MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DI TK MUSLIMAT NU SUMBERSUKO 01 LUMAJANG

Authors

  • Hendrik Siswono Universitas Argopuro PGRI Jember, Jawa Timur, Indonesia
  • Pascalian Hadi Pradana Universitas Argopuro PGRI Jember, Jawa Timur, Indonesia
  • Anandita Purwanto Putri Universitas Argopuro PGRI Jember, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1158

Keywords:

Character Education Model, Kindergarten, Lumajang

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model Pendidikan Karakter di TK Muslimat Nu Sumbersuko 01 Lumajang. Pada pandangan teori terdapat 6 (enam) jenis model pendidikan karakter yang dapat diterapkan di sekolah yaitu Model Pembiasaan, Model Keteladanan, Model Pembinaan Disiplin Siswa, Model CTL (Contextual Teaching and Learning), Model Bermain Peran, dan Model Pembelajaran Partisipatif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif.Responden dalam penelitian ini adalah siswa TK Muslimat Nu Sumbersuko 01 Lumajang dengan jumlah sampel sebanyak 25 orang siswa dari seluruh kelas paralel. Data yang diperoleh, dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa model pendidikan karakter pada pandangan teori yang mendominasi di TK Muslimat NU Sumbersuko 01 Lumajang yaitu model keteladanan, mencapai 99,07 %. Pada model ini, seluruh pendidik serta tenaga pendidik dan orang tua mampu memberikan suri tauladan yang baik antara pendidikan di sekolah dan di rumah serta lingkungan. Selain itu, dari 18 karakter nasional juga telah ter substansi di dalam pendidikan karakter di sekolah ini, diantaranya religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 131 times

References

Abidin, Z. (2021). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Karakter Berbasis Agama, Budaya, Dan Sosiologi. Al-Afkar, 4(1), 181–202.

Andi. (2023). Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Jurnal Abdi Ilmu, 10(1), 436–448.

Chikmawati, Z. (2019). Peran BUMDES Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Pedesaan Melalui Penguatan Sumber Daya Manusia. Jurnal Istiqro, 5(1), 101.

Idris. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Psikologi Pendidikan, 1(2).

Muhammad, R. A. (2014). Lingkungan Pendidikan Dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1), 28–37.

Muhardi. (2018). Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. Jurnal Sosial, 10(4), 345–346.

Nofianti. (2021). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. In Edu Publisher.

Rifa. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidi, 7(1), 63–71.

Rika. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sebagai Solusi Degradasi Bangsa. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(1), 59–66.

Rimawati. (2021). Model Pendidikan Karakter Di Sman 1 Asembagus Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal IKA, 9(1), 405–413.

Rofiatun Nisa’, Sukiyanto, & Latifatul Mujtahidah. (2020). Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cendekia, 12(1), 48–57.

Sakban. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Alignment, 224(11).

Setiawan. (2022). Pengaruh Gaya Belajar Field Independent (Mandiri) Terhadap Minat Membaca Di Kelas V Sd Negeri 6 Dawuhan Kecamatan Situbondo. Journal Educational Research and Development, 6(1).

Sudarsana, I. K. (2016). Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah Dalam Upayapembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1.

SUWARDI, S. (2021). Stem (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Inovasi Dalam Pembelajaran Vokasi Era Merdeka Belajar Abad 21. PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 1(1), 40–48.

Tugiah, T., & Jamilus, J. (2022). Pengembangan Pendidik sebagai Sumber Daya Manusia Untuk Mempersiakan Generasi Milenial Menghadapi Era Digital. Jurnal Sosial Teknologi, 2(6), 498–505.

Downloads

Published

2023-12-12

How to Cite

Siswono, H. ., Pradana, P. H. ., & Putri, A. P. . (2023). MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DI TK MUSLIMAT NU SUMBERSUKO 01 LUMAJANG. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 795–800. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1158

Issue

Section

Articles