PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KETERAMPILAN BERARGUMENTASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN IPS

Penulis

  • Oktaviamatus Solikhah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia
  • Vanda Rezania Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1106

Kata Kunci:

Model Kooperatif tipe STAD, Keterampilan Berargumentasi, IPS

Abstrak

Model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) adalah salah satu model pembelajaran interaktif. Proses pembelajaran membutuhkan sesuatu yang bermakna, dapat diterapkan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada melalui berpendapat dalam keterampilan berargumentasi. Berdasarkan permasalahan yang ditemui terdapat banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyampaikan pendapat di kelas. Kemunculan masalah tersebut karena rasa kurang percaya diri siswa ketika berbicara di depan kelas. Masalah ini terjadi karena kurang maksimalnya pengajaran IPS yang dilakukan oleh guru. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap keterampilan berargumentasi siswa kelas V sekolah dasar  pada Mata pelajaran IPS di SDN Berbek Waru dengan harapan keterampilan berargumentasi akan berfungsi untuk membuat pembelajaran IPS menjadi lebih bermakna melalui kegiatan berargumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen, dengan desain quasi eksperimen. Populasi dan sampel menggunakan siswa kelas 5 dengan jumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji T Paired Sample T-Test. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata pretest keterampilan berargumentasi menunjukan hasil 14% , sedangkan posttest sebesar 13% hipotesis nol (Ho) ditolak sedangkan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang berarti terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap keterampilan berargumentasi siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(1), 247–264. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/82

Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Skatistik Pendidikan.

Asmedy, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2), 108–113. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.41

Fatimah, T. (2016). Peningkatan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Melalui Teknik Debat Aktif Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Jatitujuh Kabupaten Majalengka Jawa Barat Mproving the Ability To Express Opinions Using the Technique of Active Debates of the Eighth-Grade Students. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(4), 32–41.

goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, A., & Perdana. (2018). Metode Penelitian Dengan Pendekatan Kuantitatif. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Ii, B. A. B., & Pustaka, T. (2007). Upaya meningkatkan kemampuan ...,ari wahyuni, pend. biologi fkip, ump 2013. 2006, 7–38.

Kurniasari, E. F., & Setyaningtyas, E. W. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) dengan Teknik Gallery Walk. Journal of Education Research and Evaluation, 1(2), 120. https://doi.org/10.23887/jere.v1i2.10074

Laoly Pratiwi Sirait, A. (2021). PENGARUH DESAIN PRODUK, DAYA TARIK IKLAN, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA PCX (Studi Pada Honda PCX Club Jakarta). Repository STEI. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta, 45.

Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., YULIA CITRA, A., Schulz, N. D., غسان, د., Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2016). KAJIAN LITERATUR PEMBELAJARAN BERMAKNA (MEANINGFUL LEARNING). Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.

Rahmawati, L., & Hardini, A. T. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Daring terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berargumen Pada Muatan Pembelajaran IPS di Sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1035–1043. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.496

Ratminingsih, N. M. (2010). Penelitian Eksperimental Dalam Pembelajaran Bahasa Kedua. Prasi, 6(11), 31–40.

Setiyawan, Y. (2017). No BAB 2 LANDASAN TEORITIS Title. 1–14.

Studi, P., Pendidikan, A., Pascasarjana, P., Ganesha, U. P., Pedagogik, K., & Kerja, K. (2013). e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan ( Volume 4 Tahun 2013 ) e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan ( Volume 4 Tahun 2013 ) Reforma. 4(4), 1–20.

Syamsu, F. N., & Rahmawati, I. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. 3(3), 344–350.

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-12

Cara Mengutip

Solikhah, O., & Rezania, V. . (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KETERAMPILAN BERARGUMENTASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN IPS. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 698–706. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1106

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.