Implementasi Program Sekolah Menulis dalam Mengasah Efikasi Diri Melalui Persuasi Verbal Santri di Pesantren Putri Walisongo Cukir Jombang
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v6i2.1877Kata Kunci:
Sekolah Menulis, Efikasi Diri, Persuasi Verbal.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Program Sekolah Menulis dalam mengasah efikasi diri santri melalui persuasi verbal di Pondok Pesantren Putri Walisongo Cukir Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini efektif meningkatkan kepercayaan diri santri dalam menulis. Hal ini ditunjukkan oleh meningkatnya efikasi diri santri setelah memperoleh dukungan verbal yang konsisten dari guru dan teman sebaya, serta lingkungan belajar yang suportif. Program ini juga memfasilitasi peningkatan kemampuan berpikir kritis, sistematika penulisan, dan penggunaan bahasa yang baik. Namun, terdapat kendala seperti keterbatasan sarana dan prasarana, kurangnya koleksi buku referensi, serta minimnya akses terhadap teknologi penunjang. Temuan ini menekankan pentingnya peran guru dan teman sebaya dalam memberikan persuasi verbal yang membangun untuk meningkatkan efikasi diri santri, khususnya dalam keterampilan menulis.
Unduhan
Referensi
Al-Qu$r’an Karim. 2010. Mu$shaf Madinah. Bandu$ng: JABAL.
Bandura, A., & Wessels, S. (1997). Self-Efficacy. Cambridge University Press.
House, J. S. (1983). Work Stress and Social Support. Addison-Wesley Series on Occupational Stress.
Kibtiyah, A. (2021). Efikasi Diri Akademik (Sebuah Model Untuk Menumbuhkan Efikasi Diri Akademik Peserta Didik. CV Amerta Media.
Madinah, M. (2010). Al-Isra : 84. JABAL.
Maimanah, A. C., Munib, A., Latipah, E., & Subaidi, S. (2022). Menumbuh-Kembangkan Minat, Efikasi Diri, dan Regulasi Diri pada Anak. Jurnal Buah Hati, 9(1), 27–43.
Pajares, F. (2003). Self-Efficacy Beliefs, Motivation, and Achievement in Writing: A Review of The Literature. Reading &Writing Quarterly, 19(2), 139–158.
Prihastyanti, I., & Sawitri, D. R. (2020). Dukungan Guru dan Efikasi Diri Akademik pada Siswa SMA Semesta Semarang. Jurnal Empati, 7(3), 867–880. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/empati.2018.21740
Salahuddin, A., Sari, F. I., Vinola, D. O., & Prananda, G. (2025). THE MULTICULTURAL VALUES IN THE NOVEL “ 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA ” AND THEIR APPLICATION IN LITERARY EDUCATION. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 7(1), 776–790.
Satoni, D., & Komariah, A. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung: Alfabeta.
Usher, E. L., & Pajares, F. (2008). Sources of Self-Efficacy in School: Critical Review of The Literature and Future Directions. Review of Educational Research, 78(4), 751–796.
Yusuf, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenada Media Group.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten