Dampak Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Karakter Siswa Di SD Negeri 4 Tiga
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v6i1.1784Kata Kunci:
Analisis, Gawai, KarakterAbstrak
Pengunaan gawai yang berlebihan di kalangan Siswa Sekolah Dasar sangatlah berpengaruh terhadap perkembangan karakter mereka baik di lingkungan sekolah maupun di kehidupan sehari-hari mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan gawai terhadap perkembangan karakter siswa dalam aspek tanggung jawab, rasa peduli, disiplin dan rasa hormat siswa di SD Negeri 4 Tiga. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode analisis data miles dan Huberman dengan menggunakan Teknik observasi, wawancara dan kuisioner. Instrument penelitian yang digunakan lembar observasi, pedoman wawancara dan penyebaran kuisioner menggunakan geogle form. Hasil dari penelitian yang pertama penggunaan gawai menurunkan tanggung jawab siswa dalam menyelesaikan tugas dan menjalankan kewajiban. Kedua, siswa menjadi kurang peduli terhadap orang lain, menunjukkan kecenderungan individualism. Ketiga, penggunaan gawai menyebabkan penurunan disiplin, kesulitan mengelola waktu, dan menurunnya kesadaran spiritual. Keempat, siswa menunjukkan penurunan rasa hormat, etika komunikasi, serta kemampuan bersosialisasi. Dampak penggunaan gawai ini menunjukkan pentingnya pengawasan dan pembinaan karakter dalam proses pembelajaran.
Unduhan
Referensi
Abdu, S., Saranga’, J. L., Sulu, V., & Wahyuni, R. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Penurunan Ketajaman Penglihatan. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 4(1). https://doi.org/10.52774/jkfn.v4i1.59
Ahmadi, M., Ardianti, S. D., & Pratiwi, I. A. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Sendang Widodari Kabupaten Kudus. Progres Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.55
Andriana, N., Hafidhuddin, D., & Mujahidin, E. (2021). Indikator sikap karakter disiplin siswa berbasis hadis-hadis Bukhari dan hierarkinya menurut Wali Kelas SDIT di Jakarta. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(3), 467. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i3.5523
Ansori, Y. Z. (2021). Menumbuhkan Karakter Hormat dan Tanggung Jawab Pada Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 599–605. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1120
Anugrah, R., Safrizal, & Komalasari, E. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Kepribadian Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.51574/judikdas.v3i1.693
Apriyani, N. M., Soleh, D. A., & Sumantri, M. S. (2021). Tingkat Kepedulian Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 7(2), 110–117. https://doi.org/10.31932/jpdp.v7i2.1231
Fauzan, M. R. (2021). Hubungan Peran Keluarga Dalam Menghindari Dampak Negatif Penggunaan Gadget Pada Kesehatan Mental Anak Usia Sekolah di Desa Dulangon Kecamatan Lolak. Pharmed: Journal of Pharmaceutical Science and Medical Research, 4(1). https://doi.org/10.25273/pharmed.v4i1.8350
Fitra Mayenti, N., Kep, S., Kep, M., Sunita, I., Kes, M., & Dosen STIKes Al-Insyirah Pekanbaru, S. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini Di Paud Dan Tk Taruna Islam Pekanbaru. Dalam Jurnal Photon (Vol. 9, Nomor 1).
Hidayatuladkia, S. T., Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak Usia 11 Tahun. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996
Khan, M. R., Aiyuda, N., & Fadhli, M. (2022). Kebosanan Akademik dan Kecanduan Gadget Selama Pandemi Covid-19 Pada Remaja. Psychopolytan : Jurnal Psikologi, 5(2). https://doi.org/10.36341/psi.v5i2.2346
Maela, E., Purnamasari, V., Purnamasari, I., & Khuluqul, S. (2023). Metode Pembiasaan Baik Untuk Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 931–937. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4820
Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan. Kopasta: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 5(2). https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521
Muslim Abdul. (2024, Februari). Pengguna Smartphone RI Diprediksi 194 Juta. https://investor.id/business/353856/pengguna-smartphone-ri-diprediksi-194-juta.
Safaria, T. (2005). Interpersonal intelligence: Metode pengembangan kecerdasan interpersonal anak. Yogyakarta: Amara Books.
Saputri, R. D. R., & Setyawan, A. (2022). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Karakter pada Anak Sekolah Dasar. AMAL INSANI (Indonesian Multidiscipline of Social Journal), 3(1), 24–31. https://doi.org/10.56721/amalinsani.v3i1.109
Setianingsih, S. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas. Gaster, 16(2). https://doi.org/10.30787/gaster.v16i2.297
Setyaningsih, E., & Setyowatie, D. (2023). E Sosialisasi Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Gadget Serta Media Sosial di Kalangan Anak-anak dan Remaja. IJCOSIN: Indonesian Journal of Community Service and Innovation, 3(1). https://doi.org/10.20895/ijcosin.v3i1.919
Suhendra, D., Sulistri, E., & Anitra, R. (2024). Analisis Karakter Tanggung Jawab Siswa melalui Kegiatan Pramuka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 64–72. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6049
Suwarna, & Suharti. (2014). Pendidikan Karakter Hormat Dalam Buku Pelajaran Bahasa Jawa Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter.
Triyani, E., Busyairi, A., & Ansori, I. (2020). Penanaman Sikap Tanggung Jawab Melalui Pembiasaan Apel Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Kelas Iii.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Widya, R. (2020). Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Anak. Jurnal Abdi Ilmu, 13(1).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten