THE EFFECTIVENESS OF USING BOARD GAMES TO IMPROVE EIGHTH GRADE STUDENTS’ SPEAKING FLUENCY
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BOARD GAMES UNTUK MENINGKATKAN FLUENSI BERBICARA SISWA KELAS VIII
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1079Kata Kunci:
Speaking Fluency, Board Game, EffectivenessAbstrak
Berbicara adalah proses interaktif dalam membangun makna yang melibatkan produksi dan penerimaan serta pemrosesan infromasi (brown,2001). Berbicara adalah keterampilan yang paling penting untuk dikuasai dalam pembelajaraan bahasa.faktanya, pembelajaraan bahasa dapat dikatakan berhasil jika pembelajar mampu menggunakan bahasa tersebut dalam komunikasi mereka. Dalam pengajaran berbicara, ada beberapa aspek yang harus diperhatikam,salah satunya adalah kefasihan berbicara. Kefasihan berbicara dikenail sebagai kemampuan alamai untuk berbicara spontan,cepat,dan menyeluruh dengan sedikit kesalahan ketika ketepatan difokuskan pada unsur-unsur fonologis,gramatikal dan wacana dalam output yang diucapkan. Tesis ini tentang meningkatkan kefasihan berbicara siswa kelas 8 dengan menggunakan board game di SMP al ma’arif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah board game efektif dalam meningkatkan kefasihan berbicara siswa kelas 8, desain penelitian yang digunakan dengan menggunakan penelitian kuasi-ekperimental kuantitatif yang terdiri dari pretest,perlakuan,dan posttest. Peneliti menggunakan kuasi-eksperimen karena penelitian ini merupakan pendekatan untuk meneliti hubungan antara dua variable. Dalam pelaksaan penelitian eksperimen, sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok control. Peneliti mengambil sampel sebanyakn 62 siswa.
Kata Kunci : Kefasihan Berbicara, Board Game, Kefektifitas
Unduhan
Referensi
Abraham, & MacDonald. (2011). Research Methodologies Guide : Quasi-Experimental Design. Iowa State University,.
Arminda, I. (2019). Increasing the Student’ Speaking Skills Through Board Game for The Eight Grade of MTs State Islamic University North Sumatera. Faculty of Teacher Training and Education.
Chen, I. -J. (2005). Using Games to Promote Communicative Skill in. The Internet TESL Journal, XI (2),1-4.
Fithri. (2016). The Effect Of Using Board Game On The Second Year Student Speaking Ability At Smp It Al-Ihsan Boarding School. Retrieved from Jurnal Online Mahasiswa: https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/12517
Harmer. (2007). The practice of English Language Teaching. Malaysia.
Harmer. (2007). Teaching Productive Skills to the Students. Teaching Productive Skills to the Students : BRAC University,.
Jasmadi. (2017). The Use Of Board Game Media In Teaching Speaking(An Experimental Study On Second Grade Of Sman 1 Kluet Tengah). https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1493/.
Lennon, P. (1990). Investigating Fluency in EFL: A quantitative approach.
Lewis, & Bedson. (1999). Game For Children. Oxford: Oxford University Press.
Provenzo. (1981). Favorite Board Games You Can Make and Play. New York: Dover Publication Inc.
Rao P S. (2019). The importance of speaking skills in English classrooms. .Alford Council of International English & Literature Journal (ACIELJ),, 2(2), 6-18.
Richards. (2009). The Definition of Speaking Fluency.
Rodilla, R. (2012). Playful Learning in the EFL Class: The Benefical and the LEGO Serious Play Method.
Sari. (2018). The Effectiveness of using Board Game Towards Student Speaking Abilty of Second Grade at Ma Al-Ma'arif Tulung Agung. Retrieved from http://repo.iain-tulungagung.ac.id/9927/
Turk. (2003, July 12). The Components of Speaking Skill. Retrieved from Wordpress: https://adeprimarora.wordpress.com/2015/02/11/the-components-of-speaking-skill/
Hornby (2006). Oxford Advance Learner’s Dictionary. Seventh Edition New York:Oxford University Press
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten