Pengembangan Instrumen Evaluasi IPA Berbasis Platform Wordwall Untuk Siswa Kelas VI SDN 7 Manukaya Pada Materi Tata

Penulis

  • Ni Komang Ayu Ulan Dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Dasar, ITP Markandeya Bali, Indonesia
  • I Wayan Numertayasa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Dasar, ITP Markandeya Bali, Indonesia
  • Putu Beny Pradnyana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Dasar, ITP Markandeya Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v6i1.1815

Kata Kunci:

Kata Kunci: Instrumen, Evaluasi, Wordwall, IPA.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kebutuhan guru dalam menerapkan instrumen evaluasi pembelajaran IPA berbasis game edukasi Wordwall pada materi tata surya di kelas VI SD N 7 Manukaya; (2) Mengetahui prototipe instrumen evaluasi berbasis Wordwall yang dikembangkan; dan (3) Mengetahui validitas instrumen tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan tahapan: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi. Teknik pengumpulan data meliputi angket tertutup, wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi, dengan subjek penelitian guru dan siswa SD N 7 Manukaya serta objeknya adalah instrumen evaluasi pembelajaran. Validasi dilakukan oleh tiga orang ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru sangat membutuhkan instrumen evaluasi berbasis web karena evaluasi tertulis cenderung membosankan bagi siswa; (2) Prototipe dikembangkan dalam bentuk kuis interaktif dengan 25 soal yang ditampilkan melalui game edukasi di platform Wordwall; (3) Hasil validasi menunjukkan skor rata-rata sebesar 86, yang termasuk dalam kategori valid. Dengan demikian, instrumen ini layak digunakan sebagai alternatif evaluasi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amril, Darniyanti, Y., & Sapitri, D. R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Wordwall Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 9593.

Anggrayni, M., Susilawati, W. O., Batuzzulfa, A., Putri, D. A., & Kharisna, F. (2024). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Ipas Berbasis Model Project Based Learning (Pjbl) Pada Kelas Iv Di Sdn 06 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. 5(2), 881–889. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal

Anisa Auliya. (2021). Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Wordwall.

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. In Bumi Aksara (Vol. 137).

Bloom, B., S., Madaus, G. S., & Hasting, J. (1981). Evaluation to Improve Learning. McGraw Hill Book Company.

Budiarti Bella, S. U. R. M. S. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitifmenggunakanaplikasi Wordwallpada Pembelajaran Tematik Kelas 4. Borneo Journal of Primary Education.

Darmayanti, N. W. S. P. E. A. N. K. A. U. D. N. K. S. P. N. Y. W. K. (2023). Pendampingan Kerja Praktik Kit Science Math Aplikatif Bagi Guru Sekolah Dasar Negeri 7 Manukaya. 7(3).

Darmayanti, N. W., Suantara, I. W., Astuti, N. P. E., Ulan Dari, N. K. A., Sri Partini, N. K., & Wulandari, K. Y. (2023). Evaluasi Peningkatan Guru Dalam Penyusunan Panduan Praktikum Ipa Bermuatan Karakter.

Davis, F. D. (1989). Davis, Fred D. “Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology.” MIS quarterly (1989): 319-340. MIS Quarterly, 13(3).

Deterding, S., Dixon, D. , Khaled, R., & Nacke. (2011). From game design elements to gamefulness: Defining “Gamification.” Proceedings from MindTrek ’11, 1(1).

Dewi, I. A., Suardana, I. P. O., & Numertayasa, I. W. (2021a). Dengan Memanfaatkan Cerita Folklor Bali. 4(1), 53–59.

Dewi, I. A., Suardana, I. P. O., & Numertayasa, I. W. (2021b). Pengembangan Bahan Bacaan Literasi Kelas Rendah Dengan Memanfaatkan Cerita Folklor Bali. Jurnal Elementary, 4(1), 53–59.

Fadilah, N., Misbahudholam AR, M., & Kuswandi, I. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Wordwall Terhadap Hasil Belajar Ipas Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 12(1), 56–66. https://doi.org/10.38048/jipcb.v12i1.4701

Goreti Raga Moi, M., Yuliana Kua, M., Wayan Suparmi, N., & Mahendra, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Papan Pintar Pada Materi Ekosistem Siswa Kelas V Sdi Dhereisa. 5(1), 314–324. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal

Hasiholan, R., Sekolah, H., Agama, T., Kupang, K. N., & Tenggara Timur, N. (2019). Instrumen Evaluasi Non-Tes dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif dan Psikomotorik. In Copyright©. http://www.jurnalbia.com/index.php/bia

Indra Sukma, K., Handayani, T., & Muhammadiyah Hamka, U. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2767

Juliyanti, H., Nurfirdaus, N., Sutisna, A., Stkip, P., & Kuningan, M. (2024). Pengembangan Media Web Wordwall Berbasis Audio Visual Sebagai Alat Evaluasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Kelas V Sdn Gereba.

Khoerunnisa, T. F., Lina Novita, & Santa. (2023). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Wordwall Pada Materi Siklus. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri.

Komang, N., Agustin, T. J., Gede Margunayasa, I., Kusmariyatni, N. N., Pendidikan Guru, J., & Dasar, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Tps Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Ipa. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2).

Koyan, I. W. (2011). Asesmen dalam Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Larasati, P., Putrayasa, I. B., & Martha, I. N. (2023). Pemanfaatan Media Wordwall.net Sebagai Media Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 395–412. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-3

Latifah, U., & Damayanti, M. I. (2022). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Platform Wordwall.Net Untuk Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar.

Lestari, N. K., Pradnyana, P. B., & Jasa, I. N. (2022). Implementasi Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 3 Belok Tahun Ajaran 2022. 8(5).

Luh, N., Purwati, D., & Beny Pradnyana, P. (2025). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Ipas Di Kelas Iv Sd Negeri 2 Siangan. Wahana Chitta Jurnal Pendidikan, 7(1), 49.

Maulana, A. (2022). Analisis Validtas, Reliabilitas, dan Kelayakan Instrumen Penilaian Rasa Percaya Diri Siswa Article Info ABSTRACT. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(3), 2774–2156.

Misno. (2017). Penerapan Metode Eksperimen Berbasis Kit Ipa Dalam Upaya Mencapai Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pesawat Sederhana Kelas V Sdn 2 Purwasana Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara. In Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian (Vol. 3, Issue 1). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD358

Nenohai, J. M. H., Garak, S. S., Ekowati, C. K., Udil, P. A., Matematika, P., Universitas, F., & Cendana, N. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Matematika Bagi Guru Kelas Rendah Sekolah Dasar Inpres Maulafa Kota Kupang. In Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat (Vol. 2, Issue 2).

Nunnally, J. C., & Bernstein, I. H. (1994). Psychometric theory . New York: McGraw-Hill. In Philosophical Magazine.

Nur Azis, T., & Shalihah, N. M. (2020). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Google Form Taufiq Nur Azis, Nailil Muna Shalihah. 13(1), 54–65. https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i1

Nur Fiari, I. (2024). PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN IPS DI Mts NEGERI 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi.

Saputri, D. D. F. M. A. C. (2023). Pengembangan Soal Evaluasi melalui Game Wordwall untuk Meningkatkan Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(2), 1288–1300. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.5054

Sari, P. M., & Yarz, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi.

Sugiani, N. M. (2021). Penerapanpendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Vi Sd Negeri 4 Tampaksiring Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 Ni Made Sugiani. Pendidikan Dasar RARE Pustaka, 3(2).

Sulistyorini, Y., Napfiah, S., Mufidah, K., Matematika, P., Budi, I., & Malang, U. (2023). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Game Menggunakan Platform Wordwall. In Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika (Vol. 5, Issue 2). http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/prismatika

Waluyo Hadi, Yofita Sari, & Nadra Maulida Pasha. (2024). Analisis Penggunaan Media Interaktif Wordwall terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(2), 466–473. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1570

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Ulan Dari, N. K. A., Numertayasa, I. W., & Pradnyana, P. B. (2025). Pengembangan Instrumen Evaluasi IPA Berbasis Platform Wordwall Untuk Siswa Kelas VI SDN 7 Manukaya Pada Materi Tata . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 6(1), 224–234. https://doi.org/10.56667/de_journal.v6i1.1815

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.