PEMBELAJARAN DENGAN METODE INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII

Authors

  • Sri Wahyuni Manurung Pendidikan Matematika, Fakuktas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Dame Ifa Sihombing Pendidikan Matematika, Fakuktas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Hardi Tambunan Pendidikan Matematika, Fakuktas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.1293

Keywords:

Pengaruh Metode Inkuiri, Pemecahan masalah, Hasil belajar kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi SPLDV di kelas VIII SMP Swasta Bangun Mulia Pangkalan Berandan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan instrumen tes dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP SMP Swasta Bangun Mulia Pangkalan Berandan 2024/2025. Sampel Penelitian diambil 25% dari populasi yaitu sebanyak 40 siswa. Analisis ini menggukan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan metode inkuiri berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar kognitif pada materi SPLDV di kelas VIII. Besarnya pengaruh dengan metode inkuiri terhadap kemampuan pemecahan sebesar 15% dengan kategori sedang. Pembelajaran dengan metode inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dikategorikan sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sri Wahyuni Manurung, Pendidikan Matematika, Fakuktas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakuktas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Dame Ifa Sihombing, Pendidikan Matematika, Fakuktas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakuktas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Hardi Tambunan, Pendidikan Matematika, Fakuktas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakuktas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

References

Abdurrahman, H., Wildan, W., & Loka, I. N. (2020). The Effect Of Guided Inquiry Learning Model On Chemistry Learning Towards Critical Thinking Skills Students At Class Xi Mia Sman 7 Mataram 2019. Chemistry Education Practice, 3(2), 99–103. Https://Doi.Org/10.29303/Cep.V3i2.1817

Aida, N., Kusaeri, K., & Hamdani, S. (2017). Karakteristik Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Ranah Kognitif Yang Dikembangkan Mengacu Pada Model Pisa. Suska Journal Of Mathematics Education, 3(2), 130. Https://Doi.Org/10.24014/Sjme.V3i2.3897

Amalia, A., Hartini, S., & Gunadi, F. (2020). Metode Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional …, 64–72.

Asro, M., Utaminingsih, S., & Suryani, F. B. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(19), 303–311.

Azhari, D. N., Julaeha, W., & Belajar, K. (2021). Implementasi Metode Inkuiri Dalam Matematika Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 16–37. Https://Doi.Org/10.5035/Pjme.V11i2.4529

Azizah, L. N., & Rosdiana, L. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Gender Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 10(1), 161–166.

Betti, W. (2022). Pengaruh Pembelajaran Stem (Science, Technology, Engineering And Mathematics) Berbantuan Google Classroom Terhadap Berpikir Kreatif. Uin Raden Intan Lampung. Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/Id/Eprint/16929

Egok, A. S. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 185–198.

Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Metakognisi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458. Https://Doi.Org/10.31980/Mosharafa.V8i3.517

Harjilah, N., Medriati, R., & Hamdani, D. (2019). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2), 79–84. Https://Doi.Org/10.33369/Jkf.2.2.79-84

Herawati, R., Hanafi, Y., Safitri, I. Y. B., & Hartini, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Matematika Pada Pembelajaran Daring Kelas Ii Sdn Sleman 5 Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Youtube. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan, 177–189.

Ilmiyah, L., Purnama, S., & Mayangsari, S. N. (2020). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 105–115. Https://Doi.Org/10.24252/Auladuna.V5i1a9.2018

Kurniawan, D., Makassar, U. N., Makassar, U. N., & Makassar, U. N. (2022). Kajian Pustaka Tentang Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Video Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 1.

Lisnani, Setiawan, A. D., Stevani, A. L., & Septian, A. I. (2020). Pendampingan Pembelajaran Matematika Materi Operasi. Jurnal Terapan Abdimas, 5, 21–27.

Liwa Ilhamdi, M., Novita, D., & Nur Kholifatur Rosyidah, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ipa Sd. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 1(02), 49–57. Https://Doi.Org/10.46772/Kontekstual.V1i02.162

Maulidya, N. S., & Nugraheni, E. A. (2021). Analisis Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Ditinjau Dari Self Confidence. 05(03), 2584–2593.

Nahak, R. L., & Bulu, V. R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantu Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 230. Https://Doi.Org/10.33394/Jk.V6i2.2369

Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: Buku Ajar Praktis Cara Membuat Penelitian. Pt.Panca Terra Firma.

Nasution, S. R., & Mujib, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. 6(2), 40–48.

Nurjanah, E., & Fahm, S. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Tatap Muka Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sdn Rambay Kulon. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan, 3(2003), 391–396.

Pisa. (2022). Results The State Of Learning And Equity In Education: Vol I.

Purwandari, P., & Yusro, A. C. (2018). Pembelajaran Fisika Menggunakan Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Eksperimen Dan Proyek Ditinjau Dari Kreativitas Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Momentum: Physics Education Journal, 2(1). Https://Doi.Org/10.21067/Mpej.V2i1.2369

Purwanto. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas Dan Reliabilitas Penelitian Ekonomi Syariah. Staiapress.

Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441.

Riskayanti, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas Xi Sma. Biocaster : Jurnal Kajian Biologi, 3(1), 20–39. Https://Doi.Org/10.36312/Bjkb.V3i1.156

Sari, F., Harahap, W., Sori, A., & Harahap, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Menggunakan Metode Pembelajaran Inkuiri. 622–626.

Solihin, M. W., Prasutowo, S. H. B., & Supeno, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(3), 299–306. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.19184/Jpf.V7i3.8604

Sri Indah Yulia Dewi, P., Kurniati, N., & Wahidaturrahmi, W. (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Griya Journal Of Mathematics Education And Application, 1(2), 122–131. Https://Doi.Org/10.29303/Griya.V1i2.41

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Alfabta.

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. Https://Doi.Org/10.31980/Mosharafa.V9i1.605

Tambunan, H. (2020). Kinerja Guru Matematika Smp Dalam Membangun Minat Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 108–117. Https://Doi.Org/10.21831/Jrpm.V7i1.19384

Tarigan, D. E., & Indrastoeti, J. (2020). Metode Inkuiri Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pokok Bahasan Aturan Perkalian Dan Permutasi Pada Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Dasar, 4, 87–95.

Wajdi, F., Saepulloh, A., Hilmi, A. A., & Anisa. (2022). Implementasi Metode Inquiry Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Mata Pelajaran Fikih. Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 107–114.

Wartini, N. W. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal Of Education Action Research, 5(1), 126–132. Https://Doi.Org/10.23887/Jear.V5i1.32255

Wulandari, F., Sukardi, S., & Masyhuri, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guide Inquiry) Berbantuan Media Power Point Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1327–1333. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V7i3.752

Wulandari, Y., Rahmawati, A. E., Handriani, S. Z., Setyaningsih, A. A., Baidowi, A. L., & Darmadi, D. (2020). Penerapan Dan Pemahaman Siswa Smp Kelas Viii Terhadap Materi Pembelajaran Matematika Dalam Kehidupan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 85–89. Https://Doi.Org/10.31004/Jrpp.V4i1.1819

Yurni Kristina Pakpahan, H. T. , T. N. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Logis Dan Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Aspek Kognitif Siswa Pada Materi Spldv Di Kelas Viii Smpn 1 Pangaribuan T.A.2023/2024. Journal Of Social Science Research, Volume 3, 3665–3676.

Published

2024-05-01

How to Cite

Manurung, S. W. ., Sihombing, D. I. ., & Tambunan, H. . (2024). PEMBELAJARAN DENGAN METODE INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(1), 96–103. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.1293

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.