PENGEMBANGAN BUKU CERITA SAINS BERGAMBAR UNTUK PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) KELAS III SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1636Kata Kunci:
Pengembangan, Buku Cerita, Sains, GambarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita sains bergambar untuk pembelajaran IPAS Kelas III Sekolah Dasar dan menguji validitas dan kepraktisan buku cerita sains bergambar yang dikembangkan. Penelitian ini tergolong dalam penelitian pengembangan. Tahapan penelitian menggunakan model 4D yaitu define, design, develop and disseminate. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 5 Mas Ubud, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validitas dan lembar kepraktisan. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa buku cerita sains bergambar yang dikembangkan terdiri dari 12 (dua belas) cerita sains untuk menanamkan 7 (tujuh) konsep IPAS dan dilengkapi dengan gambar animasi, alur cerita dan kolom konsep sains dan buku cerita sains bergambar yang dikembangkan memenuhi syarat validitas dan kepraktisan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah buku cerita sains bergambar yang dikembangkan oleh peneliti layak digunakan dalam pembelajaran IPAS khususnya siswa kelas III.
Unduhan
Referensi
Astupura, D. A., & Yuliani, H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Motivasi dan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Pokok Cahaya. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 4(1).
Dantes, I. N. (2013). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Dewi, V. R. G., Jampel, I. N., & Parmiti, D. P. (2022). Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas III melalui Buku Cerita Bergambar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2).
Hidayati, R., Triyanto, M., Sulastri, A., & Husni, M. (2022). Faktor Penyebab Menurunnya Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Peresak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1153–1160.
Larayba, L., Pujani, N. M., & Priyanka, L. M. (2022). Analisis Minat Baca Siswa Pada Materi IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 12(1), 30–37.
Lawshe, C. H. (1975). A quantitative approach to content validity. Personnel Psychology, 28(4), 563–575.
Prananda, G., Judijanto, L., Asiyah, D., Cahyono, D., Aristanto, & Salahuddin, A. (2024). The Developmental Psychology Of Elementary School Students: A Literature Review. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 5(2), 771–780. https://doi.org/https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1297
Puspita, L. (2019). Pengembangan modul berbasis keterampilan proses sains sebagai bahan ajar dalam pembelajaran biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 79–88.
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2022). Analisis capaian siswa Indonesia pada PISA dan urgensi kurikulum berorientasi literasi dan numerasi. EDUPEDIKA: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–12.
Sutrisna, N. (2021). ANALISIS Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, (12), 2683–2694.
Wijaya, I. K. W. B., Darmayanti, N. W. S., & Jayadiningrat, I. M. G. (2021). Pembelajaran Sains Anak Usia Dini Dengan Konsep Empat Pilar Pendidikan. Pratama Widya, 6(1), 59–65. https://doi.org/https://doi.org/10.25078/pw.v6i1.2085
Wijaya, I. K. W. B., Yasa, I. M. W., & Muliani, N. M. (2023). Menumbuhkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar di Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(4), 1012–1016. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1259
Wijaya, I. K. W. B., Yasa, I. M. W., & Wahyuni, N. N. T. (2023). Aplikasi Konsep Pembelajaran Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Di Sekolah Dasar (SD). Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 2574–2581. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2168
Wijaya, I. K. Wi. B. (2018). Mengembangkan Kecerdasan Majemuk Siswa Sekolah Dasar (SD) Melalui Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Sekolah Dasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 4, 147–154.
Yasa, I. M. W., Wijaya, I. K. W. B., Indrawan, I. P. O., Muliani, N. M., & Darmayanti, N. W. S. (2022). The Implementation Profile of The Science Literacy Movement in Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(2), 319–330. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jisd.v6i2.45174
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten