Dampak Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Karakter Siswa Di SD Negeri 4 Tiga

Penulis

  • Sang Ayu Putu Gita Amanda Fakultas Ilmu Pendidikan, Institut Teknologi dan Pendidikan Markandeya Bali, Indonesia
  • I Wayan Numertayasa Fakultas Ilmu Pendidikan, Institut Teknologi dan Pendidikan Markandeya Bali, Indonesia
  • Ni Putu Eni Astuti Fakultas Ilmu Pendidikan, Institut Teknologi dan Pendidikan Markandeya Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v6i1.1784

Kata Kunci:

Analisis, Gawai, Karakter

Abstrak

Pengunaan gawai yang berlebihan di kalangan Siswa Sekolah Dasar sangatlah berpengaruh terhadap perkembangan karakter mereka baik di lingkungan sekolah maupun di kehidupan sehari-hari mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan gawai terhadap perkembangan karakter siswa dalam aspek tanggung jawab, rasa peduli, disiplin dan rasa hormat siswa di SD Negeri 4 Tiga. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode analisis data miles dan Huberman dengan menggunakan Teknik observasi, wawancara dan  kuisioner. Instrument penelitian yang digunakan lembar observasi, pedoman wawancara dan penyebaran kuisioner menggunakan geogle form. Hasil dari penelitian yang pertama penggunaan gawai menurunkan tanggung jawab siswa dalam menyelesaikan tugas dan menjalankan kewajiban. Kedua, siswa menjadi kurang peduli terhadap orang lain, menunjukkan kecenderungan individualism. Ketiga, penggunaan gawai menyebabkan penurunan disiplin, kesulitan mengelola waktu, dan menurunnya kesadaran spiritual. Keempat, siswa menunjukkan penurunan rasa hormat, etika komunikasi, serta kemampuan bersosialisasi. Dampak penggunaan gawai ini menunjukkan pentingnya pengawasan dan pembinaan karakter dalam proses pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdu, S., Saranga’, J. L., Sulu, V., & Wahyuni, R. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Penurunan Ketajaman Penglihatan. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 4(1). https://doi.org/10.52774/jkfn.v4i1.59

Ahmadi, M., Ardianti, S. D., & Pratiwi, I. A. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Sendang Widodari Kabupaten Kudus. Progres Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.55

Andriana, N., Hafidhuddin, D., & Mujahidin, E. (2021). Indikator sikap karakter disiplin siswa berbasis hadis-hadis Bukhari dan hierarkinya menurut Wali Kelas SDIT di Jakarta. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(3), 467. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i3.5523

Ansori, Y. Z. (2021). Menumbuhkan Karakter Hormat dan Tanggung Jawab Pada Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 599–605. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1120

Anugrah, R., Safrizal, & Komalasari, E. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Kepribadian Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.51574/judikdas.v3i1.693

Apriyani, N. M., Soleh, D. A., & Sumantri, M. S. (2021). Tingkat Kepedulian Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 7(2), 110–117. https://doi.org/10.31932/jpdp.v7i2.1231

Fauzan, M. R. (2021). Hubungan Peran Keluarga Dalam Menghindari Dampak Negatif Penggunaan Gadget Pada Kesehatan Mental Anak Usia Sekolah di Desa Dulangon Kecamatan Lolak. Pharmed: Journal of Pharmaceutical Science and Medical Research, 4(1). https://doi.org/10.25273/pharmed.v4i1.8350

Fitra Mayenti, N., Kep, S., Kep, M., Sunita, I., Kes, M., & Dosen STIKes Al-Insyirah Pekanbaru, S. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini Di Paud Dan Tk Taruna Islam Pekanbaru. Dalam Jurnal Photon (Vol. 9, Nomor 1).

Hidayatuladkia, S. T., Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak Usia 11 Tahun. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996

Khan, M. R., Aiyuda, N., & Fadhli, M. (2022). Kebosanan Akademik dan Kecanduan Gadget Selama Pandemi Covid-19 Pada Remaja. Psychopolytan : Jurnal Psikologi, 5(2). https://doi.org/10.36341/psi.v5i2.2346

Maela, E., Purnamasari, V., Purnamasari, I., & Khuluqul, S. (2023). Metode Pembiasaan Baik Untuk Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 931–937. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4820

Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan. Kopasta: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 5(2). https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521

Muslim Abdul. (2024, Februari). Pengguna Smartphone RI Diprediksi 194 Juta. https://investor.id/business/353856/pengguna-smartphone-ri-diprediksi-194-juta.

Safaria, T. (2005). Interpersonal intelligence: Metode pengembangan kecerdasan interpersonal anak. Yogyakarta: Amara Books.

Saputri, R. D. R., & Setyawan, A. (2022). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Karakter pada Anak Sekolah Dasar. AMAL INSANI (Indonesian Multidiscipline of Social Journal), 3(1), 24–31. https://doi.org/10.56721/amalinsani.v3i1.109

Setianingsih, S. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas. Gaster, 16(2). https://doi.org/10.30787/gaster.v16i2.297

Setyaningsih, E., & Setyowatie, D. (2023). E Sosialisasi Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Gadget Serta Media Sosial di Kalangan Anak-anak dan Remaja. IJCOSIN: Indonesian Journal of Community Service and Innovation, 3(1). https://doi.org/10.20895/ijcosin.v3i1.919

Suhendra, D., Sulistri, E., & Anitra, R. (2024). Analisis Karakter Tanggung Jawab Siswa melalui Kegiatan Pramuka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 64–72. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6049

Suwarna, & Suharti. (2014). Pendidikan Karakter Hormat Dalam Buku Pelajaran Bahasa Jawa Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter.

Triyani, E., Busyairi, A., & Ansori, I. (2020). Penanaman Sikap Tanggung Jawab Melalui Pembiasaan Apel Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Kelas Iii.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.

Widya, R. (2020). Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Anak. Jurnal Abdi Ilmu, 13(1).

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-10

Cara Mengutip

Amanda, S. A. P. G. ., Numertayasa, I. W. ., & Astuti, N. P. E. . (2025). Dampak Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Karakter Siswa Di SD Negeri 4 Tiga. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 6(1), 49–61. https://doi.org/10.56667/dejournal.v6i1.1784

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.