PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIK BERBASIS MIND MAPPING PADA TEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SD NEGERI 2 PACOR

Penulis

  • Zumrotus Sholihah Fahrudin Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Titi Anjani Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Riawan Yudi Purwoko Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.572

Kata Kunci:

mind mapping, media, pembelajaran elektronik

Abstrak

Media pembelajaran adalah peralatan fisik yang dibuat secara tersusun untuk  menyampaikan informasi dan berinteraksi dengan audiens. Media mind mapping adalah pemetaan pemikiran dengan cara kreatif pada setiap materi untuk mencatat yang dipelajari. Pengembangan media pembelajaran dikembangkan secara modern. Media yang akan dikembangkan yakni  media pembelajaran elektronik berbasis mind mapping. Penelitian tersebut bertujuan untuk: (1) mengetahui prosedur pengembangan. (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran mind mapping. Media mind mapping menggunakan metode penelitian ADDIE. Adapun langkah-langkah metode ADDIE sebagai berikut: analysis,design, development,  implementation, dan evaluation.  Hasil penelitian tersebut adalah (1) menghasilkan produk media pembelajaran elektronik berbasis mind mapping. (2) Hasil kelayakan dari media mind mapping oleh ahli media dengan skor rata-rata 3,8 dinyatakan sangat praktis dan ahli materi yakni  3,1 dinyatakan praktis. (3) Kepraktisan media pembelajaran elektronik berbasis mind mapping di ambil dari respon siswa dengan uji coba skala kecil, sedang dan operasional dengan skor rata-rata 3,6; 3,71; 3,75 masuk kriteria sangat praktis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173

Jennings, C. P., Aldinger, S. G., Kangu, F. N., Jennings, C. P., Purba, J. M., & Alotaibi, M. N. (2015). No Titleووو. 3(7), 59–78.

Khasanah, N., Ngazizah, N., & Anjarini, T. (2021). Pengembangan Media Komik Dengan Model Problem Based Learning Pada Materi Daur Hidup Hewan Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 27–28.

Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 516–525.

Nafia Wafiqni, S. N. (2018). Model Pembelajaran Tematik. Al Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islamah.

Nurkamaliah, A., Damayani, A., & Ardiyanto, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantu Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Siswa Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Muhamadiyah 01 Pekalongan. Jurnal Guru Kita (JGK), 2(3), 65–73.

Pane, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran Aprida Pane Muhammad Darwis Dasopang. Fitrah.

Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA LAGU ANAK DALAM PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.830

Qondias, D., Anu, E. L., & Niftalia, I. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Mind Maping Sd Kelas Iii Kabupaten Ngada Flores. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 176. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8590

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R&D. In Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1007/s11116-011-9347-8

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. In Prenata Media Group.

Yousif, N., Cole, J., Rothwell, J. C., Diedrichsen, J., Zelik, K. E., Winstein, C. J., Kay, D. B., Wijesinghe, R., Protti, D. A., Camp, A. J., Quinlan, E., Jacobs, J. V, Henry, S. M., Horak, F. B., Jacobs, J. V, Fraser, L. E., Mansfield, A., Harris, L. R., Merino, D. M., … Dublin, C. (2018). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Journal of Physical Therapy Science, 9(1), 1–11.

رازی, م. ا. ز. (1384). No Titleالحاوی جلد بیستم.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-31

Cara Mengutip

Fahrudin, Z. S., Anjani, T. ., & Purwoko, R. Y. . (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIK BERBASIS MIND MAPPING PADA TEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SD NEGERI 2 PACOR. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(2), 364–370. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.572

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.