PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA TERHADAP KEDISIPLINAN BERAGAMA SANTRI DI MADRASAH DINIYYAH NURUL HUDA BANGO DUA KLANGENAN CIREBON

Authors

  • Nurhaemin Nurhaemin Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Dian Dinarni Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1684

Keywords:

Islamic Religious Education, Family, Discipline, Santri.

Abstract

Pendidikan keluarga menempati posisi yang strategis dalam upaya membangun generasi yang baik, sebab baik atau buruk perilaku anak di masa yang akan datang banyak di tentukan oleh pendidikan dan bimbingan orang tua, karena pendidikan dalam keluarga adalah pendidikan pertama yang di terima anak. Orang tua harus memberikan pendidikan dan pengajaran kepada anak-anaknya dengan menanamkan pendidikan agama sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh pendidikan agama dalam keluarga terhadap kedisiplinan beragama santri di Madrasah Diniyyah Nurul Huda Bango Dua Klangenan Cirebon. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa ada pengaruh tetapi kecil (sebesar 2%) antara pendidikan agama dalam keluarga terhadap kedisiplinan beragama santri di Madrasah Diniyyah Nurul Huda Bango Dua Klangenan Cirebon. Hasil hitung analisis regresi menunjukkan bahwa Freg lebih kecil dari Ftabel, maka artinya tidak signifikan dan hipotesis yang berbunyi ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan agama dalam keluarga terhadap kedisiplinan beragama Madrasah Diniyyah Nurul Huda Bango Dua Klangenan Cirebon ditolak. Hal tersebut terjadi karena adanya faktor lain yang dapat mempengaruhi kedisiplinan beragama siswa, antara lain faktor lingkungan masyarakat dan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. (No Title).

Ayu, L., Ngulwiyah, I., & Taufik, M. (2022). Penguatan karakter religius peserta didik sebagai pondasi menghadapi tantangan Abad Ke 21 di SD Negeri Cilaku. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 721–737.

Daradjat, Z., & Danim, S. (n.d.). A. Peran Orang Tua 1. Pengertian Orang Tua. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) METRO 1441 H/2019 M, 10.

Gazali, M. (2013). Optimalisasi peran lembaga pendidikan untuk mencerdaskan bangsa. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 126–136.

Jamaludin, G. M., Pratomo, H. W., & Isnaeni, H. (2022). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI BANJARAN. PEGAS (Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar), 1(1), 13–16.

Mazhahiri, H., Assegaf, S. A., Turkan, M., & Yahya, A. (1999). Pintar mendidik anak: panduan lengkap bagi orang-tua, guru, dan masyarakat berdasarkan ajaran Islam. Lentera.

Morrisan, M. A. (2012). Metode penelitian survei. Kencana.

Mun, A. (2005). Mendidik anak perempuan. Gema Insani.

Ngalim, P. (2006). Ilmu pendidikan teoritis dan praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

NISA, N. U. R. I. K. (2022). PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK KELOMPOK B. UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

Nurlaela, L. S., Pratomo, H. W., & Araniri, N. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang tua terhadap Pembentukan Karakter Anak pada Siswa Kelas III Mandrasah Ibtidaiyah Tahfizhul Qur’an Asasul Huda Ranjikulon. Eduprof: Islamic Education Journal, 2(2), 226–241.

Pratomo, H. W., Kuswati, Y., & Suklani, A. H. (2022). Educational Leadership: Islamic Religious, Philosophy, Psychology, and Sociology Perspectives. International Journal of Social Science and Human Research, 5(05), 1765–1770.

Saihu, S. (2019). Konsep Manusia Dan Implementasinya Dalam Perumusan Tujuan Pendidikan Islam Menurut Murtadha Muthahhari. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 197–217.

Sambas, M. S. (n.d.). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA TERHADAP KEDISIPLINAN BERAGAMA SISWA MTS NEGERI 3 SAMBAS.

Sartina, S. (2018). Pengaruh Pendidikan Agama Islam di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat terhadap kedisiplinan beragama siswa di SMP Negeri 3 Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

Sukmadinata, N. S. (2019). Metode penelitian pendidikan.

Wahidin, D., & Aryani, W. D. (2022). Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dan Budaya Religius Sekolah Terhadap Kedisiplinan Beragama (Penelitian Kuantitatif Kepada Siswa Smp Plus Al-Aitaam Bandung). Jurnal Education And Development, 10(3), 533–538.

Yayasan Penyelenggara Penerjemah Al-Qur’an (penerjemah) Indonesia. Kementerian Agama Lajnah Pentashih Mushaf Al-Qur’an (pentashih). (2018). Al-Qur’an dan terjemahnya / Kementerian Agama RI ; penerjemah, Yayasan Penyelenggara Penerjemah Al-Qur’an ; disempurnakan oleh Lajnah Pentashih Mushaf Al-Qur’an (Cetakan I). Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Published

2023-12-29

How to Cite

Nurhaemin, N., & Dinarni, D. . (2023). PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA TERHADAP KEDISIPLINAN BERAGAMA SANTRI DI MADRASAH DINIYYAH NURUL HUDA BANGO DUA KLANGENAN CIREBON. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 991–999. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1684

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.