Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VII C SMP Negeri 1 Koto Baru pada Materi Garis dan Sudut

Penulis

  • Widiastuti Widiastuti

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.300

Kata Kunci:

Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemberian tugas atau latihan, hanya sebagian anak yang mau mencari jawaban untuk menjawab soal yang dianggap sulit bagi mereka. Siswa yang tidak mau berusaha atau malas mencari jawaban, hanya menjawab sembarangan sehingga hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa melalui strategi pembelajaran kooperatif  tipe Problem Based Learning (PBL) kelas VII C SMP Negeri 1 Koto Baru pada materi bentuk Garis dan Sudut. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan tes. Subjek peneliti adalah guru, peneliti dan siswa kelas VII C yang berjumlah 30 orang. Hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif  tipe Problem Based Learning (PBL) pada siklus I dan II mengalami peningkatan, dimana nilai rata-rata pada siklus I diperoleh rata-rata 66,33 dan siklus II dengan rata-rata 89,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif  tipe Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Koto Baru.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggraini, T. D., & Wahyuno, E. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Dadu Terhadap Kemampuan Berhitung Pada Anak Tunagrahita Kelas 1. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan ….

Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21. Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Fauzi, A., & Setiawan, H. (2020). Etnomatematika: Konsep Geometri pada Kerajinan Tradisional Sasak dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4690

Ricky, Z. (2020). Peningkatan Hasil Pembelajaran Bola Basket Melalui Pendekatan Bermain Siswa Sman 1 Pulau Punjung Dharmasraya. Journal Of Dehasen Educational Review, 1(2), 86–92. https://doi.org/10.33258/jder.v1i2.1045

Saputra, R. (2020). Improving Students’ Reading Comprehension by Using Multipass Strategy on Narraritive Text at the Tenth Grade of SMK Start UP Dara Jingga. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 1(2), 220–231.

Sholekah, F. F. (2020). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R&D. In Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1007/s11116-011-9347-8

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-30

Cara Mengutip

Widiastuti, W. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VII C SMP Negeri 1 Koto Baru pada Materi Garis dan Sudut . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(1), 170–176. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.300

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.