PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZLET TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS XI

Authors

  • Ruth Hariyati Limbong Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Martua Reynhat Sitanggang Gusar Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Tigor Sitohang Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.536

Keywords:

Media Pembelajaran Quizle, Teks Berita, Ketrampilan Menulis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizlet Terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas XI SMK Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain penelitian One grup pretest dan posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK yang berjumlah 622 orang yang terbagi dalam sembilan belas kelas dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI PH 3 sebanyak 32 siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk pretest dan posttest Penggunaan Media Pembelajaran Quizlet, diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 61,29 dengan simpangan baku 1,27 dan nilai rata-rata pada posttest yaitu 79,20 dengan simpangan baku -1,41. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan ⍺ =0,05, diperoleh thitung > ttabel (8,82 > 1.99), dengan demikian bahawa H0 ditolak, dan Ha diterima. Hasil uji prasyarat data pretest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ruth Hariyati Limbong, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas HKBP Nommensen Medan

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas HKBP Nommensen Medan

Martua Reynhat Sitanggang Gusar, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas HKBP Nommensen Medan

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas HKBP Nommensen Medan

Tigor Sitohang, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas HKBP Nommensen Medan

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas HKBP Nommensen Medan

References

Amin, F. Y., Saputra, J. H., & Maryati, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learningberbantuan Media Quizizz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Ii Sd Negeri 1 Jeketro. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 25–33.

Amiroh, A., & Afifah, L. (2021). Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Untuk Melatih Keterampilan Membaca Bahasa Jerman. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 6(2), 241–249.

Anggoro, K. J., & Pratiwi, D. I. (2023). Fostering Self-Assessment In English Learning With A Generative Ai Platform: A Case Of Quizizz Ai. Sisal Journal, 14(4), 489–501. Https://Doi.Org/10.37237/140406

Aulia, A. (2022). Model Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Menggunakan Flashcard Quizlet (Penelitian Pengembangan Di Madrasah Aliyah Attahiriyah Jakarta.

Azizah, Z., Taqwa, M. R. A., & Assalam, I. T. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Menggunakan Instrumen Berbantukan Quizizz. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 8(2), 1–11. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23971/Eds.V8i2.1707

Berliani, N. A., & Katemba, C. V. (2021). The Art Of Enhancing Vocabulary Through Technology. Jurnal Smart, 7(1), 35–45. Https://Doi.Org/10.52657/Js.V7i1.1340

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X Smk Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (Jpap), 8(2), 261–272. Https://Doi.Org/10.26740/Jpap.V8n2.P261-272

Evendi, M. &. (2024). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Alacrity : Journal Of Education, 03(01), 381–390. Https://Doi.Org/10.52121/Alacrity.V4i2.363

Jabnabillah, F., & Astiati, S. D. (2024). Analisis Korelasi Pearson Dalam Menentukan Hubungan Antara Respon Dengan Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Quizizz. Pi: Mathematics Education Journal, 7(2), 57–63. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21067/Pmej.V7i2.10109

Jiang, Y., Chen, Y., Lu, J., & Wang, Y. (2021). The Effect Of The Online And Offline Blended Teaching Mode On English As A Foreign Language Learners’ Listening Performance In A Chinese Context. Frontiers In Psychology, 12, 742742. Https://Doi.Org/10.3389/Fpsyg.2021.742742

Kartiwi, Y. M., & Rostikawati, Y. (2022). Pemanfaatan Media Canva Dan Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran Teks Fabel Peserta Didik Smp. Semantik, 11(1), 61. Https://Doi.Org/10.22460/Semantik.V11i1.P61-70

Kuncahyono, K., Suwandayani, B. I., & Muzakki, A. (2020). Aplikasi E-Test “That Quiz” Sebagai Digitalisasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 Di Sekolah Indonesia Bangkok. Lectura : Jurnal Pendidikan, 11(2), 153–166. Https://Doi.Org/10.31849/Lectura.V11i2.4687

Lestari, Ayu And Kasim, Syarifuddin And Parenreng, J. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Quizlet Mobile Untuk Pembelajaran Linux Pada Smkn 10 Makassar. Information Technology Education Journal, 1, 52–60.

Lubis, A. S. (2022). Penerapan Aplikasi Google Classroom, Jamboard, Google Slide, Google Form Dan Quizizz Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Impresi Indonesia, 1(12), 1237–1251. Https://Doi.Org/10.58344/Jii.V1i12.739

Maharani, D. A. M., Rahmawati, I., & Sukamto, S. (2019). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tematik Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Team Quiz Dan Media Teka Teki Silang. International Journal Of Elementary Education, 3(2), 151. Https://Doi.Org/10.23887/Ijee.V3i2.18522

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Smp. Gauss: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. Https://Doi.Org/10.30656/Gauss.V3i1.2127

Putri, D. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcards “Quizlet” Pada Materi Hasil Perkebunan Rempah-Rempah Dan Herbal. Journal Ilmiah, 1–2.

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195. Https://Doi.Org/10.31764/Jpmb.V4i2.4112

Schjøler, C. H. (2019). Effekten Af Online Quizzer Og Think-Pair-Share. Teaching For Active Learning 2018, 4–6. Https://Www.Sdu.Dk/En/Tal2018

Setiawan, M. R., & Wiedarti, P. (2020). The Effectiveness Of Quizlet Application Towards Students’ Motivation In Learning Vocabulary. Studies In English Language And Education, 7(1), 83–95. Https://Doi.Org/10.24815/Siele.V7i1.15359

Widyaningsih, T. Y. A. (2021). Pengaruh Media Ispring Quizmaker Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Pendek Pada Siswa Kelas Ix Smp Negeri 1 Tambun Bekasi. Universitas Negeri Jakarta.

Winarti, L., & Indawati, N. (2021). Pengembangan E-Evaluation Berbasis Nilai Karakter Berbantuan Aplikasi Quizizz Pada Tema 6 Kelas V. Prosiding Seminar Nasional Pgsd Unikama, 5(1), 289–300.

Zebua, R. B. J., Zendrato, P. N. S., Harefa, O. J., & Harefa, E. (2023). The Effect Of Using Quizlet Media On Teams Games Tournament Type Cooperative Learning On The Mastery Of Science Concepts In Pre-Service Elementary Teachers. International Conference On Education Of Suryakancana (Iconnects Proceedings). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35194/Cp.V0i0.3045

Published

2025-06-24

How to Cite

Limbong, R. H., Gusar, M. R. S., & Sitohang, T. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZLET TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS XI . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 1127–1133. https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.536

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.