ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NEGERI 8 BUNGO

Penulis

  • Esnaria Purba SMK Negeri 8 Bungo

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.107

Kata Kunci:

Analysis, 2013 Curriculum, Teachers’ Performances

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan kurikulum KTSP menjadi kurikulum 2013 . Hal tersebut membawa pengaruh terhadap kinerja guru dalam mengimplementasikan kurikulum. Dengan adanya permasalahan tersebut peneliti ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan kurikulum 2013 dan pengaruhnya terhadap kinerja guru di SMK Negeri 8 Bungo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif, data yang dihasilkan adalah data deskriptif. Sumbjek penelitian SMK Negeri 8 Bungo Objek penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran terhadap kinerja guru. Sumber data yang diteliti yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: Observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi dengan instrument penelitian berupa lembar observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kinerja guru dalam perencanaan pembelajaran kurikulum 2013 sudah mengacu kepada standar proses (2) kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 sudah sesuai dengan rencana pembelajaran yang sudah dibuat sebelumnya  (3) kinerja guru dalam penilaian pembelajaran kurikulum 2013 sudah mencakup penialain sikap, keterampilan dan pengetahuan (4) faktor penghambat yang dialami guru yaitu terdapat pada keaktifan peserta didik dan penilaian berbasis komputer serta banyak aspek yang harus dinilai  (5) faktor pendukung yaitu guru sudah dibekali dengan mengikuti pelatihan sebelumnya, guru mempunyai buku pegangan serta rubrik penilaian sebagai patokan penilaian. Kemudian (6) kurikulum 2013 membawa pengaruh baik terhadap kinerja guru dalam sistem pengajaran di SMK Negeri 8 Bungo.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika aditama.

Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Habiby, Wahdan Najib dkk. 2017. "Manajemen Adaptasi Pembelajaran Kurikulum 2013 Ke Kurikulum 2006 (KTSP) SMKN Sondakan surakarta". Profesi pendidikan dasar Volume 4, nomor (2):184.

Hardianti, Sitti. 2017. Implementasi Kurikulum 2013 Pada Proses Pembelajaran Oleh Guru Mata Pelajaran Fisika Tingkat SMAN Dikabupaten Bone. Tesis tidak diterbitkan, Makassar: Fakultas Tarbiayah Dan kegururan UIN Alauddin makassar

Haslina, dkk. 2017."Kinerja Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 ada SMA Negeri 5 Lhokseumawe". Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pasca Sarjana Universitas Syiah Kuala, Volume 5, nomor (4):212

Hidayati, Titiek Rohanah. 2015. "Implementasi Pengembangan Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMA Negeri 4 Jember". Fenomena, Volume 14, nomor (1):2

Kosassy, Siti osa. 2017. "Analisis Konsep Dan Implementasi Kurikulum 2013". Jurnal PPKN dan Hukum , volume 12, nomor (1):82.

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo.

Mulyasa. 2017. Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja RoSMKakarya.

Mulyasa. 2017. Pengembagan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: RoSMKakarya.

Peraturan Pemerintah. No. 20 Tahun 2013 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Peraturan Pemerintah. No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Permendikbud. No. 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Unduhan

Diterbitkan

2020-12-16

Cara Mengutip

Purba, E. (2020). ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NEGERI 8 BUNGO. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 1(2), 71–77. https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.107

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.