PANCASILA SEBAGAI LANDASAN DASAR MEMBENTUK KARAKTER DALAM ETIKA BERLALU LINTAS MELALUI MATA PELAJARAN IPS
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1017Kata Kunci:
Pancasila, Karakter, beretika berlalu lintas, mata pelajaran IPSAbstrak
Kurangnya kesadaran generasi muda dalam berlalu lintas menjadi hal yang perlu menjadi perhatian bagi kita bersama, hal ini dapat dilihat dari data tingginya tingkat pelanggaran dalam berlalu lintas dan tingginya angka kecelakaan di jalan. Berdasarkan Berdasarkan sumber data dari kepolisian Republik Indonesia pada tahun 2021 telah terjadi kecelakaan sebanyak 5.350,00 kasus dan untuk data pelanggar lalu lintas di tahun 2021 sebanyak 29.615,00. Kasus. Hal ini menandakan bahwa rendahnya kesadaran masyarakat dalam beretika berlalu lintas sehingga tidak hanya membahayakan bagi mereka sendiri bahkan juga bisa merugikan orang lain sebagai pengguna jalan lainnya. Artikel ini mengkaji tentang pancasila sebagai landasan dasar membentuk karakter dalam beretika berlalu lintas melalui mata pelajaran IPS. Pembelajaran IPS memberikan penekanan dalam bagaimana membentuk karakter peserta didik yang ditanamkan dalam proses pendidikan di sekolah. Melalui mata pelajaran IPS ini peserta didik ditanamkan nilai dan norma yang harus menjadi acuan dalam bertingkah laku, sehingga akan membentuk etika yang baik. Etika didalam kehidupan meliputi salah satunya beretika di dalam berlalu lintas, maka dalam pembelajaran IPS ditanamkan bagaimana membentuk karakter yang baik dengan berlandaskan pancasila. Pancasila menjadi landasan dasar dalam membentuk perilaku sesuai dengan nilai-nilai yang menjadi acuan di dalam kehidupan, baik berupa nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan dan nilai sosial. Nilai-nilai ini dijadikan patokan dan acuan dalam bertingkah laku, sehingga sejalan dengan tujuan dari pembelajaran IPS tersebut yaitu menjadikan peserta didik menjadi warga negara yang baik.
Unduhan
Referensi
Adisel, Adisel, Zinda Ziarzi Afenti, Lindya Natalya, and Okta Melansari. 2022. “Pembelajaran IPS Dalam Kurikulum 2013.” Journal of Education and Instruction (JOEAI).
Fauziah Pratiwi, Eka, and Anggraeni Dewi. 2021. “Urgensi Memahami Dan Mengimplementasikan Nilai Pancasila Di Era Globalisasi Dalam Membentuk Karakter Anak Bangsa.” Jurnal Penelitian Ilmu Sosial.
HARIYANTO, HARIYANTO. 2021. “PERANAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PEMBANGUNAN KARAKTER BANGSA.” LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran.
Hopeman, Teofilus Ardian, Nur Hidayah, and Winda Arum Anggraeni. 2022. “HAKIKAT, TUJUAN DAN KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN IPS YANG BERMAKNA PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR.” Jurnal Kiprah Pendidikan.
Kemendikbud. 2016. “Permendikbud No. 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah.” Kemendikbud.
Musdalipah, Musdalipah, Bambang Subiyakto, and Akhmad Munaya Rahman. 2021. “Contribution of Geography in Social Studies Education to Inculcate Environmental Awareness.” The Kalimantan Social Studies Journal.
Mustofa, Taufik, and Iqbal Amar Muzaki. 2022. “Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila.” HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam.
Nurfauziah, Rahayu, and Hetty Krisnani. 2021. “PERILAKU PELANGGARAN LALU LINTAS OLEH REMAJA DITINJAU DARI PERSPEKTIF KONSTRUKSI SOSIAL.” Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik.
Puspitasari, Euis. 2014. “Pendekatan Pendidikan Karakter.” Jurnal Edueksos.
Rukiyati, Rukiyati. 2020. “Tujuan Pendidikan Nasional Dalam Perspektif Pancasila.” HUMANIKA.
Sallamah, Dewi ;Dewi, and Dinie Anggraeni. 2021. “Peran Dan Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Berkehidupan Di Era.” Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora.
Sari, Milya. 2020. “Penelitian Kepustakaan ( Library Research ).” jurnal penelitian bidang IPA.
Sari, Milya, and Asmendri. 2018. “Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research).” Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA.
Siska, Yulia, Yufiarti Yufiarti, and Muhammad Japar. 2021. “NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR.” Journal Of Elementary School Education (JOuESE).
Sudrajat, Ajat. 2011. “MENGAPA PENDIDIKAN KARAKTER?” Jurnal Pendidikan Karakter.
Susetyo, Dimas Ikhsan, . Sutrisno, and . Sunarto. 2018. “STRATEGI GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 PONOROGO DAN SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO.” EDUPEDIA.
Syaepul Manan. 2017. “Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim.
Thaariq, Zahid Zufar At. 2019. “Pembudayaan Pendidikan Karakter Pancasila.” Academia.
Wibowo, Bayu Ananto. 2020. “Pancasila Sebagai Landasan Filosofi Pendidikan Karakter Kurikulum 2013.” Biormatika :Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan.
Zoher Hilmi, Muhammad. 2017. “Implementasi Pendidikan IPS Di Sekolah Dasar.” JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten