PENGARUH MEDIA SCRABBLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VI

Authors

  • Radode Simarmata Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Immanuel Doclas Belmondo Silitonga Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar Pematangsiantar, Indonesia
  • Ronauli Sihombing Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar Pematangsiantar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1430

Keywords:

Media Scrabble, Memahami Kosakata, Bahasa Inggris

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Media  Scrabble Terhadap Kemampuan  Memahami  Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas VI UPTD SD Negeri  122365. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian Kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian quar Eksperimental. Populasi adalah semua data yang menyangkut penggunaan dalam ruang lingkup dan waktu yang ditentukan penelitian. Berdasarkan Ary (2010/148) “populasi didefinisikan sebagai seluruh anggota kelompok orang, peristiwa, atau objek yang terdefinisi dengan baik”. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VI UPTD SD Negeri  122365. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan Dari seluruh data yang dianalisis ditemukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan permainan scrabble terhadap kemampuan kosakata bahasa Inggris siswa kelas VI UPTD SD Negeri 122365. Hal ini menunjukkan bahwa hasil uji T lebih besar dibandingkan T tabel (4,12>1,67), sehingga hipotesis nol (H₂) ditolak dan hipotesis alternatif (H₂) diterima. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan permainan scrabble terhadap kemampuan kosakata bahasa Inggris siswa kelas VI UPTD SD Negeri 122365. paling efektif. Berdasarkan pengalaman peneliti ketika mengambil data, para siswa tidak tertarik pada bahasa Inggris apalagi mempelajari kosa kata. Hal ini terlihat dari nilai pre-test mereka yang mendapat nilai rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Immanuel Doclas Belmondo Silitonga, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar Pematangsiantar, Indonesia

Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar Pematangsiantar, Indonesia

Ronauli Sihombing, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar Pematangsiantar, Indonesia

Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar Pematangsiantar, Indonesia

References

Alfiyana, R., Sukaesih, S., & Setiati, N. (2018). Pengaruh Model Arcs (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Dengan Metode Talking Stick Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pencernaan Makanan. Journal Of Biology Education, 7(2), 226–236. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15294/Jbe.V7i2.24287

Alsalem, R. (2019). The Effects Of The Use Of Google Translate On Translation Students’ Learning Outcomes. Ssrn Electronic Journal. Https://Doi.Org/10.2139/Ssrn.3483771

Apriyani, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Scramble Menggunakan Media Bulletin Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas Xi Ips Di Sman Tuah Gemilang. Jishum: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(3), 353–362. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.57248/Jishum.V1i3.68

Bavi, F. (2018). The Effect Of Using Fun Activities On Learning Vocabulary At The Elementary Level. Journal Of Language Teaching And Research, 9(3), 629. Https://Doi.Org/10.17507/Jltr.0903.24

Bin-Tahir, S. Z., Bugis, R., & Tasiana, R. (2017). Intercultural Communication Of A Multicultural Family In Buru Regency. Lingual: Journal Of Language And Culture, 9(2), 8.

Dewi, N. P. (2022). Analisis Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas V Di Sdn Banyumanik 03. Universitas Islam Sultan Agung. Http://Repository.Unissula.Ac.Id/Id/Eprint/27211

Gao, Y.-L., Wang, F.-Y., & Lee, S.-Y. (2020). The Effects Of Three Different Storytelling Approaches On The Vocabulary Acquisition And Response Patterns Of Young Efl Students. Language Teaching Research, 1(1), 136216882097178. Https://Doi.Org/10.1177/1362168820971789

Gesing, P., Cruz, N., & Lynch, R. J. (2021). Global Policy Impacts On Career Outcomes: An International Student Mobility Case Study. In Critical Perspectives On Equity And Social Mobility In Study Abroad (Bll 74–96). Routledge.

Hernalis, S., Syaflin, S. L., & Imansyah, F. (2022). Pengaruh Model Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema 1 Benda Tunggal Dan Campuran Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14914–14918. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V6i2.4768

Jocius, R., O’byrne, I., Blanton, M., Albert, J., Joshi, D., Robinson, R., & Andrews, A. (2021). Leveraging Virtual Professional Development To Build Computational Thinking Literacies In English Language Arts Classrooms. Contemporary Issues In Technology And Teacher Education, 21(4), 626–654. Https://Www.Learntechlib.Org/Primary/P/217717/

Kusumayani, N. K. M., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Iv Sd. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 55–65. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jpmu.V2i2.20805

Manalu, J. P., & Prawijaya, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Tema 1 Subtema 1 Kelas V Sd Negeri 106453 Suka Damai. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 20200–20206. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V7i3.9460

Nurhasanah, A. E., & Ghufron, S. (2020). Meta-Analysis Of The Effect Of Scramble Type Cooperative Learning Model On Students’ Learning Outcomes At Elementary Schools. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(5), 607–615.

Pasaribu, C. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Subtema Manfaat Energi Di Kelas Iv Sd Negeri 098166 Perumnas Batu 6. Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3ji), 1(3), 18–27. Https://Jurnal.Migascentral.Com/Index.Php/P3ji/Article/View/42

Primasari, Y., Sari, H. P., & Sutanti, N. (2021). The Chain Writing Method In Learning Writing For Information Technology Faculty Students: The Effectiveness. Jares (Journal Of Academic Research And Sciences), 6(2), 49–58. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35457/Jares.V6i2.1631

Pulungan, M. S., & Nasution, D. (2021). The Effect Of Scientific Inquiry Learning Model And Scientific Attitude On Students’ Science Process Skills. Journal Of Physics: Conference Series, 1811(1), 12003.

Putri, H., & Harahap, M. B. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Scientific Inquiry Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 4(4), 22–27. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24114/Jiaf.V4i4.12555

Quiroz, M. F., Gutiérrez, R., Rocha, F., Valenzuela, M. P., & Vilches, C. (2021). Improving English Vocabulary Learning Through Kahoot!: A Quasi-Experimental High School Experience. Teaching English With Technology, 21(2), 3–13.

Rahandi, A., Rahman, M., & Abadi, A. (2020). The Effect Of Using Podcast In Students’speaking Skill At The Second Grade Of Nursing In Baiturrahim Vocational School Jambi. Uin Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi. Http://Repository.Uinjambi.Ac.Id/Id/Eprint/5838

Rejeki, D. S., Yusup, P. M., Saepudin, E., & Pitasari, D. N. (2020). Komunikasi Pembelajaran Berbasis Online Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Inggris Bagi Para Ibu Rumah Tangga (Depth Interview Di Sekolah Inggris Online). Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(2), 277–292. Https://Doi.Org/10.24002/Jik.V18i2.1453

Sa’adah, S., Noerfatimah, F., & Yusup, I. R. (2022). (Lkpd) Berbasis Socio-Scientific Inquiry Based Learning (Ssibl): Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Materi Perubahan Lingkungan. Jurnal Bioeduin: Program Studi Pendidikan Biologi, 12(2), 120–137. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15575/Bioeduin.V12i2.20125

Safilda, F. N., Anggoro, B. S., Putra, R. W. Y., Ahmad Sodiq, & Nurhasanah Leni. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Model Scramble Berbasis Steam Dan Gaya Belajar. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 98–107. Https://Doi.Org/10.30605/Proximal.V4i2.1364

Sari, D. N. (2021). Pengaruh Penggunaan Discovery Learning Dengan Scramble Terhadap Keaktifan Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Sma N 1 Klego Kabupaten Boyolali Semester Ii Tahun Pelajaran 2020 / 2021. Secondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(3), 136–149. Https://Doi.Org/10.51878/Secondary.V1i3.320

Sembiring, D., & Sukirno, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Pada Tema 8 Raja Muda Karana Di Sd Negeri 3 Langsa. Journal Of Basic Education Studies, 2(1), 124.

Sianturi, I., & Simatupang, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Scientific Inquiry Terintegrasi Phet Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Materi Pokok Elastisitas Zat Padat Dan Hukum Hooke. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 5(1).

Sundari, H. (2018). Interaksi Kelas Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing Pada Jenjang Smp (Penelitian Grounded Theory). Http://Repository.Unj.Ac.Id/Id/Eprint/36521

Susilawati, W. O., Ningsih, S. Y., & Ahimatun, V. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Ppkn Kelas Iv Sd Negeri 03 Tiumang. Jurnal Sinestesia, 12(2), 334–345. Https://Doi.Org/Https://Sinestesia.Pustaka.My.Id/Journal/Article/View/154

Warni, S., & Apoko, T. W. (2022a). Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Masyarakat Kawasan Wisata Berbasis Alam Dan Budaya Betawi Di Pbb Setu Babakan Jakarta. Jurnal Pengabdian Undikma, 3(1), 22–29.

Warni, S., & Apoko, T. W. (2022b). Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Masyarakat Kawasan Wisata Berbasis Alam Dan Budaya Betawi Di Pbb Setu Babakan Jakarta. Jurnal Pengabdian Undikma, 3(1), 22. Https://Doi.Org/10.33394/Jpu.V3i1.4940

Zhang, Y., Baldridge, J., & He, L. (2019). Paws: Paraphrase Adversaries From Word Scrambling. Arxiv Preprint Arxiv:1904.01130.

Published

2024-06-30

How to Cite

Simarmata, R., Silitonga, I. D. B. ., & Sihombing, R. . (2024). PENGARUH MEDIA SCRABBLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VI . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 365–376. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1430

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.