PENGARUH FAMILY SUPPORT TERHADAP KEBAHAGIAAN PADA REMAJA AKHIR DI KOTA MEDAN

Penulis

  • Juliar Herniat Zega Fakultas Psikologi, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Nenny Ika Putri Simarmata Fakultas Psikologi, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.1224

Kata Kunci:

Family Support, Kebahagiaan, Remaja

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Family Support Terhadap Kebahagiaan Pada Remaja Akhir Di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif Berdasarkan hasil penelitian mengenai Pengaruh Family Support terhadap Kebahagiaan pada Remaja Akhir di Kota Medan, dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut: Berdasarkan hasil uji regresi sederhana yang telah dilakukan, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05), yang menunjukkan bahwa hipotesis peneliti (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Sehingga analisisnya menunjukkan bahwa semakin tinggi dukungan keluarga yang diterima, semakin tinggi pula kebahagiaan yang dirasakan. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,315 mengindikasikan bahwa dukungan sosial memiliki pengaruh sebesar 31,5% terhadap kebahagiaan, sementara 68,5% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Family support yang mencakup dukungan informasional, penilaian, instrumental, dan emosional yang masing-masing membantu remaja menghadapi persoalan hidup, meningkatkan percaya diri, meringankan beban praktis, serta memberi rasa aman dan kasih sayang, sehingga bersama-sama membentuk kebahagiaan yang lebih stabil. Analisis data demografis memperlihatkan bahwa faktor usia, lamanya berdomisili, dan suku turut memengaruhi variasi skor kebahagiaan. Remaja usia 20–21 tahun, mereka yang telah lama berdomisili di Medan, serta responden dengan latar budaya kolektivistik (misalnya suku Batak) cenderung melaporkan tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi. Aspek family support yang paling dominan berpengaruh adalah dukungan emosional, sementara aspek kebahagiaan yang paling menonjol adalah hubungan positif dengan orang lain dan optimisme realistis. Temuan ini menegaskan bahwa relasi hangat dalam keluarga dan sikap optimis merupakan kunci utama dalam menciptakan kebahagiaan remaja akhir

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Juliar Herniat Zega, Fakultas Psikologi, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Fakultas Psikologi, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Nenny Ika Putri Simarmata, Fakultas Psikologi, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Fakultas Psikologi, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Referensi

Budiati, Y. M., & Muhadi, F. (2022). Pengaruh Dukungan Orang Tua Dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Lintas Minat) Di Sma Negeri 1 Kalasan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Akuntansi, 15(2), 27–36. Https://Doi.Org/10.24071/Jpea.V15i2.4600

Cahya M. F., S. A. . S. (2024). Eksplorasi Peran Lingkungan Sosial Dan Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Cahaya Journal Of Research On Science Education, 26–36.

Hasanah, N., & Rusmawati, D. (2020). Hubungan Antara Resiliensi Dengan Kematangan Karir Pada Remaja Penyandang Disabilitas Daksa Prof. Dr. Soeharso Surakarta. Jurnal Empati, 7(3), 1119–1123. Https://Doi.Org/10.14710/Empati.2018.21868

Kristianti, R., & Kristinawati, W. (2021). Self Disclosure Dengan Resiliensi Pada Remaja Wanita Di Panti Asuhan. Jurnal Ilmiah Psyche, 15(2), 63–72.

Laksmi, P. P. D., Widiartini, N. K., & Sudirtha, I. G. (2022). Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Berdasarkan Tipe Pola Asuh Orang Tua Pada Siswa Kelas V Ditinjau Dari Efikasi Diri Studi Kasus Pada Sd Negeri Di Gugus Dr. Soetomo Denpasar Selatan. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 12(2), 123–133. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jpepi.V12i2.1350

Nadhifah, F., & Karimulloh, K. (2021). Hubungan Religiusitas Dan Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Dalam Perspektif Psikologi Islam. Al-Qalb: Jurnal Psikologi Islam, 12(1), 51–60. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15548/Alqalb.V12i1.2444

Nor Afifah Humaira, & Dyta Setiawati Hariyono. (2024). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Self-Regulated Learning Pada Remaja Pprsar Mulia Satria. Jurnal Psikologi, 1(4), 14. Https://Doi.Org/10.47134/Pjp.V1i4.2865

Nur, A. H., & Karismatika, I. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2017–2018. Success: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Pendidikan, 1(1), 1–9.

Nur, A. S., & Massang, B. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Konsep Diri, Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Ix Smp Negeri Di Kota Merauke. Suska Journal Of Mathematics Education, 2(2), 89. Https://Doi.Org/10.24014/Sjme.V2i2.2067

Nurlistiani, A. (2019). Pengaruh Dukungan Sosial, Efikasi Diri, Dan Faktor Demografi Terhadap Adaptabilitas Karier Pada Lulusan Perguruan Tinggi Yang Baru Bekerja. Fakultas Psikologi Uin Syarif Hidayatullah Jakarta. Http://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Handle/123456789/48501

Oktariani, O., Munir, A., & Aziz, A. (2020). Hubungan Self Efficacy Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 2(1), 26–33. Https://Doi.Org/10.31289/Tabularasa.V2i1.284

Oktaviana, M., & Kristinawati, W. (2022). Self Disclosure Dengan Resiliensi Pada Remaja Dengan Orang Tua Tunggal. Jurnal Ilmiah Psyche, 16(2), 83–92. Https://Doi.Org/10.33557/Jpsyche.V16i2.2093

Permatasari, N., Mulyadi, A., & Samlawi, F. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Dan Efikasi Diri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Akuntansi Di Smkn Se-Bandung Raya. Fineteach: Journal Of Finance, Entrepreneurship, And Accounting Education Research, 1(3), 192–207. Https://Doi.Org/Permatasari, N., Mulyadi, A., & Samlawi, F. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Dan Efikasi Diri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Akuntansi Di Smkn Se-Bandung Raya. Fineteach: Journal Of Finance, Entrepreneurship, And Accounting Education Research, 1(3), 192-207.

Putri, A., Darmayanti, N., & Menanti, A. (2023). Pengaruh Regulasi Emosi Dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Resiliensi Akademik Siswa. Jiva: Journal Of Behaviour And Mental Health, 4(1). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30984/Jiva.V4i1.2528

Putri, D. A., & Hutasuhut, D. H. (2022). Hubungan Pola Asuh Otoriter Orang Tua Dengan Minat Belajar Siswa Kelas Viii Mts. Darul Ilmi Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(3), 5343–5350. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47492/Jip.V3i3.1864

Rahail, M. M., Wahyudi, I., & Widiantoro, F. X. W. (2020). Hubungan Antara Kohesivitas Kelompok Dengan Dukungan Sosial Bagi Mahasiswa Perantau Yang Aktif Di Organisasi Orang Muda Katolik, Gereja X Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 16(1), 36–50.

Rahman, N. M. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial Dan Regulasi Diri Terhadap Resiliensi Pada Muallaf. Fakultas Psikologi Uin Syarif Hidayatullah Jakarta. Https://Doi.Org/Http://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Handle/123456789/50268

Risthantri, P., & Sudrajat, A. (2015). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dan Ketaatan Beribadah Dengan Perilaku Sopan Santun Peserta Didik. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan Ips, 2(2), 191–202. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.21831/Hsjpi.V2i2.7670

Rufaida, H., & Kustanti, E. R. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Rantau Dari Sumatera Di Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 6(3), 217–222. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.14710/Empati.2017.19751

Sabilla, M., Fitria, L., & Sefriani, R. (2021). Kontribusi Pola Asuh Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X Smk N 9 Padang. Jurnal Pti (Pendidikan Dan Teknologi Informasi) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universita Putra Indonesia “Yptk” Padang, 82–86. Https://Doi.Org/10.35134/Jpti.V8i2.49

Sari, D. K., Saparahayuningsih, S., & Suprapti, A. (2019). Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Yang Berperilaku Agresif. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 1–6. Https://Doi.Org/10.33369/Jip.3.1.1-6

Sayekti, A., Darmawati, D., & Sulistyandari, S. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter, Pola Asuh Orang Tua Dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 1 Baturaden. Soedirman Economics Education Journal, 2(1), 21–34. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32424/Seej.V2i1.2150

Siregar, N. P. S., Menanti, A., & Hasanuddin, H. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Regulasi Diri Belajar Terhadap Resiliensi Pada Siswa Sma Tunas Harapan Mandiri Rantau Prapat. Journal Of Education, Humaniora And Social Sciences (Jehss), 5(1), 284–292. Https://Doi.Org/10.34007/Jehss.V5i1.1200

Suaidah, S. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai)(Studi Di Smp Shohibul Barokah Kota Serang). Uin Smh Banten. Http://Repository.Uinbanten.Ac.Id/Id/Eprint/6602

Subandi, O. M., Rapani, R., & Pangestu, D. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 62–80. Https://Doi.Org/10.23960/Pdg.V9i2.23380

Toha, M., Nur Afifah, U., & Pesantren Abdul Chalim Mojokerto, I. K. (2022). Optimalisasi Pola Asuh Orang Tua Melalui Pendidikan Seks Pada Anak. Khodimul Ummah: Journal Of Community Service (Issn 2963-9719), 1(1), 69–92.

Widhiasih, I., & Sumilah, N. A. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Ips. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 7(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15294/Kreatif.V7i2.9380

Diterbitkan

2025-08-24

Cara Mengutip

Zega, J. H., & Simarmata, N. I. P. (2025). PENGARUH FAMILY SUPPORT TERHADAP KEBAHAGIAAN PADA REMAJA AKHIR DI KOTA MEDAN. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1). https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.1224

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.