PERBEDAAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1410Keywords:
Problem-Solving Ability, Make A Match, MathematicsAbstract
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas V di Gugus IV Kecamatan Sumber Kolak, Kabupaten Situbondo, dan sampel diambil secara Simple Random Sampling (SRS). Sampel terdiri dari siswa kelas V A SD Integral Luqman Al Hakim Situbondo (kelas eksperimen) dan siswa kelas V SDN 3 Sumberkolak (kelas kontrol). Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan memecahkan masalah antara model pembelajaran Make a Match dan model Pembelajaran Langsung dalam mata pelajaran Matematika. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonrandomized Control Group Post Test Design. Hasil post-test menunjukkan bahwa model Make a Match menghasilkan kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik dibandingkan model Pembelajaran Langsung. Uji hipotesis menunjukkan t_hitung (2,66) lebih besar dari t_tabel (2,021), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah antara kedua model pembelajaran tersebut.
Downloads
References
Agus Susilo. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran The Role of History Teachers in Utilizing Learning Media Innovations. Pendidikan, Jurnal Komunikasi, 4(2).
Desyandri, A. &. (2018). Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learniing (Pbl) Di Sekolah Dasar. PAKAR Pendidikan, 16(2), 29–39.
Diani Ayu Pratiwi. (2021). PERENCANAAN PEMBELAJARAN SD/MI. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Fadil, K., & Ikhtiono, G. (2024). Perbedaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) antara Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 224–238.
Farida. (2023). Pilar-pilar Pembangunan Karakter Remaja: Metode Pembelajaran Aplikatif untuk Guru Sekolah Menengah. In Nuansa Cendekia.
Istiqomah, N., Rusyd, I., Grogot, T., & Timur, P. (2023). Reinterpretasi Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam : Optimalisasi Implementasi dalam Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Pendahuluan. IQRO: Journal of Islamic Education, 6(1), 85–106.
Jagom, Y. O. (2015). KREATIVITAS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI BERDASARKAN GAYA BELAJAR VISUAL-SPATIAL DAN. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 176–190.
Magdalena, I., Shodikoh, A. F., & Pebrianti, A. R. (2021). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SDN MERUYA SELATAN 06 PAGI. Jurnal AlphaEuclidEdu, 3(1), 312–325.
Nurhikmayati, I. (2019). IMPLEMENTASI STEAM DALAM. Jurnal Didactical Mathematics, 1(2), 41–50.
Prananda, G. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningk atan Keterampilan Berpik ir Kritis dan Self-Confidence Peserta Didik Terna 3 di Kelas IV Sek olah Dasar. In Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang.
Prananda, G., Friska, S. Y., & Susilawati, W. O. (2021). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 1–10.
Rahayu, S. (2020). TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENTKNOWLEDGE (TPACK): INTEGRASI ICTDALAM PEMBELAJARAN IPAABAD 2. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 4(2).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung: Alfabeta.
Suripah, S., & Riau, U. I. (2024). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Akar Pangkat Persamaan Kompleks Berdasarkan Tingkat Kemampuan Akademik Students ’ Mathematical Creative Thinking A ... Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Ak. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).
Widodo, S. A. (2016). ANALISIS KESALAHAN DALAM PEMECAHAN MASALAH DIVERGENSI TIPE MEMBUKTIKAN PADA MAHASISWA MATEMATIKA. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 3(1), 105–113.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten