PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DENGAN MEDIA GAMBAR MATA PELAJARAN IPAS PADA KURIKULUM MERDEKA MATERI KENAMPAKAN ALAM KELAS IV SDN 1 BESUKI KABUPATEN SITUBONDO TAHUN 2023

Authors

  • Dodik Eko Yulianto Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, Jawa Timur, Indonesia
  • Veni Ferawati Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1420

Keywords:

Use Of Video Media And Image Media, Learning Outcomes, IPAS.

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen untuk mengevaluasi perbedaan hasil belajar antara penggunaan media video dan media gambar dalam pembelajaran mata pelajaran IPAS, khususnya materi kenampakan alam, pada kelas IVA dan IVB di SDN 1 Besuki. Dari hasil penelitian dengan sampel 32 siswa pada kelas eksperimen dan 32 siswa pada kelas kontrol, ditemukan bahwa penggunaan media video menghasilkan rata-rata nilai yang signifikan lebih tinggi (83,3) dibandingkan dengan penggunaan media gambar (60,8). Analisis statistik menunjukkan bahwa terdapat distribusi normal pada kedua kelompok serta homogenitas varians antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil uji hipotesis (uji T) menunjukkan nilai Thitung sebesar 6,22 dengan Ttabel 1,97, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar IPAS antara kedua kelompok siswa. Kesimpulannya, penggunaan media video efektif dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS dibandingkan dengan penggunaan media gambar dalam konteks pembelajaran di SDN 1 Besuki.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 45 times

References

Afkari, S. G., Subekti, H. I., Suaduon, J., & Parida, P. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia di Madrasah. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(2), 498–513.

Amin, A. (2017). SINERGISITAS PENDIDIKAN KELUARGA, SEKOLAH DAN MASYARAKAT; ANALISIS TRIPUSAT PENDIDIKAN Alfauzan Amin. JURNAI. TAFSIR HADITS, 16(1), 106–125.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. In Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. In Jakarta: Rineka cipta.

Aristanto, A., Maq, M. M., Iqbal, M., Prananda, G., & Efrina, G. (2024). NEW LEARNING PARADIGM THROUGH KURIKULUM MERDEKA IN PRIMARY SCHOOLS. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5398–5408.

Creswell, J. W. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. In Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Hadian, V. A., Maulida, D. A., Faiz, A., Pendidikan, F., Pengetahuan, I., Indonesia, U. P., Pendidikan, F. I., Semarang, U. N., & Cirebon, U. M. (2022). Peran lingkungan keluarga dalampembentukan karakter. Jurnal Educasi, 10(1), 240–246.

Hakim, Z. R., Taufik, M., & Atharoh, M. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VCT ( VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR NEGERI CIMANIS 2. JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN GURU SEKOLAH DASAR, 01(2), 31–38.

Nurhayati, R. (2020). PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT UNDANG – UNDANG NO , 20 TAHUN 2003 DAN SISTEM PENDIDIKAN. Al - Ta’dib, 3(2), 57–87.

Prananda, G., Kharismadewi, Y., Ricky, Z., & Friska, S. Y. (2021). The COVID-19 Pandemic Impact on Elementary Students Online Learning Motivation. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 153–160.

Prananda, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pedagogik, 6(1), 122–130.

Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Lagu Anak Dalam Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar. JURNAL IKA : IKATAN ALUMNI PGSD UNARS, 8(2), 304.

Pratiwi, D. A., Lawe, Y. U., Munir, M., Wahab, A., Prananda, G., Safiah, I., ... & Rame, T. (2021). Perencanaan Pembelajaran SD/MI. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Setiardi, D. (2017). KELUARGA SEBAGAI SUMBER PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK. Jurnal Tarbawi, 14(2).

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung : Alfabeta, CV.

Tabrani. (2015). Islamic Studies dalam Pendekatan Multidisipliner (Suatu Kajian Gradual Menuju Paradigma Global). Jurnal Ilmiah Peuradeun, 5(1).

Utomo, A. Y. (2018). PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL DALAM PEMBELAJARAN THE DEVELOPMENT OF TUTORIAL VIDEO ON IGNITION. Jurnal Taman Vokasi, 6(1), 68–76.

Published

2024-07-30

How to Cite

Yulianto, D. E., & Ferawati , V. . (2024). PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DENGAN MEDIA GAMBAR MATA PELAJARAN IPAS PADA KURIKULUM MERDEKA MATERI KENAMPAKAN ALAM KELAS IV SDN 1 BESUKI KABUPATEN SITUBONDO TAHUN 2023. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 714–721. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1420