UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Penulis

  • Suriana Suriana SDN 57/X Kampung Laut

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.430

Kata Kunci:

Hasil Belajar, IPA, Problem Based Learning

Abstrak

Riset ini dilatarbelakangi oleh minimnya hasil belajar siswa. Tujuan riset ini adalah guna mengetahui bagaimana upaya yang dapat dilakukan guna meningkatkan hasil belajar anak didik pada mata pelajaran IPA lewat aplikasi bentuk kegiatan belajar Problem Based Learning (PBL) di Kelas VA SDN 57/X Kampung Laut. Riset ini memakai tata cara riset aksi kategori (PTK). PTK yang dipakai adalah riset partisipan. Rancangan penelitian mengarah pada model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart adalah terdapatnya perancangan (planning), aksi (action), observasi (observing), serta refleksi (reflecting) yang dicoba dengan cara siklus. Poin riset ini merupakan siswa kelas VA yang berjumlah 21 Orang. Hasil analisa data kemudian digunakan untuk bahan refleksi pada siklus berikutnya. Perlengkapan pengumpulan informasi yang dipakai merupakan lembar pengamatan, catatan lapangan serta kuesioner. Data hasil lembar pengamatan, catatan lapangan, serta angket dianalisis dengan cara kualitatif. Hasil riset ini pada siklus I memperlihatkan jika 21 orang anak didik ada 13 orang siswa yang yang berhasil (61,90%) serta yang tidak berhasil sebanyak 8 Orang (38,10%), sementara siklus II. siswa terdapat 16 orang siswa yang tuntas (76,20%) dan yang tidak tuntas sebanyak 5 Orang (23,80%), untuk rata-rata nilai sebesar 73,57. Maka sudah memenuhi persentase 70% maka tidak perlu dilakukan ke siklus selanjutnya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Absawati, H. (2020). TELAAH SISTEM PENDIDIKAN FINLANDIA : PENERAPAN SISTEM PENDIDIKAN TERBAIK DUNIA JENJANG SEKOLAH DASAR. Jurnal Elementary : Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar.

Anisa, F., & Yuliyanto, E. (2017). Analisis faktor yang mempengaruhi pembelajaran kimia di sma teuku umar semarang. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Sains, Dan Teknologi.

Asmoro, B. P., & Mukti, F. D. (2019). PENINGKATAN RASA INGIN TAHU ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS VA SEKOLAH DASAR NEGERI KARANGROTO 02. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. https://doi.org/10.36768/abdau.v2i1.28

Darma, D., Khaeruddin, K., & Ristiana, E. (2020). Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Berbasis Model Problem Based Learning Siswa Kelas V Sd. Jurnal Edumaspul.

Desstya, A., Novitasari, I. I., Razak, A. F., & Sudrajat, K. S. (2018). MODEL PENDIDIKAN PAULO FREIRE, REFLEKSI PENDIDIKAN IPA SD DI INDONESIA (Relevansi Model Pendidikan Paulo Freire dengan Pendidikan IPA di Sekolah Dasar). Profesi Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.2745

Dewiyani, L., & Kosasih, M. (2018). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN TEKNIK INDUSTRI UMJ. Prosiding Semnastek.

Juliandri, J., & Anugraheni, I. (2020). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Pedagogy.

Mastika Yasa, P. A. E., & Bhoke, W. (2019). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SD. Journal of Education Technology. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16184

Ngazizah, N., Saputri, D. R., Prahastiwi, F. A., Maulannisa, D., & Safitri, D. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Keterampilan Generik Sains Terintegrasi Karakter Tema 6 Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1), 81–89. https://doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2591

Nugraha, W. S. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA SD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.11907

Patmanidar. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE ( TPS ) DI SEKOLAH DASAR Patmanidar. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 2(1), 79–90.

Rahayu, H., Yetti, E., & Supriyati, Y. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Gerak dan Lagu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.691

Rahayu, M. (2015). PELAKSANAAN STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN NGEMPLAK KABUPATEN SLEMAN. JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i1.4929

Riyansyah, Suparman, F., & Agustiani, T. (2020). ANALISIS DESKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 03 SIMPENAN. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.

Saodah, Pratiwi, A. R., Pratiwi, S. A., & Halimah, S. (2020). Pengunaan Media dalam Pembelajaran PKn SD. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah.

Simatupang, H. (2019). Strategi Belajar Mengajar Abad-21. Pustaka Media Guru.

Suharyanto, E. H. P. (2019). Pengembangan Kurikulum Berbasis Pendidikan Karakter (Telaah Pengembangan Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam). Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.38073/jpi.v8i1.103

Zainal. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penyusunan RPP Berbasis HOTS melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah. Lentera Jurnal Ilmiah Kependidikan.

Unduhan

Diterbitkan

2021-09-28

Cara Mengutip

Suriana, S. (2021). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(2), 265–277. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.430

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.