PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS RESENSI NOVEL SISWA KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.941Keywords:
SAVI (Somatis, Auditory, Visual, Intellectual), keterampilan menulis, Resensi NovelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap keterampilan menulis resensi novel siswa kelas XI SMA GKPI Padang Bulan Medan T.A. 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI SMA GKPI Padang Bulan T.A. 2024/2025. Dengan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (XI-MIA) dan kelas kontrol (XI-IIS 1). Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk uraianyang telah dilakukan uji validasi instrumen sertalembar keterampilan proses siswa.Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postest kelas eksperimen 80,5 dengan standart deviasi 11,85 dan nilai rata-rata postest kelas kontrol 58,63 dan standart deviasi 4,46. Hasil uji prasyarat data postest menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen, = (0,05). Dari hasil uji t satu pihak cx selanjutnya dilakukan uji t satu pihak (disimpulkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajara SAVI (Somatis, Auditory, Visual, Intellectual) Terhadap keterampilan resensi novel siswa kelas XI SMA GKPI Padang Bulan T.A. 2024/2025
Downloads
References
Achmad Ali Fikri, Syamsul Arifin, M. F. F. (2022). Model Pembelajaran Projek Based Learningdan Savi Ditinjau Dari Penalaran Matematis Dan Kemampuan Memecahkan Masalah. הארץ, 2(8.5.2017), 2003–2005.
Amalia, M., Adiman, & Hastuti, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 3(1), 1–5.
Anderson, R., Boaler, J., & Dieckmann, J. (2018). Achieving Elusive Teacher Change Through Challenging Myths About Learning: A Blended Approach. Education Sciences, 8(3), 98. Https://Doi.Org/10.3390/Educsci8030098
Anwar, Y., Ananda, A., Montessori, M., & Khairani, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan Pendekatan Savi Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ppkn. Jurnal Basicedu, 6(4), 7433–7445. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3355
Ari Suryani, I. G. A., & Putra, D. K. N. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Visual Tiga Dimensi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 246. Https://Doi.Org/10.23887/Jppp.V4i2.26799
Gibbs, A., Gumede, D., Luthuli, M., Xulu, Z., Washington, L., Sikweyiya, Y., Adeagbo, O., & Shahmanesh, M. (2022). Opportunities For Technologically Driven Dialogical Health Communication For Participatory Interventions: Perspectives From Male Peer Navigators In Rural South Africa. Social Science And Medicine, 292(August 2021), 114539. Https://Doi.Org/10.1016/J.Socscimed.2021.114539
Handayani, S. S., Gultom, I., Lubis, W., Sitohang, R., & Irsan, I. (2024). Pengaruh Model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (Savi) Dan Visualization Auditory Kinesthetic (Vak) Terhadap Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas Iv Sd Swasta Al-Ulum Medan. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(11), 290–309. Https://Doi.Org/Https://Jurnal.Kolibi.Org/Index.Php/Cendikia/Article/View/3861
Hasmi, L., & Retti, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (Savi) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Drama. Jurnal Kibasp (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 5(2), 188–196. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31539/Kibasp.V5i2.3565
Kaharuddin, A. (2020). Contributions Of Technology, Culture, And Attitude To English Learning Motivation During Covid-19 Outbreaks. Contributions Of Technology, Culture, And Attitude To English Learning Motivation During Covid-19 Outbreaks. Systematic Reviews In Pharmacy, 11(11), 76–84. Https://Doi.Org/10.31838/Srp.2020.11.13
Lestari, M. R. D. W., Winata, W., & Ni’matutsania, A. S. S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Terhadap Kemampuan Pemahaman Bacaan Di Sdn Larangan 01 Utara Tangerang Banten. Attadib: Journal Of Elementary Education, 6(2), 393–404.
Manurung, L. W., Sihotang, S., Hasugian, E. V., Gaol, Y. A. L., & Nababan, G. S. I. (2022). Bimbingan Belajar Gratis Sebagai Upaya Social-Distancing Bagi Siswa Di Smp Negeri 2 Lintong Nihuta. Indonesia Berdaya, 3(2), 239–246. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47679/Ib.2022210
Munastiwi, E. (2021). Adaptation Of Teaching-Learning Models Due To Covid-19 Pandemic: Challenge Towards Teachers Problem-Solving Skills. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(1), 33. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V5i1.32695
Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617–2625. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i4.1235
Panggabean, R., Tambunan, J., & Manurung, H. M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Tema 4 Berbagai Pekerjaan Di Sd Negeri 095141 Siopat Suhu Siantar. Pande Nami Jurnal (Pnj), 1(2), 171–177.
Panjaitan, V. O., Tambuna, J., & Sirait, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (Savi) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Subtema 1 Organ Gerak Hewan Sd Negeri 095552 Pematang Siantar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 7601–7610. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Innovative.V3i6.5826
Pretty, Saragih Claudia. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic, Audio, Visual, Intellectual) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sdn 091287 Panei Tongah. 4(1), 88–100.
Rahmawati, R., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iv. Jurnal Basicedu, 6(3), 4574–4581.
Ramadhanti, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Ekskresi Manusia. Secondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(4), 430–438. Https://Jurnal.Migascentral.Com/Index.Php/P3ji/Article/View/125
Ramadhanti, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Ekskresi Manusia. Secondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(4), 430–438. Https://Doi.Org/10.51878/Secondary.V2i4.1654
Reskyna, K., Mahdi, N., & Taib, E. N. (2020). Pengaruh Penerapan Pendekatan Savi Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Submateri Spermatophyta Di Sman 1 Lhokseumawe. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 8(1). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.22373/Pbio.V8i2.9677
Safitri, S. I., & Saskia, A. (2022). Model Blended Learning Sebagai Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar Di Era Society 5.0. Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Era Society 5.0, 68.
Saragih, P. C., Panjaitan, M. B., & Purba, N. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic, Audio, Visual, Intellectual) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 091287 Panei Tongah. Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3ji), 1(4), 107–113.
Sari, I. A. P., Martono, T., & Sawiji, H. (2019). The Development Of Learning Media Website Based Toward Savi Approach In Online Marketing Subjects To Improve Students’ Learning Achievement At Vocational High School State In Sukoharjo. International Journal Of Education And Social Science Research, 2(06), 113–125.
Sari, M. K. (2020). Pengaruh Pendekatan Somatic, Auditory, Visual, Intelektual (Savi) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Mit Muhammadiyah Bandar Lampung. Uin Raden Intan Lampung.
Sianturi, C. L., & Saragih, P. C. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic, Audio, Visual, Intelectual) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sdn 122384 Pematangsiantar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 8387–8402. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Innovative.V4i1.8831
Suryanti, S., & Arifani, Y. (2021). The Relationship Between Blended Mathematics Professional Training And Teachers’ Creativity And Effectiveness. International Journal Of Instruction, 14(2), 139–154.
Susanti, D. I., & Prameswari, J. Y. (2020). Adaptasi Blended Learning Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar. Lingua Susastra, 1(2), 50–61. Https://Doi.Org/10.24036/Ls.V1i2.8
Suwarti, T. S., Lestari, S., & Widiyanto, M. W. (2022). Implementasi Blended Learning Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sd Kebon Dalem 2 Semarang Tahun Akademik 2021/2022. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16(1), 34–38.
Taufik, M. S., Ridlo, A. F., Solahuddin, S., Iskandar, T., & Taroreh, B. S. (2022). Application Of Youtube-Based Virtual Blended Learning As A Learning Media For Fundamental Movement Skills In Elementary Schools During The Covid Pandemic 19. Annals Of Applied Sport Science, 10(1), 0.
Wahyudi, W., & Winanto, A. (2018). Development Of Project Based Blended Learning (Pjb2l) Model To Increase Pre-Service Primary Teacher Creativity. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 51(2), 93–109. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jpp.V51i2.12795
Wardani, M. A., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis E-Book Melalui Pendekatan Savi Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv Sekolah Dasar. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 230–239.
Wihartanti, A. R. (2022). Partisipasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar Pada Blended Learning. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 367–377. Https://Doi.Org/10.31949/Jcp.V8i2.2130
Zagoto, M. M., & Gee, E. (2022). Bimbingan Belajar Matematika Door To Door Pada Masa Pandemi Covid-19. Zadama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11–15. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.56248/Zadama.V1i1.14
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten