PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR DENGAN STRATEGI QUESTION STUDENTS HAVE PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI.B SDN 14 SITIUNG

Penulis

  • Irwandra Efendi SDN 14 Sitiung

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.133

Kata Kunci:

Keaktifan Belajar, Question Students Have, Matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan Model Question Studentst have. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VI.B SDN 14 Sitiung dengan jumlah siswa 20 orang. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan  lembar observasi. Data diolah dengan menggunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil pengamatan keaktifan belajar siswa selama proses belajar mengajar (PBM) pada siklus I dan II terlihat adanya peningkatan keaktifan belajar siswa kelas VI.B SDN 14 Sitiung. Selama Model Question Students have diterapkan, keaktifan positif naik sebesar 11 % yaitu dari  84 % pada siklus I menjadi 97% pada siklus II. Sedangkan keaktifan negatif turun sebesar 17 % yaitu dari 20 % pada siklus I menjadi 3 % pada siklus II. Peningkatan Keaktifan belajar siswa terjadi karena adanya penambahan tindakan pada siklus II yaitu memerintahkan siswa membaca bahan ajar di rumah, memberikan reward dan punishment, serta meningkatkan motivasi siswa dengan memberikan reward bagi siswa yang serius dan sungguh – sungguh dalam melaksanakan proses belajar mengajar dan memberikan punishment bagi siswa yang melanggar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Departemen Pendidikan Nasional (2005). Kamus Besar Bahas Indonesia edisi ketiga.Jakarta: Balai Pustaka
KBBI. (2012). KBBI. In kbbi.
Mohd Fadzli Ismail, & Mohd Sukki Othman. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian pelajar dalam pengajaran & pembelajaran bahasa Arab: Satu tinjauan di SMAP Kajang. Persidangan Kebangsaan Pengajaran Dan Pembelajaran Bahasa Arab 2012 (PKEBAR’12).
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Priambudi, A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 7(2), 189–196.
Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. JURNAL BIOEDUKATIKA. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149
Sabri, A. (2005). Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Jakarta: Ciputra Press.
Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173
Slameto. (2003). Prestasi Belajar. Journal of Education.
Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Taktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi, A. (2010). Prosedur Peelitian Suatu Penekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Wiliawanto, W., Bernard, M., Akbar, P., & Sugandi, A. I. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Question Student Have Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMK. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.86
Zaini, H. (2016). Strategi Pembelajaran Aktif. Seminar Lokakarya Nasional Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Unduhan

Diterbitkan

2020-12-28

Cara Mengutip

Efendi, I. (2020). PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR DENGAN STRATEGI QUESTION STUDENTS HAVE PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI.B SDN 14 SITIUNG. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 1(2), 143–153. https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.133

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.