PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN ANALISIS PERAN EKONOMI DALAM KEHIDUPAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1037Kata Kunci:
Media Diorama, Analisis Peran Ekonomi, Kehidupan SosialAbstrak
Permasalahannya adalah rendahnya motivasi belajar pada siswa kelas V dalam mengikuti pembelajaran. Kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Akibatnya siswa merasa kurang bersemangat dan kurang antusias mengikuti pembelajaran. Dari permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan produk media pembelajaran diorama dengan tujuan mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media diorama pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research And Development (R&D) model ADDIE. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan model ADDIE ini terdiri dari 5 lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan studi dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Subjek uji coba skala kecil terdapat 1 guru dan 14 siswa sedangkan dalam uji coba skala besar terdapat 1 guru dan 26 siswa dalam satu kelas tersebut. Dari hasil perhitungan KBK soal evaluasi pada skala kecil menggunakan media diorama pada SDN Mrican 2 mendapatkan nilai sebesar 36%. Sedangkan hasil evaluasi pada skala besar dengan menggunakan media diorama pada SDN Mrican 1 mendapatkan nilai sebesar 88%. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil evaluasi dengan menggunakan media diorama sangat layak untuk membantu dalam proses pembelajaran di kelas.
Unduhan
Referensi
Afifah, D. N., Widiyono, A., & Attalina, S. N. C. (2022). Pengembangan Media Diorama Siklus Air Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 528–533.
Cahyani, A. D., Anjarini, T., & Khaq, M. (2022). Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Berbasis Karakter Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Pada Subtema 2 Kelas V SD Negeri Borowetan. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 3(1), 1–10.
Evitasari1, A. D., & Aulia, M. S. (2022). Media Diorama dan Keaktifan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1), 1–9. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/jrpd
Ismawan, & Khaafidho, G. (2019). Pengembangan Media Diorama Pada Muatan Pemeblajaran Ips Kelas IV-A Sdn Kalibateng Kulon 02 Kota Semarang.
Jannah, M., & Basit, A. (2019). Penerapan Media Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Terapung : Ilmu – Ilmu Sosial, 1(2), 67–77.
Kosilah, & Septian. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1139–1148.
Mukti Prabowo, D., & Wulandari, D. (2017). Pengembangan Media Diorama 3 Dimensi Dalam Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Kelas V. Joyful Learning Journal, 6(4). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj
Munifah, U., Nugraha, A., & Ganda, N. (2020). Pengembangan Media Diorama tentang Kegiatan Ekonomi di Lingkungan Sekitar untuk Kelas IV Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 7(4), 167–174.
Nasir, M. A. S., Putra, D. S., Setiawan, D., & Wagino. (2018). Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Smkn 1 Batipuh. PAKAR PENDIDIKAN, 16(1), 1–8.
Pranandari, E., Tywula, N. S., Ningrum, H. S., Sugiarti, E., & Rahayu, P. S. (2022). Analisis Pembelajaran IPS Daring Pada Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 3(1), 39–44.
Sapitri, N., Guslinda, & Zufriady. (2021). Pengembangan Media Diorama Untuk Pembelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. PRIMARY: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 10(6), 1589–1598. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8556.
Siwi, M. K., Syofyan, R., & Hayati, A. F. (2018). Pengembangan Webtoon Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Micro Teaching Di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. PAKAR PENDIDIKAN, 16(1), 47–59.
Surahman, E., & Mukminan. (2017). Peran Guru IPS Sebagai Pendidik dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1–13.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana. Kencana.
Syahid, S. N. L., Maula, L. H., Nurmeta, I. K., Sulastri, A., & Ruslani. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa SD melalui Media Pembelajaran Diorama Lingkungan. JURNAL BASICEDU, 6(3), 5181–5192. https://jbasic.org/index.php/basicedu
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 41–47.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten