IMPLEMENTASI PENDEKATAN TEKNOLOGI DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1044Kata Kunci:
Pendekatan Teknologi, Kurikulum Merdeka, Sekolah DasarAbstrak
Pengembangan kurikulum dengan pendekatan teknologi merupakan salah satu dari beberapa model pendekatan dalam pengembangan kurikulum. Pendekatan teknologi dirasa sangat relevan untuk di terapkan pada sekolah MI/SD karena pada saat ini sudah masuk pada zaman revolusi industri. Oleh sebab itu dalam pengembangan kurikulum pada sekolah dasar MI/SD perlu mengimplementasikan pendekatan teknologi dalam pengembangan kurikulum. Bahkan saat ini sedang diterapkannya kurikulum merdeka yang bertujuan untuk memberikan kebebasan yang lebih besar kepada siswa dalam menentukan jalannya pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis penggunaan pendekatan teknologi dalam pengembangan kurikulum merdeka di sekolah dasar. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kajian literatur dan kualitatif, yaitu mencari data dari sumber-sumber penelitian terdahulu yang relevan, kemudian wawancara mendalam bersama guru-guru SD/MI yang telah menerapkan pendekatan teknologi pada kurikulum merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan teknologi dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran, serta dapat memfasilitasi siswa dalam mencapai tujuan-tujuan belajar yang telah ditetapkan. Namun, ditemukan juga beberapa kendala seperti minimnya akses terhadap teknologi di lingkungan sekitar atau kesulitan dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam kurikulum secara menyeluruh. Oleh karena itu, penulis merekomendasikan perlunya dukungan dari berbagai pihak untuk menjadikan implementasi pendekatan teknologi sebagai bagian penting dari pengembangan kurikulum merdeka di sekolah dasar.
Unduhan
Referensi
Arifin, Zainal, Konsep dan Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012
Astuti, E. P. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Peningkatan Pemahaman Konsep Penyerbukan dengan Metode Demonstrasi di Kelas 4 SDN Sukorejo 2 Kota Blitar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 671–680.
Dakir, Perencanaan clan Pengembangan Kurikulum, Jakarta: Rineka Cipta,2004
Fatmawati, & Yuzrizal. (2020). Peran kurikulum akhlak Dalam Pembentukan Karakter Di Sekolah Alam Sou Parung Bogor. Tematik Universitas Negeri Medan, 11(1), 26–36.
Hamalik, Oemar, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007
Hernawan, A. H., & Susilana, R. (2018). Konsep dasar kurikulum pendidikan. In Jurnal Pendidikan Luar Biasa UPI.
Manalu, J. B., Sitohang, P., & Turnip, N. H. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Nisa, K. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TINGKAT SMA DI KOTA PADANG. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik). https://doi.org/10.26740/jp.v7n2.p94-99
Oktaviani, S., & Ramayanti, F. (2023). Analisis Kesiapan Sekolah dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5156
Prasetyo, A., & Prastowo, A. (2023). Peran Guru dalam Memberi Motivasi Belajar Kepada Siswa pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtdaiyah. Journal of Islamic Primary School, 1(2), 22–28.
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Sholikin, S., & Prasetyo, A. (2023). Penguatan Karakter Peserta Didik Melalui Profil Pelajar Pancasila pada Madrasah Ibtidaiyah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1941. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2752
Sudarman. (2019). Pengembangan kurikulum kajian teori & praktik. In Mulawarman University Press.
Suwandi, S. (2020). Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia yang Responsif terhadap Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Kebutuhan Pembelajaran Abad ke-21. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 2001, 1–12.
Toenlioe, A. J. E. (2017). Pengem-bangan Kurikulum. In Cetakan Ke-1. Bandung: PT Refika Aditama (Vol. 09, Issue 01).
Wulandari, W., Murwaningsih, T., & Marmoah, S. (2020). Implementation of merdeka belajar in online learning methods at the school for children of Indonesia. ACM International Conference Proceeding Series. https://doi.org/10.1145/3452144.3452273
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten