PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BENTUK ALJABAR DI SMP NEGERI 2 TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1451Kata Kunci:
Teams Games Tournament, Hasil Belajar.Abstrak
Riset ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kepercayaan diri siswa dalam menyampaikan pendapat pada saat belajar materi bentuk aljabar dan rendahnya minat siswa dalam mempelajari matematika terutama materi bentuk aljabar karena dianggap kesulitan sehingga mengakibatkan berkurangnya perhatian terhadap penjelasan guru dan akibatnya akademik menurun .Sehingga peneliti menerapkan model TGT dengan tujuan utama untuk meneliti perbedaan rata-rata hasil belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada pembelajaran materi bentuk aljabar. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimen. Siswa kelas VII tahun ajaran 2023–2024 SMP Negeri 2 Tondano ikut serta dalam penelitian ini. Dua kelas digunakan sebagai sampel penelitian: VII-B sebagai kelompok eksperimen dan VII-C sebagai kelompok kontrol. Setiap kelompok berjumlah 24 siswa. Penilaian standar yang dikembangkan dengan tujuan mengukur materi yang dipelajari digunakan sebagai alat pendidikan. Nilai t sebesar 4,442 dihitung dengan menggunakan uji t pada tingkat signifikansi 0,05, sedangkan nilai t kritis adalah 1,684. Hipotesis nol (Ho) dapat kita tolak karena nilai t_hitung yang dihitung lebih besar dari nilai t_tabel. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata siswa yang gurunya menerapkan model pengajaran Teams Games Tournament (TGT) memperoleh hasil yang lebih baik di kelas dibandingkan guru yang siswanya tidak menerapkan model tersebut.
Unduhan
Referensi
Amanda, F., Kesulitan Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Dari Berbagai Faktor Fuji Amanda, A., Nisa, S., Suriani, A., Hamka, J., Tawar Bar, A., Padang Utara, K., Padang, K., & Barat, S. (2024). Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 282–293. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i2.2652
Arni, W., Ratumanan, T. G., & Huwaa, N. C. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 4(2), 95–102. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v4.i2.p104-111
Dedy, A., & Budilaksana, R. (2023). 1742-Article Text-4137-1-10-20230214. Journal on Education, 05(03), hlm 9357.
Domu, I., & Mangelep, N. O. (2019). Developing of Mathematical Learning Devices Based on the Local Wisdom of the Bolaang Mongondow for Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012135
Firdaus, A. M. (2024). Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematipka Siswa Kelas VII SMP. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7, 349–355.
Hamidah, A., Tri Murdiyanto, & Lukman El Hakim. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Negeri 7 Jakarta. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(2), 61–70. https://doi.org/10.21009/jrpms.052.07
Hardiana, L., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2022). Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament dengan permainan kapal perang terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.37058/jp3m.v8i1.4195
Harianja, J. K., Subakti, H., & Avicenna, A. (2022). Tipe-tipe model pembelajaran kooperatif. In Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?id=t3zPqTnRjX0C&dq=wrong+diet+pills&source=gbs_navlinks_s
Hasanah, U., Wijayanti, R., & Liesdiani3, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan Permainan Ludo terhadap Hasil Belajar Siswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 104–111. https://doi.org/10.24176/anargya.v3i2.5334
Herwandi. (2022). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp. Jurnal Penalaran Dan Riset Matematika, 1(2), 47–54. https://doi.org/10.62388/prisma.v1i2.208
Novita Chintia Moningka, Santje M. Salajang, & Murni Sulistyaningsih. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(4), 01–12. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i4.184
Noviyanti Nabila dan Jufri Ade. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bilangan Bulat. JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika, Vol 3(2774–1729), Hal 19.
Solihah, A. (2016). Jurnal SAP Vol . 1 No . 1 Agustus 2016 ISSN : 2527-967X PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT Jurnal SAP Vol . 1 No . 1 Agustus 2016 ISSN : 2527-967X. 1(1), 45–53.
Suyani, I. (2023). Model Problem Based Learning Untuk Peningkatan Hasil Belajar Jaring-Jaring Bangun Ruang Sederhana Kelas V Sdn Junrejo 02 Kota Batu Tahun 2023. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(2), 703–723.
Untari, E., & Susanto, L. (2022). Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping, Snowball Throwing, dan Teams Games Tournaments (TGT) Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Bringin. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 10(1), 130–139. https://doi.org/10.25273/jems.v10i1.12171
Walpole, R. E., Myers, R. H., Myers, S. L., & Ye, K. (2012). Probability and Statistics for Engineers and Scientist 9th Edition.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten