Implementasi Program Sekolah Menulis dalam Mengasah Efikasi Diri Melalui Persuasi Verbal Santri di Pesantren Putri Walisongo Cukir Jombang

Penulis

  • Azizah Asmaul Fauzi Universitas Hasyim Asy’ari
  • Asriana Kibtiyah Universitas Hasyim Asy’ari
  • Hanifudin Hanifudin Universitas Hasyim Asy’ari
  • Khoirotul Idawati Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v6i2.1877

Kata Kunci:

Sekolah Menulis, Efikasi Diri, Persuasi Verbal.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Program Sekolah Menulis dalam mengasah efikasi diri santri melalui persuasi verbal di Pondok Pesantren Putri Walisongo Cukir Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini efektif meningkatkan kepercayaan diri santri dalam menulis. Hal ini ditunjukkan oleh meningkatnya efikasi diri santri setelah memperoleh dukungan verbal yang konsisten dari guru dan teman sebaya, serta lingkungan belajar yang suportif. Program ini juga memfasilitasi peningkatan kemampuan berpikir kritis, sistematika penulisan, dan penggunaan bahasa yang baik. Namun, terdapat kendala seperti keterbatasan sarana dan prasarana, kurangnya koleksi buku referensi, serta minimnya akses terhadap teknologi penunjang. Temuan ini menekankan pentingnya peran guru dan teman sebaya dalam memberikan persuasi verbal yang membangun untuk meningkatkan efikasi diri santri, khususnya dalam keterampilan menulis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Al-Qu$r’an Karim. 2010. Mu$shaf Madinah. Bandu$ng: JABAL.

Bandura, A., & Wessels, S. (1997). Self-Efficacy. Cambridge University Press.

House, J. S. (1983). Work Stress and Social Support. Addison-Wesley Series on Occupational Stress.

Kibtiyah, A. (2021). Efikasi Diri Akademik (Sebuah Model Untuk Menumbuhkan Efikasi Diri Akademik Peserta Didik. CV Amerta Media.

Madinah, M. (2010). Al-Isra : 84. JABAL.

Maimanah, A. C., Munib, A., Latipah, E., & Subaidi, S. (2022). Menumbuh-Kembangkan Minat, Efikasi Diri, dan Regulasi Diri pada Anak. Jurnal Buah Hati, 9(1), 27–43.

Pajares, F. (2003). Self-Efficacy Beliefs, Motivation, and Achievement in Writing: A Review of The Literature. Reading &Writing Quarterly, 19(2), 139–158.

Prihastyanti, I., & Sawitri, D. R. (2020). Dukungan Guru dan Efikasi Diri Akademik pada Siswa SMA Semesta Semarang. Jurnal Empati, 7(3), 867–880. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/empati.2018.21740

Salahuddin, A., Sari, F. I., Vinola, D. O., & Prananda, G. (2025). THE MULTICULTURAL VALUES IN THE NOVEL “ 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA ” AND THEIR APPLICATION IN LITERARY EDUCATION. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 7(1), 776–790.

Satoni, D., & Komariah, A. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung: Alfabeta.

Usher, E. L., & Pajares, F. (2008). Sources of Self-Efficacy in School: Critical Review of The Literature and Future Directions. Review of Educational Research, 78(4), 751–796.

Yusuf, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenada Media Group.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-08

Cara Mengutip

Fauzi, A. A., Kibtiyah, A., Hanifudin, H., & Idawati, K. (2025). Implementasi Program Sekolah Menulis dalam Mengasah Efikasi Diri Melalui Persuasi Verbal Santri di Pesantren Putri Walisongo Cukir Jombang. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 6(2), 1–6. https://doi.org/10.56667/de_journal.v6i2.1877

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.