PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF SISWA PADA MATERI UKURAN PEMUSATAN DATA DI KELAS X

Authors

  • Meilisa Manalu Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Golda Novatrasio Sauduran Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Ruth M. Simanjuntak Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v3i1.717

Keywords:

Pengaruh Problem Based Learning (PBL), Numbered Heads Together (NHT), Aspek Kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning dan numbered heads together terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa pada materi ukuran pemusatan data di kelas X SMAS Katolik Mariana Medan T.A. 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan sampel penelitian terdiri dari dua kelas, masing-masing berjumlah 30 siswa, yang dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Kelas eksperimen I diajarkan dengan model problem based learning, sedangkan kelas eksperimen II menggunakan model numbered heads together. Instrumen yang digunakan tes hasil belajar aspek kognitif siswa dengan soal bentuk essai serta lembar observasi setiap model yang digunakan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 pada taraf signifikan 5% yang berarti terdapat pengaruh problem based learning dan numbered heads together terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa pada materi ukuran pemusatan data di kelas X SMAS Katolik Mariana Medan. Hasil analisis data menunjukkan sebesar 73,5% pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa dan 72,8% pengaruh model numbered heads together terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa. Dari hasil uji t disimpulkan tidak ada perbedaan signifikan hasil belajar aspek kognitif siswa pada model problem based learning dan numbered heads together.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Meilisa Manalu, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,  Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Golda Novatrasio Sauduran, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,  Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Ruth M. Simanjuntak, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,  Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

References

Aan, R. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas Iv Sdn Giri Aji). Fkip Unpas.

Agustina, R., Setiadi, A., & Fitrian, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keterampilan Proses Sains. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(1), 9–20.

Aslam, L. K., Suparji, S., & Rijanto, T. (2021). The Effect Of Problem Based Learning Model On Learning Outcomes In The Vocational High School Students. International Journal For Educational And Vocational Studies, 3(4), 264. Https://Doi.Org/10.29103/Ijevs.V3i4.3958

Chen, C., Hung, H., & Yeh, H. (2021). Virtual Reality In Problem‐Based Learning Contexts: Effects On The Problem‐Solving Performance, Vocabulary Acquisition And Motivation Of English Language Learners. Journal Of Computer Assisted Learning, 37(3), 851–860. Https://Doi.Org/10.1111/Jcal.12528

Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan Stem (Science, Technology, Enggeenering And Mathematic) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 11–22. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2021.V11.I1.P11-22

Dayeni, F., Irawati, S., & Yennita, Y. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 28–35. Https://Doi.Org/10.33369/Diklabio.1.1.28-35

Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan Lkpd Matematika Berbasis Problem Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i2.846

Ertin, L. K. N., Bunga, Y. N., & Galis, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Dan Jigsaw Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Sma N 2 Maumere. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 2(3), 9–17.

Fajriyati, R., Supandi, S., & Rahmawati, N. D. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Dan Numbered Head Together (Nht) Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(4), 56–66. Https://Doi.Org/10.26877/Imajiner.V1i4.3882

Gracia, A. P., & Anugraheni, I. (2021). Meta Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 436–446. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i2.338

Hanafiah, M. A., Martiani, M., & Dewi, C. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Terhadap Motivasi Belajar Pada Permainan Bola Basket Siswa Smp. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5213–5219. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i6.1655

Hasanah, U., Sarjono, S., & Hariyadi, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Ips Smp Taruna Kedung Adem. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 43. Https://Doi.Org/10.37905/Aksara.7.1.43-52.2021

Hutauruk, A. J. B. (2019). Perilaku Resiliensi Matematis Mahasiswa Melalui Model Problem-Based Learning Dengan Pendekatan Metakognitif. Sepren, 1(01), 7–16. Https://Doi.Org/10.36655/Sepren.V1i01.76

Imam, H., & Taufik, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sman 1 Sanggar Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 8(Specialissue), 58–66.

Intan Aulia Hilma Subhan Adi Santoso. (2022). Pengaruh Metode Numbered Heads Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 14 Sumurgayam Paciran Lamongan. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 33–54. Https://Doi.Org/10.37286/Jmp.V1i1.134

Kistian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas Iv Sdn 4 Banda Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Lestari, F., Safa’udin, M., & Indrayany, E. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Dengan Guided Concept Sentence Pada Matematika Smk Kurikulum 2013. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(1), 63. Https://Doi.Org/10.29407/Jmen.V4i01.11993

Muna, L., & Mujianto, G. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar. Academy Of Education Journal, 14(2), 359–366. Https://Doi.Org/10.47200/Aoej.V14i2.1661

Na’im, A., & Oktiningrum, W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 10. Https://Doi.Org/10.31851/Indiktika.V2i1.3224

Pangestu, C. B., & Kadir, K. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht). Algoritma Journal Of Mathematics Education, 1(1).

Prasetia, Y., Wijayanti, K., Dewi, N. R., Mashuri, & Veronica, R. B. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Pada Model Pembelajaran Core. Prisma : Prosiding Seminar Nasional Matematika, 9(1), 489–496. Https://Doi.Org/10.24127/Ajpm.V9i1.2667

Raharjo, H., Khairudin, M., & Baser, J. A. (2018). The Influence Of Problem-Based Learning And Direct Teaching On Students’ Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 24(1), 62–71. Https://Doi.Org/10.21831/Jptk.V24i1.18015

Rahman, M. H., & Latif, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sd Kelas V. Edukasi, 18(2), 246. Https://Doi.Org/10.33387/J.Edu.V18i2.2100

Saeputri, A., Sutriyono, S., & Pratama, F. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Dengan Pendekatan Paikem Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jumlahku: Jurnal Matematika Ilmiah Stkip Muhammadiyah Kuningan, 5(1), 15–23. Https://Doi.Org/10.33222/Jumlahku.V5i1.507

Safitri, R., Hadi, S., & Widiasih, W. (2023). Effect Of The Problem Based Learning Model On The Students Motivation And Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, 9(9), 7310–7316. Https://Doi.Org/10.29303/Jppipa.V9i9.4772

Saptenno, Audrey, E., Tuaputty, H., Rumahlatu, D., & Papilaya, P. M. (2019). The Improvement Of Learning Motivation And Creative Thinking Skills Of Senior High School Students Through Modified Problem Based Learning Model. Journal For The Education Of Gifted Young Scientists, 7(4), 1175–1194. Https://Doi.Org/10.17478/Jegys.597519

Sari, A. P., Sudargo, S., & Sutrisno, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Melalui Pendekatan Paikem Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Aksioma : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 48–59. Https://Doi.Org/10.26877/Aks.V10i1.3665

Sekarini, A. P., Wiyanto, W., & Ellianawati, E. (2020). Analysis Of Problem Based Learning Model With Mind Mapping To Increase 21st Century Skills. Journal Of Innovative Science Education, 9(3), 321–326. Https://Doi.Org/10.15294/Jise.V9i1.36843

Simamora, A. E., & Donda, R. E. D. P. E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perkalian Siswa Kelas Iii Sd Negeri 067093 Medan Ta 2018/2019. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 4(1), 1–7. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.51544/Mutiarapendidik.V4i1.1029

Yulinda, L., Mustapa, K., & Ratman, R. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Dipadu Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma Imanuel Palu. Jurnal Akademika Kimia, 7(2), 75–79.

Published

2025-05-08

How to Cite

Manalu, M. ., Sauduran, G. N. ., & Simanjuntak, R. M. . (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF SISWA PADA MATERI UKURAN PEMUSATAN DATA DI KELAS X . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(1), 817–830. https://doi.org/10.56667/de_journal.v3i1.717

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 35 36 37 38 39 40 41 42 43 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.