PENGARUH METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENGEMBANGKAN MORAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (KELOMPOK B) DI TK ILHAM NW SELUSUH
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1475Keywords:
Perkembangan moral, metode bermain peran, anak usia diniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran untuk mengembangkan moral pada anak usia 5-6 tahun (kelompok B) di TK Ilham NW Selusuh Tahun Ajaran 2023-2024. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksprimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimental desaign dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest desaign. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK Ilham NW Selusuh yang berjumlah 13 anak. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar validasi, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan perkembangan moral anak saat Pre-test berjumlah 66 dengan rata-rata persentase keseluruhan 409%, dan dikategori penilaian MB (Mulai Berkembang) yang mencapai nilai persentase 69% dari keseluruhan anak. dan setelah diberikan perlakuan atau (treatment) kemudian diadakan Posttest, diperoleh perkembangan moral anak yaitu 155 dengan jumlah persentase keseluruhan anak yaitu 962%, berdasarkan kategori penilaian didapatkan bahwa pada sebagian besar anak mendapatkan kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan) yang mencapai nilai 76% dari keseluruhan anak yang berjumlah 13 Anak. Selain itu juga dapat dilihat dari hasil uji hipotesis t_hitung yaitu 13,914 dengan nilai t_tabel yaitu1,782 maka nilai t_hitung (13,914) ≥ (1,782). Ini membuktikan bahwa hasil dari analisis hipotesis dalam penelitian ini bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil tersebut juga dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran layak digunakan untuk mengembangkan moral pada anak usia 5-6 tahun (kelompok B) di TK Ilham NW Selusuh Tahun Ajaran 2023/2024.
Downloads
References
Ariyani, E. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris Dasar Bagi Anak Usia Dini Di Pesisir Pantai Ampenan-Ntb. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Radisi, 1(3), 240–248. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.55266/Pkmradisi.V1i3.53
Ayu Fitria. (2024). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini, 05, 59.
Azizah, S. M., & Maharani, D. (2019). Peningkatan Kemampuan Penyesuaian Diri Anak Usia Dini Melalui Bermain Peran Mikro. Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 11(1), 83–92.
Beta, P. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran. Cokroaminoto Journal Of Primary Education, 2(2), 48–52. Https://Doi.Org/10.30605/Cjpe.222019.118
Damayanti, R. R., Ch, M., & Hapidin, H. (2018). Pengaruh Bermain Peran Mikro Terhadap Kecerdasan Interpersonal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 34. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V2i1.5
Dwi Oktavia, L. R., & Kusumawati, W. (2019). Metode Pembelajaran Dengan Bermain Peran Dalam Pendidikan Triase Untuk Mahasiswa Keperawatan. Citra Delima : Jurnal Ilmiah Stikes Citra Delima Bangka Belitung, 3(1), 71–81. Https://Doi.Org/10.33862/Citradelima.V3i2.51
Dwi Permata, R. (2020). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 4-5 Tahun. Pinus: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2), 1–10. Https://Doi.Org/10.29407/Pn.V5i2.14230
Elvandari, A. F., Zahwa, C. L., & Amelia, R. (2023). Peran Keluarga Dalam Mencegah Kecanduan Game Online Pada Remaja. Jurnal Kesehatan Keluarga Dan Pendidikan, 10(October), 149–160.
Fitri, R., Gunayasa, I. B. K., & Saputra, H. H. (2022). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Iv Di Sdn 8 Utan Tahun 2021/2022. Renjana Pendidikan Dasar, 2(1), 59–64.
Husnah, U., & Hasanah, H. (2019). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Tk Dharma Wanita Pakusari Kabupaten Jember. Jecie (Journal Of Early Childhood And Inclusive Education), 3(1), 27–34. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31537/Jecie.V3i1.482
Ilsa, F. N., & Nurhafizah, N. (2020). Penggunaan Metode Bermain Peran Dalam Pengembangan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1080–1090. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V4i2.571
Kiromi, I. H. (2018). Pengaruh Metode Role Playing / Bermain Peran Terhadap Aspek Perkembangan Bahasa Pada Anak. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 4(1), 57–66. Https://Doi.Org/10.36835/Attalim.V4i1.54
Martianawati, F., & Prasetiyawati, D. (2018). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Kemandirian Anak Kelompok B Di Tk Mandiri Pedurungan Semarang. Paudia: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1).
Nisa, K., & Sujarwo, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 229–240. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i1.534
Nita Kusuma Dewi, ., Luh Ayu Tirtayani, S.Psi., M. P., & ., Dr. Maria Goreti Rini Kristiantari, M. P. (2018). *Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Sosial Anak Kelompok B Di Paud Gugus Anggrek Kecamatan Kuta Utara Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(1), 64–73. Https://Doi.Org/10.23887/Paud.V6i1.15090
Oktafikrani, D. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Metode Bermain Peran Siswa Kelas Iii Sdn Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30), 133–142. Https://Doi.Org/10.36456/Bp.Vol16.No30.A2710
Permana, I. M. D., & Tobing, D. H. (2019). Peran Intensitas Bermain Game Online Dan Pola Asuh Permisif Orangtua Terhadap Tingkat Agresivitas Pada Remaja Awal Di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(01), 139–151. Https://Doi.Org/10.24843/Jpu.2019.V06.I01.P14
Ramlah, F., Mukminin, A., & Jannah, S. R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Dan Kecerdasan Linguistik Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 259–271.
Rayhan, N., Ananda, R., Rizal, M. S., & Sutiyan, O. S. J. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Pada. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 26(4), 43. Https://Doi.Org/10.36379/Autentik.V7i1.274
Riva Pratiwi, K. J. (2021). Pengaruh Metode Bermain Peran Dengan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Telkom Singaraja. Midwinerslion : Jurnal Kesehatan Stikes Buleleng, 6(1), 12. Https://Doi.Org/10.52073/Midwinerslion.V6i1.204
Romanti, S., & Rohita, R. (2021). Peran Guru Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Memecahkan Masalah Di Sentra Bahan Alam. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (Audhi), 3(1), 1. Https://Doi.Org/10.36722/Jaudhi.V3i1.587
Saputra, K. A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Memecahkan Perhitungan Uang Dengan Metode Bermain Peran. Edubase: Journal Of Basic Education, 3(2), 158–169. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47453/Edubase.V3i2.799
Sukristin, S., & Claudya, I. (2020). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 1–11. Https://Doi.Org/10.46368/Jpd.V1i1.192
Sumitra, A., Windarsih, C. A., Elshap, D. S., & Jumiatin, D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Boneka Jari. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud Stkip Siliwangi Bandung, 6(1), 1–5. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22460/Ts.V6i1p%25p.1487
Tirza, J., Cendana, W., & Araini, T. K. (2022). Pendidikan Anak Usia Dini Tentang Toleransi Beragama Sebagai Implementasi Sila Pertama Pancasila. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(1), 101–108. Https://Doi.Org/10.21067/Jmk.V7i1.6915
Zahwa, S. A., Nisa’, T. F. F., & Fajar, Y. W. (2018). Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Kelompok B. Jurnal Pg-Paud Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 30–38. Https://Doi.Org/10.21107/Pgpaudtrunojoyo.V5i1.3848
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten