PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS X

Authors

  • Haposan Ambarita Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan,, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Daulat Nathanael Banjarnahor Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan,, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Prini Desima Evawani Ambarita Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan,, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.1271

Keywords:

Guru, Minat Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas X di SMK Nusantara Tanah Jawa Tahun Ajaran 2024/2025. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Kualitas instrumen penelitian untuk angket dan prestasi belajar siswa dinilai melalui uji validitas dan reabilitas. Seluruh data dari ketiga variabel diatas terlebih dahulu diuji apakah berdistribusi normal atau tidak dengan menggunkan uji kecocokan atau uji chi kuadrat dan ternyata ketiga variabel tersebut berdistribusi normal. Adapun koefisien pengaruh yang diperoleh adalah sebagai berikut : (1) Koefisien kontribusi Y atas X1 sebesar 76,49 % (2) Koefisien kontribusi Y atas X2 sebesar 40,22 % (3) Koefisien kontribusi X1 atas X2 sebesar 50,73% (4) Koefisien kontribusi Y atas X1 dan X2 sebesar 55,81%.Berdasarkan uji hipotesis yaitu uji signifikan pengaruh (Uji t) dengan menolak H0 dan menerima H1 maka diperoleh :Pengaruh antara Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas X di SMK Nusantara Tanah Jawa Tahun Ajaran 2024/2025 adalah “sangat kuat” (3,07).Pengaruh antara Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas X di SMK Nusantara Tanah Jawa Tahun Ajaran 2024/2025 adalah “sangat kuat” (2,68). Pengaruh antara Keterampilan Mengajar Guru dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas X di SMK Nusantara Tanah Jawa Tahun Ajaran 2024/2025 adalah “sangat kuat” (3,01)

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Haposan Ambarita, Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan,, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan,, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Daulat Nathanael Banjarnahor, Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan,, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan,, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Prini Desima Evawani Ambarita, Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan,, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan,, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

References

Adawiyah, R., & Suaedah, S. (2022). POLA ASUH ORANG TUA PADA MINAT BELAJAR SISWA DI SMPN 15 KOTA BEKASI. Research and Development Journal of Education, 8(2), 808. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.12884

Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa. Attadib Journal of Elemetary Education, 3(2), 123–133.

Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematik. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 175–186.

Chandra, C., & Khiong, K. (2024). Minat Belajar dan Lingkungan Belajar Dalam Meningkatkan Proses Belajar Aktif Pendidikan Agama Buddha. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1), 201–206.

Dalimunthe, R. R., Harahap, R. D., & Harahap, D. A. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPA Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1341–1348. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.888

Febriani, P. A. (2021). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Pembelajaran Kelas XI Di SMK Negeri 1 Cianjur. JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum dan Kewarganegaraan), 11(1), 1–9.

Fitri, R. A., Adnan, F., & Irdamurni, I. (2020). Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 88–101. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.570

Imawati, V., & Maulana, A. (2021). Minat Belajar Siswa dalam Mengikuti Proses Pembelajaran PJOK. Patria Eduacational Journal (PEJ), 1(1), 87–93. https://doi.org/10.28926/pej.v1i1.439

Indah Novitasari. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Konvensional, Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II SDN Tandes Kidul I/110 Surabaya. PACIVIC: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(1), 49–60. https://doi.org/10.36456/p.v3i1.7257

Jalilah, S. R. (2021). Merangsang Minat Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Tutorial Berbasis Media Video Sosiodrama untuk Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 5(6), 5953–5960. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1657

Jauhar, S., Muin, A., Aras, L., & Hikma, R. S. (2022). Hubungan Antara Pola Asuh Orangtua dengan Minat Belajar Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar. JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 87. https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i1.30994

Musa’ad, F., Musa’ad, F., Setyo, A. A., Sundari, S., & Trisnawati, N. F. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantukan Geogebra untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 278–286.

Nurisman, E. (2022). Analisis penegakan hukum pidana kejahatan klitih dan anarkisme jalan oleh remaja. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 10(1), 415–428. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpku.v10i1.45170

Pardede, L., & Pardede, D. L. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MENAPAKI JALAN TERJAL PENEGAKAN HAM DI INDONESIA DI KELAS XI SEMESTER I SMA 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1), 108–120.

Putri, Y. S., Pratiwi, I. A., & Ismaya, E. A. (2020). PERAN POLA ASUH DALAM PEMBENTUKAN MINAT BELAJAR ANAK DI DESA MEDINI. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 697–704. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.377

Ritonga, J., Fadhillah, A., Pelawi, D., Naibaho, E., Nasha, M., Ginting, S., & Yunita, S. (2022). Meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air terhadap Indonesia Melalui Pemahaman Identitas Nasional Bangsa dan Penanaman Sikap Nasionalisme Pada Siswa SMP Negeri 39 Medan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 12(2), 16–24.

Rohimah, D. F., Suprapta, B., & Agung, D. A. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Tipe TANDUR terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(9), 1229. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i9.12744

Sa’adiyyah, A. M., & Nurahmawati, A. (2021). UPAYA GURU PPKn DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN SIKAP KEDISIPLINAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP ISLAM DAARUL YAQIIN KOTA SERANG. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, dan Politik, 4(2), 166–183. https://doi.org/10.47080/propatria.v4i2.1415

Safitri, A., & Nurmayanti, N. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Masyarakat Bajo. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 18(3). https://doi.org/10.30651/didaktis.v18i3.1846

Sahriah, S., Marlina, A., Darwis, D., & Yani, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Take And Give Untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Biologi. Biosel: Biology Science and Education, 10(2), 149–157. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33477/bs.v10i2.2194

Sakti, H. G., & Parhan, H. (2020). Pengaruh Media Papan Flanel Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Paedagogy, 7(3), 226–231. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2744

SITORUS, P., SURBAKTI, M., & GULO, P. R. (2023). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTAA DIDIK. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 12(3), 127. https://doi.org/10.19184/jpf.v12i3.43024

Suaidah, S. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)(Studi di SMP Shohibul Barokah Kota Serang). Uin Smh Banten. http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6602

Uno, W. A. (2021). Pengembangan teknologi pendidikan IPA berbasis multimedia dalam meningkatkan minat belajar siswa. Cv. Cahaya Arsh Publisher & Printing.

Wadu, L. B., Gultom, A. F., & Pantus, F. (2020). Penyediaan Air Bersih Dan Sanitasi : Bentuk Keterlibatan Masyarakat Dalam Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 80. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9318

Widyastuti, E., & Widodo, S. A. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Matematika Keaktifan Siswa Dan Fasilitas Belajar Disekolah Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Smk Se-Kecamatan Umbulharjo.

Yennita, Y., & Putri, R. Z. E. (2021). PENERAPAN METODE COURSE REVIEW HORAY (CRH) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI UMUM. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 5(1), 128–139. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.1.128-139

Published

2025-06-24

How to Cite

Ambarita, H., Banjarnahor, D. N., & Ambarita, P. D. E. (2025). PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS X . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 1558–1572. https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.1271

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.