LITERATURE REVIEW: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS EDUTOURISM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1063Keywords:
Literasi lingkungan, Edutourism, Pembelajaran BiologiAbstract
Permasalahan lingkungan hidup yang terjadi saat ini tidak lepas dari kondisi atau interaksi manusia dengan lingkungan hidup, baik lingkungan biotik maupun lingkungan abiotik. Rendahnya kepedulian masyarakat terhadap permasalahan lingkungan disebabkan rendahnya literasi lingkungan yang dimiliki. Hal ini dapat diatasi melalui pendidikan lingkungan dan salah satu metode efektif dalam pendidikan lingkungan adalah berbasis edutourim yang dapat diterapkan pada siswa SMA. Tujuan dari literature review ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran biologi berbasis edutourism terhadap literasi lingkungan siswa. Metode yang digunakan adalah studi literatur terhadap beberapa artikel terkait penggunaan model pembelajaran biologi berbasis edutourism terhadap literasi lingkungan siswa yang dipublikasikan beberapa tahun terakhir. Dari 20 artikel yang digunakan dalam literature review ini ditemukan bahwa rata-rata literasi lingkungan siswa yang mengikuti model pembelajaran biologi berbasis edutourism selalu meningkat; sedangkan rata-rata literasi lingkungan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis edutourism cenderung menurun, terdapat perbedaan hasil literasi lingkungan yang signifikan antara siswa yang belajar yang di sekolah adiwiyata dan siswa yang belajar di sekolah non adiwiyata, terdapat perbedaan antara literasi lingkungan di sekolah berkurikulum wawasan lingkungan, kurikulum merdeka dengan sekolah yang tidak menggunakan kuruikulum wawasan lingkungan dan kurikulum merdeka. Siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran biologi berbasis edutourism menunjukkan hasil literasi lingkungan baik dibandingkan dengan siswa yang belajar tidak menggunakan model pembelajaran biologi berbasis edutourism.
Downloads
References
Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan Dari Negara Lain Education in Indonesia and Abroad : Advantages and Lacks. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 113–122.
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.
Khoirul Syani, A., Mufid, S., & Hazin, M. (2018). Komunikasi dalam Implementasi Kebijakan Pendidikan Wajib Belajar 9 Tahun di Kecamatan Ngadiluwih. Khazanah Pendidikan, 11(1), 25–38. https://doi.org/10.30595/jkp.v11i1.2309
Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765
Wahyudi, M. A., & Lutfi, A. (2019). Analisis Reformasi Pendidikan dalam Mewujudkan Pemerataan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Administrasi Publik, 9(2), 191–201. http://ojs.uma.ac.id/index.php/jap
Yuliah, E. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 30, 129–153. https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/attadbir/article/view/58
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten