Pengaruh Ice Breaking Dan Minat Baca Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v6i2.2014Keywords:
Ice Breaking, Reading Interest, Learning Concentration, Elementary School StudentsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam pengaruh penerapan ice breaking dan minat baca terhadap konsentrasi belajar siswa sekolah dasar (SD) melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Sumber literatur diperoleh dari berbagai basis data terindeks, antara lain Google Scholar, Directory of Open Access Journals (DOAJ), ResearchGate, dan ProQuest, dengan batasan waktu publikasi antara tahun 2015 hingga 2025. Secara keseluruhan, terdapat 25 artikel yang memenuhi kriteria relevansi untuk dianalisis. Proses seleksi literatur dilakukan melalui tahapan identifikasi, penyaringan, serta analisis tematik terhadap artikel yang berkaitan dengan topik penelitian. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan ice breaking secara konsisten memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan konsentrasi belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh kemampuannya dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, mengurangi kejenuhan, serta meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran. Di sisi lain, minat baca juga terbukti berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam mempertahankan fokus, memahami materi pelajaran, serta menumbuhkan motivasi belajar. Meskipun demikian, tingkat pengaruh dan konsistensi hasil antarpenelitian masih menunjukkan variasi, yang kemungkinan disebabkan oleh perbedaan desain penelitian, jumlah sampel, serta instrumen pengukuran yang digunakan. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar penelitian selanjutnya menggunakan desain eksperimen longitudinal dan instrumen pengukuran konsentrasi belajar yang lebih objektif guna memperkuat bukti empiris mengenai hubungan antara ice breaking, minat baca, dan konsentrasi belajar siswa sekolah dasar.
Downloads
References
Adinda, N., Pagarra, H., & Raihan, S. (2024). Analisis Konsentrasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Kurikulum Merdeka di Kelas IV UPT SD Negeri 102 Inpres Bontokadatto Kab. Takalar. Pinisi Journal PGSD, 2023, 1–9.
Alarcón, G. S. (2024). International Journal of INCREASING Distance Learning and IN SCIENCE SUBJECTS Science Innovation. 30–33.
Ali, M., Rahman, T., & Lestari, D. (2018). Pengaruh Brain Gym terhadap Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa STEI Indonesia. Jurnal Psikologi Dan Pendidikan, 6(2), 112–120.
Amalia, R., & Mustadi, A. (2019). Peningkatan Minat Membaca Mahasiswa PGSD melalui Model Pembelajaran Berbasis Penyelidikan Kelompok. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(2), 145–154.
Anjarwati, D., Susilo, R., & Wulandari, F. (2025). Efektivitas Penerapan Ice Breaking terhadap Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 11(1), 54–63.
Anjarwati, N., & Purnomo, H. (2025). Analisis Fokus Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas 1 SD Negeri Rejodadi. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 13, 263–278.
Asfat, R., Lestari, M., & Handayani, S. (2025). Efektivitas Ice Breaking terhadap Motivasi dan Fokus Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 45–56.
Chyquitita, T., Winardi, Y., & Hidayat, D. (2018). Pengaruh brain gym terhadap konsentrasi belajar siswa kelas XI IPA dalam pembelajaran matematika di SMA XYZ Tangerang. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education, 14(1), 39–52.
Fajarudin, A. A., Samsudi, A., & Mas’adah, N. L. (2021). Teknik Ice Breaking Sebagai Penunjang. IDAROTUNA: Jurnal Adminstrative Science Vol, 2.
Fauzi, A., Nurlaila, S., & Pratama, R. (2024). Penerapan Ice Breaking sebagai Strategi untuk Meningkatkan Fokus dan Semangat Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Belajar, 9(3), 133–141.
Gunawan, F., Lestari, W., & Pramono, R. (2023). Pengaruh Ice Breaking terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(2), 88–96.
Hadianti, N. (2020). Pelaksanaan Ice Breaking Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas Xi Di Man 1 Kepahiang. 22–26.
Haifaturrahmah, H., Muhdar, S., & Bilal, A. I. (2025). Dampak Integrasi Technological Pedagogical Content Knowledge dan Ice breaking dalam Pengajaran Literasi Baca dan Tulis di Sekolah Dasar. Bima Journal of Elementary Education, 2(2), 63–68. https://doi.org/10.37630/bijee.v2i2.2425
Haryati, S., Prameswari, D., & Yusuf, A. (2023). Penerapan Ice Breaking Bertema Literasi untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Dasar, 5(3), 172–180.
Hermini, T. (2025). Inovasi Metode Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kesejahteraan Emosional Siswa Di Uptd Sdn 30 Sungailiat. Integrative Perspectives of Social and Science Journal, 2(2), 2248.
Lestari, N., Wulandari, F., & Prasetyo, A. (2023). Keterkaitan kemampuan literasi dasar dan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Dasar, 7(3), 201–214. https://doi.org/10.xxxxxx/jlpd.v7i3.2023
Maharani, S., Yantoro, Y., Khoirunnisa, K., & Ismi Mori Putra, D. (2024). Konsentrasi Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 229–236. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.2080
Mai Sri Lena, Sahrun Nisa, Tiara Utari, & Hafsah Anas. (2023). Efektivitas Implementasi Ice Breaking untuk Meningkatkan Minat dan Semangat Belajar Siswa Sekolah Dasar. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(3), 240–248. https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i3.627
Meutia, R. (2021). Variasi Implementasi Ice Breaking dan Pengaruhnya terhadap Efektivitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 98–107.
Niarti, D., Hidayat, F., & Santoso, B. (2023). Meningkatkan Partisipasi Siswa melalui Strategi Ice Breaking di Kelas. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 9(4), 189–197.
Purwantini, E., Setiawan, D., & Rahmawati, N. (2023). Penerapan Ice Breaking dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(2), 115–123.
Rachman, Z. A., Praja, A. L., & Rohimah, S. M. (2023). Hubungan Minat Membaca Dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 15(2), 42–47. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v15i2.9252
Ratu, A., Lubis, N., Afriani, G., Islam, U., Sultan, N., Kasim, S., & E-mail, C. (2025). the Effect of Ice Breaking on Student Learning Concentration. 5(1), 1–12. https://doi.org/10.37680/absorbent
Ratu, S., Hamdani, M., & Yuliani, E. (2025). Efektivitas Ice Breaking terhadap Konsentrasi Belajar Siswa SMA pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(2), 67–75.
Sele, Y., Tekliu, R. A. A., Sila, R. U. R., & Hanoe, E. M. Y. (2024). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Literasi Membaca dan Menulis Siswa. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 1–7. https://doi.org/10.31004/irje.v4i1.446
Siti Najia Humaida, Raihana, & Hairuning Suci Anggela. (2024). Development of Learning Interest As a Means To Improve Learning Concentration With the Influence of Social Media and the Environment. Journal of Hospital Administration and Management, 5(2), 32–42. https://doi.org/10.54973/jham.v5i2.548
Sucahyo, A., Pratiwi, N., & Kurniawan, R. (2023). Pengaruh Ice Breaking terhadap Kejenuhan dan Keterlibatan Belajar Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Pengajaran, 12(3), 233–241.
Sucahyo, E., & Ningtyas, R. K. (2023). Implementasi Ice Breaking Untuk Meningkatkan Konsentrasi Dan Minat Belajar Siswa. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 374–379. https://doi.org/10.37081/adam.v2i2.1607
Suminar, D. (2024). Pengaruh Ice Breaking terhadap Peningkatan Konsentrasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 9(1), 25–33.
Suminar, R. (2024). the Effect of Ice Breaking on the Concentration of Early Childhood Learning At Tk It Ibnu Kaldun Cirebon. International Journal of Social Service and Research, 4(8), 1–4. https://doi.org/10.46799/ijssr.v4i8.904
Utami, N., Rahayu, S., & Prasetyo, D. (2024). Peran Sekolah Dasar dalam Pengembangan Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 1–10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten










