PENGARUH METODE PQ4R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR KELAS TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.151Keywords:
Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review), Membaca Pemahaman, Bahasa Indonesia.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca pemahaman mata pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar kelas tinggi. Yang masih banyak belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Hal ini karena minat baca dan kebiasaan siswa untuk membaca sangat kurang. Oleh karena itu guru perlu menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi dan menarik untuk membantu proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap kemampuan membaca pemahaman mata pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Kelas Tinggi.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian Studi Literatur. Studi literatur dilakukan dengan melihat hasil dari penelitian-penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian yang akan peneliti lakukan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu peneliti menelaah hasil dari 10 jurnal, 4 skripsi dan 2 buku dari hasil penelitian terdahulu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap kemampuan membaca pemahaman mata pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Hal tersebut dibuktikan dari hasil menelaah 10 hasil penelitian terdahulu yang berupa jurnal, 4 skripsi dan 2 buku. poin-poin hasil dari menerapkan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) sebagai berikut: a) Memudahkan siswa memahami isi bacaan yang diberikan. b) Meningkatkan kemampuan mengigat siswa. c) Membuat siswa lebih fokus memahami teks bacaan. d) mampu membuat siswa lebih mandiri.
Downloads
References
Mulyasari, Effy. (2019). Metode PQ4R meningkatkan kemampuan membaca pemahaman kelas III Sekolah Dasar. JPGSD Vol. 4 No. 2. Bandung
Effendy, Umar. (2016). Strategi PQ4R untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa kelas IV SDN 121 Palembang. Vol. 3 No. 2. Palembang.
Estuhono, M. (2017). Pembelajaran Terpadu. Dharmasraya.
Elfitra, Legi. (2017). Pengaruh metode PQ4R terhadap kemampuan membaca pemahaman . Vol. 5 No. 1
Feriana, Yessy. (2016). Jurnal pendidikan guru sekolah dasar. Yogyakarta
Hutasuhut, Rossa. (2019). Studi Literatur Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Pendekatan PMR Matematis Siswa. Medan
Lestari, Mega. (2018). Metode Pembelajaran PQ4R Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman. Vol. 2 (2). Bekasi.
Lestari, Wiji. (2011). meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui metode PQ4R pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas V. Pekanbaru
Perdhana, Surya. (2017). Studi Literatur. Vol. 26 No. 1. Ponegoro.
Rahayu, Amalia. (2018). Keterampilan membaca pemahaman dengan metode PQ4R siswa Sekolah Dasar kelas tinggi. Vol. 3 No. 2. Jakarta.
Sudiana. (2017). Pengaruh pembelajaran membaca dengan metode PQ4R terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Kecamatan Payangan. Vol. 1 No. 1
Tiflan. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Metode PQ4R Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa. Vol.2 No.2.
Wungkana, Mieske. (2015). Upaya meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan metode PQ4R pada siswa kelas V SDN Inpres 1 Tatuna. Vol. 4 No. 6
Widasari. (2017). upaya meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui metode PQ4R pada pembelajaran Bahasa Indonesiadi kelas IV Sekolah Dasar. Lampung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten