E-COMMERCE DAN GREEN MARKETING: MENINGKATKAN PANGSA PASAR PRODUK BERKELANJUTAN DI PASAR GLOBAL
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.671Keywords:
Influence, Metacognitive Approach, Higher-Level ThinkingAbstract
Perkembangan e-commerce dan meningkatnya kesadaran akan isu lingkungan telah menciptakan peluang baru bagi perusahaan untuk memasarkan produk berkelanjutan. Artikel ini membahas bagaimana integrasi e-commerce dengan strategi green marketing dapat meningkatkan pangsa pasar produk berkelanjutan di pasar global. Melalui pendekatan studi literatur, artikel ini mengidentifikasi tren, tantangan, dan strategi yang dapat diadopsi oleh perusahaan untuk memanfaatkan potensi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi e-commerce dan green marketing tidak hanya meningkatkan visibilitas produk berkelanjutan tetapi juga membangun loyalitas konsumen yang lebih kuat.
Downloads
References
Adiputra, I. G. A., Ruslim, H., & Sumadinata, R. (2023). Determine Of Demographic Factor, Financial Literacy, And Internal Locus Of Control On The Investment Decision Of Individual Investor. Jurnal Akuntansi Manado (Jaim), 356–366.
Amrita, N. D. A., Suryawan, T. G. A. W. K., Idayanti, I. D. A. A. E., Putri, C. I. A. V. N., Suwastawa, I. P. A., Boari, Y., Daffa, F., & Judijanto, L. (2024). Green Marketing: Dunia Baru Dalam Dunia Marketing. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia.
Andika, R. M., & Hatta, M. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Bias Perilaku Terhadap Keputusan Investasi. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(7), 3515–3527. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47467/Elmal.V5i7.3340
Arianto, B., & Rani, R. (2024). Penguatan Bisnis Digital Berbasis Ekonomi Hijau Bagi Pengembangan Umkm Desa Suka Indah Kabupaten Serang. Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 442–449. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30762/Welfare.V2i3.1622
Ayu, M., Fransisca, F., Mazaya, A., Fitrah Rhamadan, J. V., & Fitria, T. (2025). Rencana Bisnis Pengembangan Usaha Startup Produk Kemasan Ramah Lingkungan (Eco Friendly). Yume: Journal Of Management, 8(1), 789–795. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37531/Yum.V8i1.8165
Damayanti, V. (2025). Strategi Pemasaran Berkelanjutan Untuk Meningkatkan Daya Saing Pt. Sun Power Ceramics Di Era Digital : Pendekatan Inovatif Dan Praktis. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (Mea), 9(1), 18–45. Https://Doi.Org/10.31955/Mea.V9i1.4872
Dangol, J., & Manandhar, R. (2020). Impact Of Heuristics On Investment Decisions: The Moderating Role Of Locus Of Control. Journal Of Business And Social Sciences Research, 5(1), 1–14.
Erlinda, U. E., Purnama, S., & Tamzil, F. (2022a). The Effect Of Service Quality, Product Quality, And Chatime Product Promotion On Customer Satisfaction.
Erlinda, U. E., Purnama, S., & Tamzil, F. (2022b). The Effect Of Service Quality, Product Quality, And Chatime Product Promotion On Customer Satisfaction (Case Study Of Chatime Customers In The Central Jakarta Region). Aptisi Transactions On Management, 6(1), 42–51. Https://Doi.Org/Https://Ojsicobuss.Stiesia.Ac.Id/Index.Php/Icobuss1st/Article/View/16
Fadila, N., Goso, G., Hamid, R. S., & Ukkas, I. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Financial Technology, Persepsi Risiko, Dan Locus Of Control Terhadap Keputusan Investasi Pengusaha Muda. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 6(2), 1633–1643. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33395/Owner.V6i2.789
Febriane, R. (2022). Analisis Green Marketing Sebagai Global Strategi The Body Shop. J-Ceki: Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(6), 817–826.
Harliningtyas, A. O., Nilowardono, S., Wazir, S. A. M. B., Wulandari, A., & Sukoco, A. (2020). The Effect Of Product Innovation, Price Perception, And Promotion Of Interest In Buying Plaza Chatime Visits. International Conference Of Business And Social Sciences. Https://Ojsicobuss.Stiesia.Ac.Id/Index.Php/Icobuss1st/Article/View/16
Hartono, U., Kistyanto, A., Fatoni, F., Isbanah, Y., & Arifah, I. D. C. (2022). Peningkatan Pangsa Pasar Umkm Batik Melalui Optimalisasi Pemasaran Digital Berbasis Web. Jurnal Abdi Insani, 9(2), 381–389. Https://Doi.Org/10.29303/Abdiinsani.V9i2.540
Kumalatul, D., Junaedi, D., Cahya, E., Hariro, S., & Syifa’iyah, Y. (2025). Strategi Inovasi Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm Probolinggo Di Era Digital. New Economy, 1(1), 8–13.
Mulyani, E. D., & Alim, M. R. S. (2024). The Influence Of Promotions On Purchasing Decisions With Brand Image As An Intervening Variable In Chatime Superindo Kedungmundu Products. Economics And Business International Conference Proceeding, 1(2), 158–166. Https://Jurnalnew.Unimus.Ac.Id/Index.Php/Ebic/Article/View/433 (Original Work Published July 27, 2024)
Nazar, M., & Tertia Salsabila. (2024). Pemanfaatan Potensi E-Commerce Pada Peningkatan Keragaman Bisnis Lokal Di Sulawesi Selatan; Perspektif Transformasi Digital. Giat : Teknologi Untuk Masyarakat, 3(1), 25–37. Https://Doi.Org/10.24002/Giat.V3i1.9152
Oktaviansyah, H. T., & Reza Zulfikri, R. (2024). Pemasaran Digital Dan Kinerja Keuangan: Peran Inovasi Berkelanjutan Sebagai Variabel Mediasi. Media Komunikasi Ilmu Ekonomi, 41(1), 1–13. Https://Doi.Org/10.58906/Melati.V40i2.116
Pakdelan, S., Azarberahman, A., & Akbari, F. V. S. (2022). Emotional Intelligence, Risk Aversion, Locus Of Control And Risky Investment Intentions. International Journal Of Management, Accounting & Economics, 9(5). Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.6769847
Palahudin, P., Samsuri, S., Ramadian, A., Nurdiana, R. P., Hamdani, M. F., Halimatussadiah, S., Nadifah, N. V., & Robyanshyah, R. (2025). Pengembangan Inovasi Produk Dan Digital Marketing Pada Umkm Enye Singkong Dua Putra Desa Bojong. Innovative: Journal Of Social Science Research, 5(1), 1166–1176. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Innovative.V5i1.17163
Palupi, O. A., & Putri, E. B. P. (2022). The Relationship Of Halal Awareness, Selection Of Menu Variation And Nutrition Knowledge With Purchase Decisions: A Study On Chatime Consumers In Surabaya. Journal Of Halal Research, Policy, And Industry, 1(1), 1–12. Https://Journal2.Unusa.Ac.Id/Index.Php/Jhrpi/Article/View/3254
Pudjianta, S. A., & Sabrina, A. N. (2024). Penerapan Green Marketing Dalam Memperkuat Konsep Bisnis Berkelanjutan Serta Brand Image Ace Hardware Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis, 4, 1–14.
Rachmawati, D., Udriyah, U., & Dewi, N. F. (2024). Analisis Strategi Green Branding Sebagai Usaha Menciptakan Sustainable Competitive Advantage Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Di Era Ekonomi Global Pada Brand Fashion Lokal Kota Bandung. Among Makarti, 17(1), 42. Https://Doi.Org/10.52353/Ama.V17i1.624
Saefurrahman, A. H., & Nizhamuddin, A. B. (2024). Tren Green Marketing Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Serta Citra Merek: Studi Kasus Patagonia. Peshum: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(1), 971–979. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.56799/Peshum.V4i1.6909
Suwaji, R., Tjahjuadi, E., Oktafiani, F., Sabella, R. I., & Ariftian, A. I. (2025). Pengembangan Platform E-Commerce Untuk Umkm Lokal Dengan Fokus Pada Produk Ramah Lingkungan. Journal Of Human And Education (Jahe), 5(1), 56–66.
Tabor, W., Chrisman, J. J., Madison, K., & Vardaman, J. M. (2018). Nonfamily Members In Family Firms: A Review And Future Research Agenda. Family Business Review, 31(1), 54–79. Https://Doi.Org/10.1177/0894486517734683
Ulyani, U., & Mulyono, L. E. H. (2024). Pengaruh Green Marketing, Brand Image Dan Product Quality Terhadap Keputusan Pembelian Tupperware Di Kota Mataram. Alexandria (Journal Of Economics, Business, & Entrepreneurship), 5(2), 160–166. Https://Doi.Org/10.29303/Alexandria.V5i2.623
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten