PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X

Authors

  • Ofchan Damanik Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar,Indonesia
  • Jumaria Sirait Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar,Indonesia
  • Vita Riahni Saragih Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar,Indonesia
  • Junifer Siregar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar,Indonesia
  • Immanuel Dollar Belmondo Silitonga Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar,Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i3.972

Keywords:

Media Pembelajaran, Infografis, Kemampuan Menulis, Teks Eksposisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran infografis terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi yang disebabkan oleh kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan guru. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan one group pre-test and post-test design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Busana 1 yang berjumlah 31 orang, dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa tes menulis teks eksposisi, yang dilakukan sebelum dan sesudah penggunaan media infografis. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan menulis siswa setelah diberi perlakuan melalui media infografis, yang dibuktikan dengan hasil uji statistik menggunakan paired sample t-test. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran infografis berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan menulis teks eksposisi siswa. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan infografis sebagai alternatif media pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam pembelajaran menulis di sekolah menengah kejuruan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ofchan Damanik, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar,Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar,Indonesia

Jumaria Sirait, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar,Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar,Indonesia

Vita Riahni Saragih, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar,Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar,Indonesia

Junifer Siregar, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar,Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar,Indonesia

Immanuel Dollar Belmondo Silitonga, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar,Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar,Indonesia

References

Afriani, N. R., Maksum, A., & Yuliati, S. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Berbasis Android Pada Muatan Ips Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(3), 935–942. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V8i3.2797

Anggraini, A. A., & Saputra, E. R. (2023). Implementasi Pengembangan Infografis Terintegrasi Sebagai Media Dan Suplemen Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(2), 617–638. Https://Doi.Org/10.26811/Didaktika.V7i2.920

Azhari, M., Wingkolatin, W., & Azmi, M. (2022). Pemanfaatan Media Infografis Dalam Pembelajaran Sejarah Di Sma Al-Khairiyah Samarinda. Amarthapura: Historical Studies Journal, 1(1), 1–8.

Azizah, I., & Susanti, R. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Canva Dengan Desain Infografis Dalam Mata Pelajaran Sejarah Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 458–464.

Chairunnisa, Z., Hudhana, W. D., & Fitriani, H. S. H. (2021). Kesalahan Morfologi Pada Teks Eksposisi Siswa Smk Patriot Nusantara. Prosiding Samasta.

Dewi, A. C., Adi, E. P., & Abidin, Z. (2021). Pengembangan Infografis Melalui Instagram Sebagai Penguatan Pemahaman Pokok Bahasan Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 216–224.

Firdaus, A. F., Maryuni, Y., & Nurhasanah, A. (2021). Pengembangan Infografis Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Sejarah (Materi Sejarah Revolusi Indonesia). Candrasangkala: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 7(1), 23–33. Https://Doi.Org/Https://Dx.Doi.Org/10.30870/Candrasangkala.V7i1.11417

Hasanah, U., & Afianah, V. N. (2021). Media Infografis Sebagai Upaya Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Bagi Generasi Z. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1436–1450.

Hikmah, A. S., & Hayudinna, H. G. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Infografis Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(2), 181–195. Https://Doi.Org/10.24952/Ibtidaiyah.V2i2.5548

Hikmah, S. N. A. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Tarbiyatuna: Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 2(01), 59. Https://Doi.Org/10.30739/Tarbiyatuna.V2i01.975

Indriani, S., & Amalia, F. N. (2020). Kebiasaan Membaca, Penguasaan Diksi, Dan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 1(1). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.52333%2fdidactique.V1i1.601

Mawarni, F., & Fitriani, Y. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Materi Pokok Teks Eksposisi Di Kelas X Ipa 2 Sma Negeri 1 Sembawa Kabupaten Banyuasin. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 9(2), 133–147. Https://Doi.Org/10.31851/Pembahsi.V9i2.4293

Mijianti, Y., & Puspitosari, E. P. (2019). Peningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Metode Take And Give Dengan Pemanfaatan Strategi 3w2h. Belajar Bahasa, 4(1), 133. Https://Doi.Org/10.32528/Bb.V4i1.1873

Ningrum, F. W., Nurheni, A., Umami, S. A., & Sufanti, M. (2021). Revitalisasi Budaya Literasi Melalui Pemanfaatan Infografis Di Smk Sukawati Gemolong Kala Pandemi. Buletin Kkn Pendidikan, 161–168.

Rizawati, R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi (Communication Skill) Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik Dengan Memanfaatkan Media Infografis. Edutech : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1), 55–63. Https://Doi.Org/10.51878/Edutech.V2i1.976

Rosmaya, E. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Di Smp. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 111. Https://Doi.Org/10.33603/Deiksis.V5i1.999

Rusmiati, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Melalui Mind Mapping Di Man 1 Aceh Timur. Basindo : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 6(2), 268. Https://Doi.Org/10.17977/Um007v6i22022p268-280

Rusmiati, R. (2022). Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Man 1 Aceh Timur. Teacher : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(3), 373–384. Https://Doi.Org/10.51878/Teacher.V2i3.1624

Sari, R. M., & Cahyani, I. (2022). Deskripsi Pengetahuan Kaidah Dan Aspek Kebahasaan Teks Serta Keterampilan Menulis Struktur Tesis Teks Eksposisi. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(3; Mei), 389–402. Https://Doi.Org/10.55909/Jpbs.V1i3.57

Siburian, R. (2022). Penggunaan Model Duti-Duta Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Teks Eksposisi Pada Kelas Viii Smp Negeri 1 Parbuluan Tahun Pembelajaran 2021/2022. Http://Repository.Uhn.Ac.Id/Handle/123456789/7521

Sirait, L. S., & Wasilah, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, And Creat (Radec) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X Sma Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 3(2), 246–251. Https://Doi.Org/10.57251/Ped.V3i2.1311

Yenti, N., Ramadhanti, D., & Laila, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(1), 93–102.

Yodeska, Y. K., & Nursaid, N. (2020). Struktur Kalimat Dan Diksi Teks Eksposisi Karya Siswa Kelas Viii Smp Negeri 12 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(3), 517. Https://Doi.Org/10.24036/108242-019883

Published

2025-06-24

How to Cite

Damanik, O., Sirait, J., Saragih, V. R., Siregar, J., & Silitonga, I. D. B. (2025). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3). https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i3.972

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.