IMPLEMENTASI DIGITALISASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 02 BUMIREJO KECAMATAN ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1654Kata Kunci:
Implmentasi, Digitalisasi Pembelajaran, Kualitas PembelajaranAbstrak
Fokus penelitian ini adalah bagaimana penerapan digitalisasi sekolah dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di SD Negeri 02 Bumirejo dan faktor pendukung dan penghambatnya. Digitalisasi sekolah mencakup penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pendidikan, termasuk penggunaan perangkat keras dan lunak. Metodologi penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metodologi ini melibatkan sumber primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi sekolah telah memberikan hal positif terhadap kualitas pembelajaran, seperti peningkatan motivasi belajar peserta didik, kemudahan akses materi pembelajaran, dan peningkatan keterampilan baik peserta didik maupun guru. Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa kendala, antara lain keterbatasan infrastruktur teknologi, kurangnya pelatihan bagi guru, dan keterbatasan akses internet bagi sebagian peserta didik. Sekolah diharapkan dapat meningkatkan infrastruktur, pelatihan berkelanjutan bagi guru, dan peserta didik memiliki akses yang memadai terhadap teknologi dan internet. Implementasi digitalisasi yang efektif diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di SD Negeri 02 Bumirejo Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang.
Unduhan
Referensi
Ahmad, S. F., Rahmat, M. K., Mubarik, M. S., Alam, M. M., & Hyder, S. I. (2021). Artificial intelligence and its role in education. Sustainability (Switzerland). https://doi.org/10.3390/su132212902
Aisy, S. R., & Hudaidah, H. (2021). Pendidikan Indonesia Di Era Awal Kemerdekaan Sampai Orde Lama. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.327
Aliyyunnisa, N. (2020). Analisis Problematika Pembelajaran Daring Siswa Kelas Viii Pada Materi Baris Dan Deret Ditinjau Dari Pemahaman Konsep. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 1(2), 135–142. https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.134
Depaepe, F., Van Roy, P., Torbeyns, J., Kleickmann, T., Van Dooren, W., & Verschaffel, L. (2018). Stimulating pre-service teachers’ content and pedagogical content knowledge on rational numbers. Educational Studies in Mathematics. https://doi.org/10.1007/s10649-018-9822-7
Firmansyah, R., Yunika Komalasari, Srie Wijaya Kesuma Dewi, Phitsa Mauliana, R. Dewi Sulastriningsih, & Nanang Hunaifif. (2023). DIGITALISASI SEKOLAH SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN DI ERA PENDIDIKAN 4.0. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan. https://doi.org/10.56127/jushpen.v2i3.1052
Isrofah, I., Sitisaharia, S., & Hamida, H. (2022). Pembelajaran Berbasis Media Digital pada Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.626
Jannah, M., & Junaidi, J. (2020). Faktor Penghambat Guru sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAN 2 Batusangkar. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.25
Lapisa, R., Basri, I. Y., Milana, M., & Arif, A. (2019). Review Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan. https://doi.org/10.24036/jptk.v2i4.20123
Li, S., Xu, K., & Huang, J. (2023). Exploring the influence of teachers’ motivating styles on college students’ agentic engagement in online learning: The mediating and suppressing effects of self-regulated learning ability. Humanities and Social Sciences Communications. https://doi.org/10.1057/s41599-023-02291-9
Mega, K. I. (2022). Mempersiapkan Pendidikan di Era Tren Digital (Society 5.0). Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan). https://doi.org/10.52005/belaindika.v4i3.87
pengelola web kemendikbud. (2019). Digitalisai Sekolah Percepat Perluasan Akses Pendidikan Berkualitas di Daerah 3T. Kemdikbud.Go.Id.
Puji Alfiansyah, R. (2023). Manfaat Dari Dunia Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Jurnal Sosial Teknologi. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i6.741
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Salsabila, U. H., Trisda Spando, I. I., Astuti, W. D., Rahmadia, N. A., & Nugroho, D. W. (2023). Integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v11i1.3207
Siddiq, M., & Salama, H. (2021). SEKOLAH RUMAH SEBAGAI SALAH SATU BENTUK PENDIDIKAN INFORMAL: LEGALITAS DAN RAGAM PENDEKATAN PEMBELAJARANNYA. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan. https://doi.org/10.24832/jpkp.v14i2.508
Subagio, I. K. A., & Limbong, A. M. N. (2023). DAMPAK TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP AKTIVITAS PENDIDIKAN. Journal of Learning and Technology. https://doi.org/10.33830/jlt.v2i1.5844
Sufyan, Q. A., & Ghofur, A. (2022). PEMANFAATAN DIGITALISASI PENDIDIKAN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i1.6531
Suhartono, S. (2021). Peningkatan Motivasi Mengajar dan Keterampilan Menggunakan TIK Dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1011
Sukran, C. P. A., & Huda, I. (2023). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Online dengan Metode Gamifikasi Berbasis Web. Journal of Internet and Software Engineering. https://doi.org/10.22146/jise.v4i1.2456
Syaparuddin, S. (2020). Peranan Pendidikan Nonformal Dan Sarana Pendidikan Moral. Jurnal Edukasi Nonformal.
Thabroni, G. (2022). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif (Konsep & Contoh). In Serupa.Id.
Werdiningsih, W. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Melaksanakan Pembelajaran Daring. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i1.48
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten