Efektivitas Pembelajaran Game Based Learning Menggunakan Baamboozle Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMAN 1 Kalitidu

Penulis

  • I’is Adelia IKIP PGRI Bojonegoro
  • Rika Pristian Fitri Astuti IKIP PGRI Bojonegoro
  • Dian Ratna Puspananda IKIP PGRI Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v6i1.1819

Kata Kunci:

Game-Based Learning, Baamboozle, Prestasi Belajar.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran game-based learning berbasis media Baamboozle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah 34 siswa kelas XI-6 SMA Negeri 1 Kalitidu. Instrumen pengumpulan data meliputi tes prestasi belajar (pretest dan posttest), observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor dari pretest sebesar 51,32 menjadi 88,09 pada posttest. Uji normalitas menunjukan bahwa data berdistribusi normal (sig. = 0,200), sedangkan hasil uji hipotesis (paired sample t-test) menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,001 (< 0,05), yang menunjukan adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Selain itu, nilai rata-rata gain score sebesar 0,76 dikategorikan tinggi, menunjukkan efektivitas model pembelajaran yang diimolementasikan. Hasil penelitian ini menyataakan bahwa penggunaan media Baamboozle dalam model pembelajaran game-based learning memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Dengan demikian, pendekatan ini layak dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang inovatif, interaktif, dan relevan dengan kebutuhan pendidikan modern.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asmaka, R. (2019). Pengaruh model pembelajaran Game-Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Peluang Kelas Viii Smp Negeri 2 Balen Tahun Pelajaran 2018/2019. In Skripsi.

Azizah, K., Sudirman, A., & Marwati, S. (2024). Implementasi Metode Game-Based Learning (Baamboozle) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 3(1).

Cahyaningrum, Y., Cuhanazriansyah, M. R., Hendrawan, A., & Nafi, N. (2023). Implementasi game based learning ( GBL ) monopoli digital ( MonDig ) dalam pembelajaran mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 8(1), 70–74.

Dasar, D. I. S., Anggraini, H. I., Kusumaningrum, S. R., & Malang, U. N. (2021). Pendidikan Penerapan Media Pembelajaran Game Matematika Berbasis Hots Dengan Metode Digital Game Based Learning ( DGBL ). 2(11), 1885–1896.

Fradani, Ayis Crusma. Stevani, F. F. A. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Baamboozle Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X-1 Sma Negeri 1 Parengan. Prosiding Seminar Nasional, 2 (2), 241–249.

Iffada, N. U., & Efendi, Y. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Bamboozle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Statistika pada Siswa Kelas VII di SMP Dharma Karya UT. 1669–1675.

Laraswati, D. (2021). Digital Game Based Learning Tebak Nama Buah dan Sayuran Dalam Bahasa Inggris Dengan Model Addie. 7(1). https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2

Murti, M., Jais, M., & Rahim, F. (n.d.). Pengaruh Penerapan Metode Game Based Learning (Baamboozle) Sebagai Media Evaluasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP Negeri 40 Bulukumba. Jurnal Kependidikan Media, 12.

Nugraha, S. E., Kurniawati, Z. L., Lumowa, S. V. T., & Turista, D. D. R. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning Berbantuan Media Baamboozle Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Kelas X SMA 2 Tenggarong Sebrang. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 144. https://doi.org/10.25157/jpb.v12i2.15517

Oktariani, M., & Supendi, A. (2024). Game Simulation pada Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas. 3.

Sari, A. N., Astuti, R. P. F., Khoirotunnisa, A. U., & Pristian. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantu Media Plotagon Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Sikap Kreatif Siswa. 3(1), 42–51.

Tri Hartanto, R., Wijaya Kusuma, J., Matematika, P., & Bina Bangsa, U. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning dengan Quiz Game Baambloze terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP. In Original Research.

Ulifatul Khasanah, D., & Marulia TLTobing, V. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning Dengan Bantuan Media Uno Stacko For Question Card Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Topik Bahasan Puisi Rakyat. Jurnal Ilmiah SARASVATI, 3(2).

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Adelia, I., Astuti, R. P. F., & Puspananda, D. R. (2025). Efektivitas Pembelajaran Game Based Learning Menggunakan Baamboozle Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMAN 1 Kalitidu . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 6(1), 187–294. https://doi.org/10.56667/de_journal.v6i1.1819

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.