Strategi Sekolah Dalam Menanamkan Dimensi Beriman Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia Di Sds Islam Terpadu
Profil Pelajar Pancasila Dimensi Beriman Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v6i2.1887Kata Kunci:
Strategi Sekolah, Profil Pelajar Pancasila, Dimensi Beriman Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, SDS Islam TerpaduAbstrak
SDS IT Al-Bina 01 Koto Baru merupakan lembaga pendidikan yang menonjol dalam pembentukan karakter siswa, khususnya pada salah satu dimensi Profil Pelajar Pancasila (P3), yaitu keimanan, ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta akhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi yang diterapkan oleh sekolah dalam menanamkan nilai-nilai tersebut melalui berbagai aspek, seperti aspek keagamaan, kepribadian, hubungan sosial, hubungan dengan alam, serta kecintaan terhadap bangsa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan data, digunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa sekolah menerapkan strategi berbasis pada pendekatan moral knowing, moral feeling, dan moral action. Strategi ini diimplementasikan melalui berbagai program seperti penetapan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), aturan disiplin sekolah, program unggulan, kegiatan rutin, serta penggunaan buku penghubung antara guru dan orang tua. Semua ini dirancang untuk menanamkan nilai keimanan dan akhlak mulia kepada siswa di lingkungan Sekolah Dasar Islam Terpadu. Pendekatan ini terbukti efektif dalam menumbuhkan nilai-nilai religius dan karakter luhur pada siswa.
Unduhan
Referensi
Ahmadi Muhammad Zul, Haris Hasnawi, & Akbal Muhammad. (2020). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Phinisi Integration Review, 3(2), 306.
Ali, P. P., & Marzuki, I. (2023). Penguatan Karakter Religius Siswa melalui Pembiasaan di UPT SD Negeri 119 Gresik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 40–45. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.735
Anam, H., & Achadi, M. W. (2023). Risalah : Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Implementasi Pendidikan Aqidah Akhlak dalam Pembentukan Karakater Religius pada Siswa di SDIT Bengkulu Selatan. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(1), 409–422.
Anggarayni, M Sari, A. M. (2019). Peningkatan Kosumsi Sayur pada Anak Melalui Kegiatan Menanam Sayur. Jurnal Pelita PAUD, 4(1), 14–21. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i1.822
Anggrayni, M, Wiwik okta susilawati, S. (2025). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS II SEKOLAH DASAR. 10.
Anggrayni, M., Amril, & Vilda Agustina. (2023). Pengembangan Asesmen Diagnostik Ipas Dalam Kurikulum Merdeka Kelas Iv Sdn 01 Sitiung. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5812–5820. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1375
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Chastanti, I., & Munthe, I. K. (2019). PENDIDIKAN KARAKTER PADA ASPEK MORAL KNOWING TENTANG NARKOTIKA PADA SISWA. 6(1), 26–37.
Darmadi, A. E. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan dan Berakhlak Mulia di SD. National Conference For Ummah (NCU), 1(1), 328–331.
Heri Cahyono. (2016). No PENDIDIKAN KARAKTER: STRATEGI PENDIDIKAN NILAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS. 02.
Kholidah, Hidayat, Jamaludin, L. (2023). PEMBENTUKAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA BERUPA BERIMAN BERTAQWA KEPADA TUHAN YME MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 43(4), 342–346.
Khudriah, H. H., & Lubis M. Fauzi. (2018). Problematika Pembinaan Akhlak Siswa di MTs Al Mahrus Mabar Hilir Medan. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan, 3(1), 66–78. https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/sabilarrasyad/article/view/471
Laia, B., & Suastra, W. (2024). Profil Pancasila Di Sekolah Ditinjau Dari Perspektif Filosofi Ki Hajar Dewantara. 12(1), 432–439.
Mumtaz, J., Islam, M. P., Tinggi, S., Tarbiyah, I., Batam, H., Jawab, T., Patoni, A., Pendidikan, M., & Islam, A. (2022). TANGGUNG JAWAB LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMPERBAIKI MORAL BANGSA ( STUDI ANALISIS TUJUAN PENDIDIKAN DALAM UU ) 2(2), 77–90.
Nabila, A., & Wirdati. (2023). Enam Dimensi Profil Pelajar Pancasila Perspektif Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21708–21718. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/9759
Nazaruddin. (2024). Pembinaan Akhlak Siswa Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal IHSAN Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 213–226. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.169
Permatasari, N. S. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar di Era 4.0. Al-Abshar: Journal of Islamic Education Management, 2(2), 176–189. https://doi.org/10.58223/al-abshar.v2i2.107
RAHAYUNINGSIH, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925
Susilawati, wiwik okta. (2024). Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah DI SDN 058/II Sari Mulya. Dharmas PGSD, 1(September), 559–569.
Susilawati, W. O. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Perkembangan Sosial Aud Berbasis Karakter Menggunakan Software Flipbook Maker. Inspiratif Pendidikan, 10(2), 1. https://doi.org/10.24252/ip.v10i2.23519
Susilawati, W. O., Anggrayni, M., & Kustina. (2023). Pengembangan Modul P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Fase B Tema Kewirausahaan Di Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9799–9812.
Susilawati, W. O., Friska, S. Y., & Yustika, S. I. (2023). Pengembangan E-Modul Pendidikan Pancasila Kelas IV dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Journal Of Social Science Research, 3(2), 7976–7987.
Susilawati, W. O., Veriyani, F. T. V., Pratiwi, Y., Sari, T. A. N., & Riani, S. (2022). Pengembangan buku ajar digital PPKn SD terintegrasi profil pelajar Pancasila dalam mendukung kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 187–201. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.452
Syafi’i, F. F. (2021). Merdeka belajar: sekolah penggerak. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” November, 46–47.
Syahfitra, A., & Asro, M. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Akhlaqul Karimah dalam Kehidupan Sehari-hari Siswa SD Negeri 1 Cibugel. Al-Khidmat, 2(2), 58–66. https://doi.org/10.15575/jak.v2i2.5984
Yunita, M. R. (2022). Urgensi Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi. An-Nuur, 12(1), 60–77. https://doi.org/10.58403/annuur.v12i1.106
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten










