanyak 205 orang (58,9%). Pada variabel Intensitas Penggunaan Media Sosial paling banyak pada kategori sedang adalah aspek Durasi yaitu sebanyak 316 orang (90,8%). Berdasarkan kategorisasi aspek-aspek Interaksi Sosial, didapatkan paling banyak berada pada kategori sedang yaitu aspek Kontak Sosial yaitu sebanyak 292 orang (83,9%)
Downloads
References
Atqakum, L., Daud, M., & Nurdin, M. N. H. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Adaptabilitas Karier Mahasiswa Tingkat Akhir. Peshum: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(6), 576–587. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.56799/Peshum.V1i6.962
Azmi, N. A., Fathani, A. T., Sadayi, D. P., Fitriani, I., & Adiyaksa, M. R. (2021). Social Media Network Analysis (Sna): Identifikasi Komunikasi Dan Penyebaran Informasi Melalui Media Sosial Twitter. Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(4), 1422. Https://Doi.Org/10.30865/Mib.V5i4.3257
Dewi, H. A., Suryani, S., & Sriati, A. (2020). Faktor Faktor Yang Memengaruhi Cyberbullying Pada Remaja: A Systematic Review. Journal Of Nursing Care, 3(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24198/Jnc.V3i2.24477
Diananda, A. (2019). Psikologi Remaja Dan Permasalahannya. Journal Istighna, 1(1), 116–133. Https://Doi.Org/10.33853/Istighna.V1i1.20
Goudeau, S., Sanrey, C., Stanczak, A., Manstead, A., & Darnon, C. (2021). Why Lockdown And Distance Learning During The Covid-19 Pandemic Are Likely To Increase The Social Class Achievement Gap. Nature Human Behaviour, 5(10), 1273–1281. Https://Doi.Org/10.1038/S41562-021-01212-7
Hani, U. (2021). Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini Melalui Tradisi Jawa “Among-Among”: Kajian Parenting Di Desa Bandung, Kebumen. Annual Conference On Islamic Early Childhood Education (Aciece), 5, 127–136. Https://Conference.Uin-Suka.Ac.Id/Index.Php/Aciece/Article/View/641%0a
Hastrida, A. (2021). Proses Pengelolaan Media Sosial Pemerintah: Manfaat Dan Risiko Process Of Government Social Media Management: Benefit And Risk. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik Vol, 25(2), 149–165.
Indriyani, L., & Margunani, M. (2019). Pengaruh Kepribadian, Pendidikan Kewirausahaan, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 848–862. Https://Doi.Org/10.15294/Eeaj.V7i3.28315
Intani, I. D., & Sawitri, D. R. (2023). Hubungan Antara Dukungan Sosial Guru Bimbingan Konseling Dan Adaptabilitas Karir Pada Siswa Kelas Xii Di Sma Negeri 1 Cilacap. Jurnal Empati, 12(5), 368–375. Https://Doi.Org/10.14710/Empati.2023.27563
Kusumadewi, V. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Dan Perkembangan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 9(2), 105–112.
Marwoko, G. (2019). Psikologi Perkembangan Masa Remaja. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 26(1), 60–75. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.29138/Tasyri.V26i1.69
Pardosi, D. S. (2020). Skripsi Literature Review: Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Tingkat Stres. Http://Poltekkes.Aplikasi-Akademik.Com/Xmlui/Handle/123456789/4410
Purwanti, I. (2021). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Adaptabilitas Karir Pada Fresh Graduates Uin Ar-Raniry Banda Aceh. Uin Ar-Raniry. Https://Repository.Ar-Raniry.Ac.Id/Id/Eprint/18449
Rahayu, E. S., & Laela, S. (2018). Pengaruh Minat Berwirausaha Dan Penggunaan Sosial Media Terhadap Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(3), 203–216.
Ramadhan, B. I. (2022). Hubungan Antara Intensitas Bermain Permainan Online Dengan Kecerdasan Emosional Pada Remaja. Universitas Islam Riau.
Salsabillah, S., Azizah, A. F., Maliki, A., Hardjito, H., Mudzakir, J., & Sofiyah, S. (2021). Membangun Kreativitas Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Bersama Anak-Anak Di Pos Baca Inpres Iv Kecamatan Larangan Kota Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Lppm Umj, 1(1).
Sari, K. E. A., Arya, L., & Syanti, W. R. (2022). Benarkah Kecerdasan Emosional Dan Dukungan Sosial Penting? Studi Adaptabilitas Karir Pada Fresh Graduate. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(3), 585–595.
Setyawan, I. A., Setiawati, O. R., Dharmawan, A. K., & Pramesti, W. (2021). Pengaruh Stres Dengan Perilaku Olahraga Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(1), 241–247. Https://Doi.Org/10.35816/Jiskh.V10i1.593
Shoimah, S. (2019). Pengaruh Self Efficacy, Lingkungan Keluarga Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unisda Lamongan. J-Macc, 2(2). Http://Repository.Unisda.Ac.Id/Id/Eprint/378
Simbolon, B. R., & Khairifa, F. (2018). Strategi Komunikasi Pemerintahan Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Pada Pembangunan Desa Wisata Tuktuk Siadong Kabupaten Samosir. Jurnal Darma Agung, 26(3), 606–619.
Sulistiyanto, D., & Abdullah, S. M. (2023). Kecerdasan Emosional Dan Dukungan Sosial Keluarga Dengan Adaptabilitas Karir Pada Siswa. Jurnal Psikologi Malahayati, 5(1).
Syaifulina, S. (2022). Aspek Psikologis Anak Usia Sekolah Terdampak Pandemi Covid-19. Http://Repo.Stikesicme-Jbg.Ac.Id/Id/Eprint/6180
Tjahyadi, A. V., & Ersa Lanang Sanjaya, E. L. (2021). Peran Self-Esteem Dan Stress Terhadap Harassment Pada Pemain Online Game Dewasa Awal. Http://Dspace.Uc.Ac.Id/Handle/123456789/6225
Utami, I. K. (2019). Pengaruh Dukungan Sosial, Hardiness Dan Pendidikan Terhadap Adaptabilitas Karier Pada Fresh Graduates. Fakultas Psikologi Uin Syarif Hidayatullah Jakarta. Http://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Handle/123456789/48713
Widiyastari, U. (2019). Hubungan Antara Rasa Syukur Dengan Stres Akademik Pada Santri Pondok Pesantren An-Nur Yogyakarta. Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Http://Eprints.Mercubuana-Yogya.Ac.Id/Id/Eprint/4706
Yovinus, Y. (2018). Peran Komunikasi Publik Media Sosial Dalam Implementasi Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik Di Kota Bandung. Jurnal Academia Praja, 1(01), 185–211. Https://Doi.Org/10.36859/Jap.V1i01.47
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten