Hubungan Media Pembelajaran Digital Dengan Literasi Digital Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Agama Buddha

Penulis

  • Trina Ristiani STIAB Smaratungga, Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia
  • Kabul Praptiyono STIAB Smaratungga, Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia
  • Budiyanto Budiyanto STIAB Smaratungga, Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v6i1.1808

Kata Kunci:

Media Pembelajaran Digital, Literasi Digital, Peserta Didik Beragama Buddha

Abstrak

Studi yang dilakukan memiliki tujuan mengkaji korelasi penggunaan media pembelajaran secara digital dan keterampilan berliterasi digital  siswa beragama Buddha pada kegiatan pembelajaran tahun ajaran 2024/2025. Fokus utama penelitian adalah untuk mengetahui bentuk hubungan, arah, serta tingkat keeratan antara kedua variabel tersebut. Fenomena yang diamati pada peserta didik Agama Buddha di SMA Negeri 1 Ampel menunjukkan bahwa meskipun pemanfaatan media digital dalam pembelajaran cukup aktif, kemampuan peserta didik dalam memahami, mengevaluasi, dan mengelola informasi digital belum optimal. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Data dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur yang diberikan kepada seluruh populasi berjumlah 18 responden. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat arah hubungan positif dan tingkat keeratan tergolong kuat dengan kontribusi sebesar 73% atau 0.73 antara pemakaian media pembelajaran digital dengan literasi digital. Hal ini menunjukkan meningkatnya penggunaan media pembelajaran digital, maka literasi digital peserta didik juga akan meningkat. Sementara itu, 27% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel yang diteliti. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa integrasi media digital yang tepat dapat memperkuat literasi digital dalam konteks pembelajaran berbasis nilai-nilai Buddhis. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengembangkan model intervensi digital berbasis etika dan spiritualitas dalam konteks pendidikan keagamaan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hanafi, M. I., Musthofa, I., & Safi’i, I. (2023). Analisis Hubungan Tingkat Literasi Keagamaan dengan Pemahaman Siswa kelas VII pada Mata Pelajaran PAI di SMP Islam Al-Amin Malang. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 8(5), 280–289.

Hartati, M., Ario, F., Nurhafni, Imayanti, R., & Andrian, Y. (2020). Panduan Gerakan literasi Sekolah di SMA Tahun 2020. Kemendikbud, (1), 1–64.

Hasna Nur Alifah, Umi Virgianti, Muhammad Imam Zamah Sarin, Dicky Amirul Hasan, Fina Fakhriyah, & Erik Aditia Ismaya. (2023). Systematic Literature Review: Pengaruh Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(3), 103–115. https://doi.org/10.54066/jikma.v1i3.463

Januar, M. C., Jamaludin, U., Legiani, W. H., Info, A., & Kunci, K. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI AKSI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK SEBAGAI WARGA DIGITAL. Journal of Educational Learning and Innovation, 2(2), 183. https://doi.org/10.46229/elia.v2i2

Joko Adi Pradana, Julia Surya, Sakawana Sakawana, Bayu Wiradharma, & Mai Triana. (2024). Peran Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Berdasarkan Kajian Sutta Pitaka. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 82–90. https://doi.org/10.47861/jdan.v2i1.749

Putri, S. R., & Ahmadi, F. (2023). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Literasi Digital, Minat Baca dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 7(3), 446–455. https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.66997

Ramadhani, R., & Bina, N. S. (2021). STATISTIKA PENELITIAN PENDIDIKAN : Analisis Perhitungan Matematis dan Aplikasi SPSS. KENCANA. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Statistika_Penelitian_Pendidikan_Analisi/0WFHEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&kptab=getbook

Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, & Muhamad Rizal Zulfikar. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Rizqiya, N. W., & Pebri Setiani, P. (2024). DIGITALISASI MEDIA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA KELAS VIl MTs. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 49–54. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.1942

Sitorus, Z. (2024). Buku panduan praktis analisis statistik untuk penelitian skripsi, thesis, dan disertasi. PT Media Penerbit Indonesia.

Vira Amelia, Darmansyah, & Yanti Fitria. (2023). Pemanfaatan Platform Let’s Read Dalam Mendukung Kegiatan Literasi Siswa. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 08, 2548–6950.

Yates, S. J., & Carmi, E. (2024). Digital Inclusion. International Policy and Research. Retrieved from https://link.springer.com/book/10.1007/978-3-031-28930-9

Zahra, N. (2023). Meningkatkan Inklusi dalam Indeks Literasi Digital Nasional: Dari Pengukuran hingga Pemberdayaan - Ringkasan Kebijakan CIPS. Center For Indonesian Policy Studies, (19), 1–23.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-18

Cara Mengutip

Ristiani, T. ., Praptiyono, K. ., & Budiyanto, B. (2025). Hubungan Media Pembelajaran Digital Dengan Literasi Digital Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Agama Buddha. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 6(1), 100–107. https://doi.org/10.56667/dejournal.v6i1.1808

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.