EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS 4 SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1329Kata Kunci:
Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Project Based Learning.Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning dan Project Based Learning dilihat dari kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPAS kelas 4 SD. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 4 SD Gugus Gajah Mada. Subjek pada penelitian ini yaitu SDN Dukuh 03 sejumlah 26 siswa, SDN Dukuh 05 sejumlah 20 siswa, dan SDN Kecandran 01 sejumlah 28 siswa. Jenis desain penelitian adalah quasi eksperimental desain Non-equivalent Control Group. Instrumen penggumpulan data menggunakan rubrik kemampuan berpikir kritis. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen 1 yang menerapkan model PBL dengan kelompok ekperimen 2 yang menerapkan model PjBl. Hasil uji prasyarat menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Perbedaan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis pada model Problem Based Learning 74 dan model Project Based Learning 79,92. Jadi dapat diartikan model Project Based Learning lebih efektif dibandingkan model Problem Based Learning dilihat dari kemampuan berpikir kritis. Hasil akhir perhitungan dengan menggunakan uji t diperoleh hasil nilai sig (2-tailed) 0,002 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat perbedaan antara penggunaan model Problem Based Learning dan Project Based Learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPAS kelas 4 SD.
Unduhan
Referensi
Aini, M., Ridianingsih, D. S., & Yunitasari, I. (2022). Efektivitas model pembelajaran project based learning (PjBL) berbasis stemterhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(4), 247-253.
Anggara, M. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kerja Sama Siswa Pada Pembelajaran Termatik Terpadu Kelas IV SD. Jurnal Basicedu Vol.3. No.2.
Anjani Putri, D., & Muhammadiyah Hamka, U. (2023). The Effectiveness Of Problem Based Learning Model In Science Learning On Critical Thinking Skills Of Fifth Grade Students. Jurnal Cakrawala Pendas, 9(4). https://doi.org/10.31949/jcp.v9i4.5957
Azizah, L. I. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dan Guided Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 1(4), 30-36.
Juwanto, E. R. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Memecahkan Masalah Pembelajaran Matematika. Indonesian Research Journal On Education, 3(1), 181-187.
Mhb, R. J., & Mukhlis, M. (2023). Keterampilan Abad 21 Buku Teks Bahasa Indonesia pada Kelas X Terbitan Kemdikbud. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 197-208.
Mustika, D. A. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Menggunakan Model Project Based Learning dalam Pembuatan Media IPA Berbentuk Pop Up Book. Jurnal Basicedu, 4(4), 1167–1175.
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J., Abdul Aziz, M., Astuti, S., & Satya Wacana, K. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V SD The Effectiveness Of The Problem Based Learning And Project Based Learning Models Is Seen From Critical Thinking Skills In Thematic Learning Of Grade V Elementary School Students 1* (Vol. 8). http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/
Pratiwi, N. C. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan Pembalajaran Fisika (JMPF) Volume 9 Nomor 1 2019 ISSN : 2089-6158.
Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran project based learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379-388.
Rahmawati, S., & Airlanda, G. S. (2023). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Basicedu, 7(6), 3450-3456.
Sari, F. I., & Has, Z. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 1 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi, 11(2).
Sari, A.K & Trisnawati, W. (2019). Integrasi keterampilan abad 21 dalam modul Sociolinguistics: keterampilan 4c (Collaboration, Communication, Critical Thinking, dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan Vol. 4 No. 2 (2019). E-ISSN 2621-0703P-ISSN 2528-6250
Sholihah, N., & Sahronih, S. (2022). Efektivitas Discovery Learning Terhadap Pembelajaran Ipa Materi Struktur Tumbuhan Kelas Iv Sekolah Dasar. PERISKOP : Jurnal Sains Dan Ilmu Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.58660/periskop.v3i2.33
Sianturi, R., Firdaus, M., & Susiaty, U. D. (2020). Komparasi efektivitas antara problem based learning (pbl) dan project based learning (pjbl) terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar matematika. Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(2), 57-69.
Suryaningsih, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis IPA Siswa SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 40-48.
Trimawati, K. K. (2020). Pengembagan instrumen penilaian ipa terpadu dalam pembelajaran model project based learning (pjbl) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa smp. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. 11(1), 36.
Triningsih, R., Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., & Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F. (2020). Efektivitas Problem Based Learning Dan Project Based Learning Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sd. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd
Widodo, S & Wardani, R., K. (2020). Keterampilan Abad 21 4C (Communication, Collaborattion, Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation) Di Sekolah Dasar. Jurnal program Studi PGMI. Volume 7, Nomor 2, p-ISSN: 2442-3661; e-ISSN: 2477-667X, 196
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten