ANALISIS PELAKSANAAN SUPERVISI KINERJA GURU DI PAUD MUSLIMAT NURUL HIDAYAH SELOK BESUKI SUKODONO LUMAJANG
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1159Keywords:
Supervision, Supervisor, PAUD.Abstract
Penelitian ini mencoba mengetahui Cara pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah di PAUD Muslimat Nurul Hidayah Selok Besuki Sukodono Lumajang. Apa saja kendala yang dihadapi dalam melaksanakan supervisi di PAUD Muslimat Nurul Hidayah Selok Besuki Sukodono Lumajang. Metode yang penulis gunakan dalam penulisan skripsi ini diawali dengan penentuan subjek penelitian, Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan berupa bentuk perencanaan pengawasan pokoknya adalah : Bimbingan profesi guru, pelaksanaannya berbentuk persiapan pengajaran yang meliputi pengembangan bahan pembelajaran, penerapan metodologi, penggunaan media dan pengelolaan kelas. Kegiatan ini kepala sekolah berupaya meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan tugasnya, agar dapat berkembang sesuai dengan perkembangan terkini di bidangnya, kegiatan organisasi lainnya sebagai wadah bagi guru untuk mengembangkan keterampilan. Selanjutnya adalah rapat dewan guru, orientasi guru, kelas dan kunjungan sekolah serta pertemuan individu dan kelompok. Kegiatan-kegiatan ini tidak ingin ditemukan oleh para pelaku kesalahan dan kelemahannya, namun untuk membantu pengembangan karir kemampuan profesionalnya. Faktor itu mempengaruhi pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam membina dan mengembangkan profesionalisme guru adalah faktor internal berupa kesiapan mental, kurangnya koordinasi. Selagi Faktor internal adalah soal dana dan waktu. Banyak yang beranggapan bahwa pengawasan adalah sesuatu yang memberatkan guru dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas.
Downloads
References
Asyari, S. (2020). Supervisi Kepala Madrasah Berbasis Penilaian Kinerja sebagai Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 2(1), 27–40.
Hanief, O. M. (2016). Menggagas Teknik Supervisi Klinik. Jurnal Kependidikan Dan Keislaman FAI UNISMA, 10(2).
Istiqomah. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 512–518.
Lakisa. (2018). Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Implikasi Terhadap Peningkatkan Mutu Pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Gorontalo. Irfani E- Journal, 3(1), 10–27.
Maralih. (2014). Peranan supervisi dalam peningkatan kualitas pendidikan. Jurnal Qathruna, 1(1), 182.
Nasional. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. In Jakarta: Depdiknas.
Norawati, S., Abdillah, R., & Zakaria, N. (2021). Analisis Komitmen Dan Kompetensi Dan Dampak Pada Kinerja Guru Pada Sman 1 Bangkinang Kota. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 18(2), 166–175.
Putra, R., Natuna, D. A., & Baharam, M. (2019). The Contribution of Spiritual Intelligence and Principal’s Accountability The Performance Of Sports Teachers In Junior High School, Kecamatan Tualang, Siak. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 7(1), 76–82.
Riadi, A. (2016). Pendidikan Karakter Di Madrasah/Sekolah. Ittihad, 14(26), 1–10.
Rohma, A. A. (2018). Implementasi Program Kerja Pengawas Dalam Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam. J-Mpi, 3(2), 91–98.
Rohman, M. (2021). Supervisi Profesional Guru MI Ma’arif Nu 01 Blater Kalimantan Purbalingga TP 2019/2020. Madaniyah, 11(2), 181–198.
Rohmawati, O., Poniah, & Adiyono. (2023). Implementasi Supervisi Pendidikan Sebagai Sarana Peningkatan Kinerja Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(3), 108–199.
Satrio, Hasibuan, L., Us, K. A., & Rizki, A. F. (2021). Administrasi Kurikulum, Kesiswaan, Pendidikdan Tenaga Kependidikandalam Tinjauan Administasi Sekolah. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 4(2), 92–101.
Shaifudin. (2020). Supervisi Pendidikan. El-Wahda: Jurnal Pendidikan, 1(2), 36–37.
Suradi, A. (2018). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Pada Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 79 Kota Bengkulu. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 13–29.
Syaiful. (2020). Pengaruh Budaya Sekolah dan Diklat terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 218–225.
Triapnita. (2022). Pengaruh Pengawasan Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru pada SMA Negeri 1 Silimakuta Saribudolok. Maker: Jurnal Manajemen, 8(1), 82–93.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten