IMPLEMENTASI PENDEKATAN TEKNOLOGI DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Arif Prasetyo Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1044

Kata Kunci:

Pendekatan Teknologi, Kurikulum Merdeka, Sekolah Dasar

Abstrak

Pengembangan kurikulum dengan pendekatan teknologi merupakan salah satu dari beberapa model pendekatan dalam pengembangan kurikulum. Pendekatan teknologi dirasa sangat relevan untuk di terapkan pada sekolah MI/SD karena pada saat ini sudah masuk pada zaman revolusi industri. Oleh sebab itu dalam pengembangan kurikulum pada sekolah dasar MI/SD perlu mengimplementasikan pendekatan teknologi dalam pengembangan kurikulum. Bahkan saat ini sedang diterapkannya kurikulum merdeka yang bertujuan untuk memberikan kebebasan yang lebih besar kepada siswa dalam menentukan jalannya pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis penggunaan pendekatan teknologi dalam pengembangan kurikulum merdeka di sekolah dasar. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kajian literatur dan kualitatif, yaitu mencari data dari sumber-sumber penelitian terdahulu yang relevan, kemudian wawancara mendalam bersama guru-guru SD/MI yang telah menerapkan pendekatan teknologi pada kurikulum merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan teknologi dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran, serta dapat memfasilitasi siswa dalam mencapai tujuan-tujuan belajar yang telah ditetapkan. Namun, ditemukan juga beberapa kendala seperti minimnya akses terhadap teknologi di lingkungan sekitar atau kesulitan dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam kurikulum secara menyeluruh. Oleh karena itu, penulis merekomendasikan perlunya dukungan dari berbagai pihak untuk menjadikan implementasi pendekatan teknologi sebagai bagian penting dari pengembangan kurikulum merdeka di sekolah dasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arifin, Zainal, Konsep dan Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012

Astuti, E. P. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Peningkatan Pemahaman Konsep Penyerbukan dengan Metode Demonstrasi di Kelas 4 SDN Sukorejo 2 Kota Blitar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 671–680.

Dakir, Perencanaan clan Pengembangan Kurikulum, Jakarta: Rineka Cipta,2004

Fatmawati, & Yuzrizal. (2020). Peran kurikulum akhlak Dalam Pembentukan Karakter Di Sekolah Alam Sou Parung Bogor. Tematik Universitas Negeri Medan, 11(1), 26–36.

Hamalik, Oemar, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007

Hernawan, A. H., & Susilana, R. (2018). Konsep dasar kurikulum pendidikan. In Jurnal Pendidikan Luar Biasa UPI.

Manalu, J. B., Sitohang, P., & Turnip, N. H. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Nisa, K. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TINGKAT SMA DI KOTA PADANG. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik). https://doi.org/10.26740/jp.v7n2.p94-99

Oktaviani, S., & Ramayanti, F. (2023). Analisis Kesiapan Sekolah dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5156

Prasetyo, A., & Prastowo, A. (2023). Peran Guru dalam Memberi Motivasi Belajar Kepada Siswa pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtdaiyah. Journal of Islamic Primary School, 1(2), 22–28.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Sholikin, S., & Prasetyo, A. (2023). Penguatan Karakter Peserta Didik Melalui Profil Pelajar Pancasila pada Madrasah Ibtidaiyah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1941. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2752

Sudarman. (2019). Pengembangan kurikulum kajian teori & praktik. In Mulawarman University Press.

Suwandi, S. (2020). Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia yang Responsif terhadap Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Kebutuhan Pembelajaran Abad ke-21. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 2001, 1–12.

Toenlioe, A. J. E. (2017). Pengem-bangan Kurikulum. In Cetakan Ke-1. Bandung: PT Refika Aditama (Vol. 09, Issue 01).

Wulandari, W., Murwaningsih, T., & Marmoah, S. (2020). Implementation of merdeka belajar in online learning methods at the school for children of Indonesia. ACM International Conference Proceeding Series. https://doi.org/10.1145/3452144.3452273

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-13

Cara Mengutip

Prasetyo, A. . (2024). IMPLEMENTASI PENDEKATAN TEKNOLOGI DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 32–39. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1044

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.