Hubungan Media Pembelajaran Digital Dengan Literasi Digital Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Agama Buddha
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v6i1.1808Kata Kunci:
Media Pembelajaran Digital, Literasi Digital, Peserta Didik Beragama BuddhaAbstrak
Studi yang dilakukan memiliki tujuan mengkaji korelasi penggunaan media pembelajaran secara digital dan keterampilan berliterasi digital siswa beragama Buddha pada kegiatan pembelajaran tahun ajaran 2024/2025. Fokus utama penelitian adalah untuk mengetahui bentuk hubungan, arah, serta tingkat keeratan antara kedua variabel tersebut. Fenomena yang diamati pada peserta didik Agama Buddha di SMA Negeri 1 Ampel menunjukkan bahwa meskipun pemanfaatan media digital dalam pembelajaran cukup aktif, kemampuan peserta didik dalam memahami, mengevaluasi, dan mengelola informasi digital belum optimal. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Data dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur yang diberikan kepada seluruh populasi berjumlah 18 responden. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat arah hubungan positif dan tingkat keeratan tergolong kuat dengan kontribusi sebesar 73% atau 0.73 antara pemakaian media pembelajaran digital dengan literasi digital. Hal ini menunjukkan meningkatnya penggunaan media pembelajaran digital, maka literasi digital peserta didik juga akan meningkat. Sementara itu, 27% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel yang diteliti. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa integrasi media digital yang tepat dapat memperkuat literasi digital dalam konteks pembelajaran berbasis nilai-nilai Buddhis. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengembangkan model intervensi digital berbasis etika dan spiritualitas dalam konteks pendidikan keagamaan.
Unduhan
Referensi
Hanafi, M. I., Musthofa, I., & Safi’i, I. (2023). Analisis Hubungan Tingkat Literasi Keagamaan dengan Pemahaman Siswa kelas VII pada Mata Pelajaran PAI di SMP Islam Al-Amin Malang. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 8(5), 280–289.
Hartati, M., Ario, F., Nurhafni, Imayanti, R., & Andrian, Y. (2020). Panduan Gerakan literasi Sekolah di SMA Tahun 2020. Kemendikbud, (1), 1–64.
Hasna Nur Alifah, Umi Virgianti, Muhammad Imam Zamah Sarin, Dicky Amirul Hasan, Fina Fakhriyah, & Erik Aditia Ismaya. (2023). Systematic Literature Review: Pengaruh Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(3), 103–115. https://doi.org/10.54066/jikma.v1i3.463
Januar, M. C., Jamaludin, U., Legiani, W. H., Info, A., & Kunci, K. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI AKSI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK SEBAGAI WARGA DIGITAL. Journal of Educational Learning and Innovation, 2(2), 183. https://doi.org/10.46229/elia.v2i2
Joko Adi Pradana, Julia Surya, Sakawana Sakawana, Bayu Wiradharma, & Mai Triana. (2024). Peran Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Berdasarkan Kajian Sutta Pitaka. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 82–90. https://doi.org/10.47861/jdan.v2i1.749
Putri, S. R., & Ahmadi, F. (2023). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Literasi Digital, Minat Baca dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 7(3), 446–455. https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.66997
Ramadhani, R., & Bina, N. S. (2021). STATISTIKA PENELITIAN PENDIDIKAN : Analisis Perhitungan Matematis dan Aplikasi SPSS. KENCANA. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Statistika_Penelitian_Pendidikan_Analisi/0WFHEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&kptab=getbook
Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, & Muhamad Rizal Zulfikar. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Rizqiya, N. W., & Pebri Setiani, P. (2024). DIGITALISASI MEDIA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA KELAS VIl MTs. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 49–54. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.1942
Sitorus, Z. (2024). Buku panduan praktis analisis statistik untuk penelitian skripsi, thesis, dan disertasi. PT Media Penerbit Indonesia.
Vira Amelia, Darmansyah, & Yanti Fitria. (2023). Pemanfaatan Platform Let’s Read Dalam Mendukung Kegiatan Literasi Siswa. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 08, 2548–6950.
Yates, S. J., & Carmi, E. (2024). Digital Inclusion. International Policy and Research. Retrieved from https://link.springer.com/book/10.1007/978-3-031-28930-9
Zahra, N. (2023). Meningkatkan Inklusi dalam Indeks Literasi Digital Nasional: Dari Pengukuran hingga Pemberdayaan - Ringkasan Kebijakan CIPS. Center For Indonesian Policy Studies, (19), 1–23.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten