LITERATURE REVIEW: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS EDUTOURISM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA

Authors

  • M Merti Triyanti Prodi S3 Pendidikan MIPA Fakultas Pascasarajana, Universitas Jambi, Indonesia
  • Jodion Siburian Prodi S3 Pendidikan MIPA Fakultas Pascasarajana, Universitas Jambi, Indonesia
  • Asni Johari Prodi S3 Pendidikan MIPA Fakultas Pascasarajana, Universitas Jambi, Indonesia
  • Evita Anggereini Prodi S3 Pendidikan MIPA Fakultas Pascasarajana, Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1063

Keywords:

Literasi lingkungan, Edutourism, Pembelajaran Biologi

Abstract

Permasalahan lingkungan hidup yang terjadi saat ini tidak lepas dari kondisi atau interaksi manusia dengan lingkungan hidup, baik lingkungan biotik maupun lingkungan abiotik. Rendahnya kepedulian masyarakat terhadap permasalahan lingkungan disebabkan rendahnya literasi lingkungan yang dimiliki. Hal ini dapat diatasi melalui pendidikan lingkungan dan salah satu metode efektif dalam pendidikan lingkungan adalah berbasis edutourim yang dapat diterapkan pada siswa SMA. Tujuan dari literature review ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran biologi berbasis edutourism terhadap literasi lingkungan siswa. Metode yang digunakan adalah studi literatur terhadap beberapa artikel terkait penggunaan model pembelajaran biologi berbasis edutourism  terhadap literasi lingkungan siswa yang dipublikasikan beberapa tahun terakhir. Dari 20 artikel yang digunakan dalam literature review ini ditemukan bahwa rata-rata literasi lingkungan siswa yang mengikuti model pembelajaran biologi berbasis edutourism selalu meningkat; sedangkan rata-rata literasi lingkungan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis edutourism cenderung menurun, terdapat perbedaan hasil literasi lingkungan yang signifikan antara siswa yang belajar yang di sekolah adiwiyata dan siswa yang belajar di sekolah non adiwiyata, terdapat perbedaan antara literasi lingkungan di sekolah berkurikulum wawasan lingkungan, kurikulum merdeka dengan sekolah yang tidak menggunakan kuruikulum wawasan lingkungan dan kurikulum merdeka. Siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran biologi berbasis edutourism menunjukkan hasil literasi lingkungan baik dibandingkan dengan siswa yang belajar tidak menggunakan model pembelajaran biologi berbasis edutourism.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

M Merti Triyanti, Prodi S3 Pendidikan MIPA Fakultas Pascasarajana, Universitas Jambi, Indonesia

Prodi S3 Pendidikan MIPA Fakultas Pascasarajana, Universitas Jambi, Indonesia

Jodion Siburian, Prodi S3 Pendidikan MIPA Fakultas Pascasarajana, Universitas Jambi, Indonesia

Prodi S3 Pendidikan MIPA Fakultas Pascasarajana, Universitas Jambi, Indonesia

Asni Johari, Prodi S3 Pendidikan MIPA Fakultas Pascasarajana, Universitas Jambi, Indonesia

Prodi S3 Pendidikan MIPA Fakultas Pascasarajana, Universitas Jambi, Indonesia

Evita Anggereini, Prodi S3 Pendidikan MIPA Fakultas Pascasarajana, Universitas Jambi, Indonesia

Prodi S3 Pendidikan MIPA Fakultas Pascasarajana, Universitas Jambi, Indonesia

References

Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan Dari Negara Lain Education in Indonesia and Abroad : Advantages and Lacks. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 113–122.

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.

Khoirul Syani, A., Mufid, S., & Hazin, M. (2018). Komunikasi dalam Implementasi Kebijakan Pendidikan Wajib Belajar 9 Tahun di Kecamatan Ngadiluwih. Khazanah Pendidikan, 11(1), 25–38. https://doi.org/10.30595/jkp.v11i1.2309

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765

Wahyudi, M. A., & Lutfi, A. (2019). Analisis Reformasi Pendidikan dalam Mewujudkan Pemerataan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Administrasi Publik, 9(2), 191–201. http://ojs.uma.ac.id/index.php/jap

Yuliah, E. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 30, 129–153. https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/attadbir/article/view/58

Published

2025-04-28

How to Cite

Triyanti, M. M. ., Siburian, J. ., Johari, A., & Anggereini, E. (2025). LITERATURE REVIEW: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS EDUTOURISM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 567–674. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1063

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.