ANALISIS KESALAHAN KEBAHASAAN PADA BUKU TEMATIK TEMA 5 PAHLAWANKU KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.226Kata Kunci:
Kesalahan Kebahasaan, Buku, Sekolah DasarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: kesalahan kesalahan tata tulis huruf yang terdapat pada buku tema 5 Pahlawanku kelas IV sekolah dasar (SD), (2) kesalahan huruf kapital , (3) kesalahan tanda baca, dan (4) kesalahan kalimat kurang subjek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas IV Tema 5 Pahlawanku. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, catatan lapangan, studi pustaka, dan baca catat. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kisi-kisi wawancara, kisi-kisi penjaring data, kartu pencatat data, dan data keseluruhan kesalahan kebahasaan. Metode analisis data dilakukan dengan metode agih. Teknik analisis data yang digunakan teknik lesap, ganti, dan sisip. Teknik penyajian analisis data yang digunakan adalah teknik informal. Dari hasil penelitian diketahui ada 4 jenis kesalahan yaitu (1) kesalahan tata tulis huruf ada sembilan kesalahan huruf kapital, (2) kesalahan huruf kapital ada tujuh kesalahan, (3) kesalahan tanda baca ada empat belas kesalahan, dan (4) kesalahan kalimat kurang subjek ada tiga kesalahan. Kesalahan kebahasaan yang paling banyak adalah penulisan tanda baca ada empat belas kesalahan, dan kesalahan yang terkecil kesalahan kalimat kurang subjek ada tiga kesalahan.
Unduhan
Referensi
Anis & Kelik Purwanto. (2020). Penggunaan Pembelajaran Model Word Square Bagi Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Vi Sdn 08 Sitiung. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 1(2), 209–219.
Saputra, R. (2020). Improving Students’ Reading Comprehension by Using Multipass Strategy on Narraritive Text at the Tenth Grade of SMK Start UP Dara Jingga. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 1(2), 220–231.
Fakhrudin, M 2020. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Baku di Perguruan Tinggi dengan Basis Error Analysis”. Universitas Muhammadiyah Purworejo: Surya Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Budaya, Vol. 07, No. 1. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/bahtera/article/view/6352 (Di Akses pada tanggal 3 Februari 2021)
Haryanti, S. A. 2019. “Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital pada Karangan Deskripsi Terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI”. Universitas Indraprasta: Jurnal Kredo: Ilmiah dan Bahasa, Vol. 2, No. 2.
https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/view/3047/111 Diakses pada tanggal 7 Desember 2020)
Moleong, L. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nazir, M. 2013. Metode Penelitian. Bogor. Ghalia Indonesia.
Nurwicaksono, D. B., dan Amelia, D. 2018. “Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Teks Ilmiah Mahasiswa”. Politeknik Negeri Media Kreatif: E-Jurnal Aksis Jurnal pendidikan bahasa dan sastra, Vol. 2, No. 2.
(http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/aksis/article/view/9543 Diakses pada tanggal 20 Oktober 2020
Navianto, A. dan Mustadi, A. 2015. “Analisis Buku Teks Muatan Tematik Integratif, Scientific, Approach, dan Authentic Assessment Sekolah Dasar”. Universitas Negeri Yogyakarta: Jurnal Kependidikan, Vol. 45, No. 1-16. ( https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/7181 Diakses pada tanggal 11 Desember 2020
Priyatni, D., Bagiya., dan Faizah, U. 2019. “Analisis Tindak Tutur Direktif dan Ekspresif Pada Novel Pesawat Kertas Terakhir Karya Agnes Davonar. Universitas Muhammadiyah Purworejo”. Surya Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 1, No. 07.
(http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/suryabahtera/article/view/5994/5327 Diakses pada tanggal 12 oktober 2020)
Ratnaningsih, A. 2018. Bahasa Indonesia untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Yogyakarta: Media Akademi.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Analisis Bahasa Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara linguistik. Yogyakarta: Duta Wacana University Press
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten