ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP IPAS DI KELAS II SD NO. 5 TAMAN

Penulis

  • Ni Luh Putu Swistiyawati INSTITUT TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN MARKANDEYA BALI
  • Ida Ayu Made Indrayani INSTITUT TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN MARKANDEYA BALI

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1622

Kata Kunci:

Kesulitan, Konsep IPAS, Pembelajaran Kelas II SD, Persepsi Guru Dan Siswa.

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi persepsi guru dan siswa dalam memahami konsep pembelajaran IPAS di kelas II SD No. 5 Taman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Instrument yang digunakan adalah wawancara. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II dengan jumlah siswa yang dipilih secara purposive sampling yaitu siswa yang mengalami kesulitan belajar dari 15 orang siswa. Lokasi penelitian adalah SD N 5 Taman. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara semi-terstruktur dengan guru dan siswa. Data dianalisis dengan analisis: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan triangulasi data. Hasil pemahaman siswa terhadap pelajaran IPAS bervariasi. Sebagian siswa menemukan pelajaran IPAS menarik karena keterkaitannya dengan alam dan kehidupan sehari-hari, sementara yang lain mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep abstrak seperti siklus air, perubahan cuaca, dan sifat benda. Kesulitan ini sering dipengaruhi oleh penggunaan istilah ilmiah yang kompleks dan penjelasan yang berlangsung terlalu cepat. Guru mengakui bahwa konsep-konsep tersebut sulit dipahami tanpa bantuan alat visual atau demonstrasi konkret. Meskipun alat peraga seperti gambar, model sederhana, dan video dapat membantu, efektivitasnya bergantung pada gaya belajar masing-masing siswa. Kendala yang dihadapi dalam pengajaran IPAS meliputi terbatasnya sarana dan prasarana, alokasi waktu yang tidak memadai, serta variasi kemampuan siswa dalam memahami materi. Penelitian ini menunjukkan perlunya strategi pengajaran yang lebih adaptif dan penyediaan sumber daya yang memadai untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap pelajaran IPAS.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amaliyah, M., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Analisis Kesulitan Belajar dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1). https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.33868

Anggita, A. D., Ervina Eka Subekti, Muhammad Prayito, & Catur Prasetiawati. (2023). Analisis Minat Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran IPAS Di Kelas 4 SD N Panggung Lor. INVENTA, 7(1). https://doi.org/10.36456/inventa.7.1.a7104

Astuti, N. P. E., Pradnyana, P. B., & Mertayasa, I. P. (2023). Penerapan Perangkat Pembelajaran Operasional Konkret Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar IPA di SDN 1 Buahan. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 5(2). https://doi.org/10.59789/rarepustaka.v5i2.183

Febrianti, R. E., Alfi, C., & Fatih, M. (2023). Pengembangan Game Edukatif Berbasis Web Wordwall Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas Iv Upt Sdn Kedawung 03 Kabupaten Blitar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2).

Hakim, A. R., & Darojat, J. (2023). Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter dan Identitas Nasional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3). https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1470

Hidayah, S. N., & Suprapto, Y. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas II Ditinjau dari Pembelajaran Jarak Jauh dan Pembelajaran Tatap Muka di Mi Mu-Hammadiyah Kutamendala. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 1. https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpgsd/article/view/1407

Kemdikbud. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A-Fase C Untuk SD/MI/Program Paket A. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/cp/dasmen/13.%20CP%20IPAS.pdf

Khoiri, N. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 2(1). https://doi.org/10.51874/jips.v2i1.21

Khotimah, S. H., & Risan, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17108

Marlina, R. (2020). Identifikasi kesulitan belajar sains dan upaya yang dilakukan guru sekolah menengah untuk mengatasinya. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 9(1). https://doi.org/10.31571/saintek.v9i1.1567

Munir. (2021). Pendidikan adalah Proses Pengubahan Sikap. Upttikp.

Muniroh, A., & Wati, T. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Materi “Bagaimana Mendapatkan Semua Keperluan Kita” Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning di Kelas IV SDN Pojok Kecamatan Kawedanan. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8655

Numertayasa, I. W., Eni, N. P. A., Suardana, I. P. O., & Pradnyana, P. B. (2022). Workshop Review dan Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 3 Selemadeg Timur Pendahuluan. Madaniya, 3(3). https://doi.org/https://doi.org/10.53696/27214834.236

Pradnyana, P. B. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8088

Rahmadhani, E., Wahyuni, S., & Mandasari, L. (2021). Pendampingan Pembuatan Alat Peraga dan Permainan Matematika dari Barang Bekas untuk Menciptakan Matematika yang Menyenangkan bagi Siswa. Jurnal Abdidas, 2(2). https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.244

Silaban, P. J., Haloho, V., Sihombing, B. A., Panjaitan, Y. P., & Sitorus, Y. S. D. (2023). Sosialisasi Pembelajaran Matematika Alat Peraga Ludomatika di UPT SDN 060922 Medan Sunggal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(9). https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i9.134

Utami, D. D. (2018). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa dalam Pembelajaran IPA. www.conference.unsyiah.ac.id/SN-MIPA

Witri, D., Saputra, H. H., & Rahmatih, A. N. (2022). Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas II di SD Negeri 1 Wanasaba Daya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.929

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-28

Cara Mengutip

Putu Swistiyawati, N. L., & Indrayani, I. A. M. . (2025). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP IPAS DI KELAS II SD NO. 5 TAMAN. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 1316–1324. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1622

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.