The Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Berbasis Karakter Materi Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Pada Subtema 2 Kelas V Sekolah Dasar Negeri Borowetan

Penulis

  • Ade Dwi Cahyani Purworejo Muhammadiyah University

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.580

Kata Kunci:

Pengembangan, Powerpoint Interaktif, Karakter

Abstrak

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media powerpoint interaktif berbasis karakter materi tema 8 lingkungan sahabat kita pada subtema 2 sebagai media pembelajaran siswa kelas V Sekolah Dasar. Media pembelajaran adalah alat yang bisa digunakan untuk membantu proses kegiatan belajar mengajar yang bertujuan untuk memberi stimulus respon kepada siswa supaya pembelajaran menjadi mudah. Penelitian ini menggunakan model pengembangan RnD dari Sugiyono yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation.). Kelayakan media powerpoint interaktif berbasis karakter diperoleh dari validasi ahli media, ahli materi, serta penilaian oleh praktisi. Nilai rata-rata hasil validasi ahli media yaitu 3,61 termasuk dalam kategori “sangat valid” atau sangat layak digunakan. Hasil validasi oleh ahli materi yaitu 3,16 termasuk dalam kategori “valid” atau layak digunakan. Sedangkan, rata-rata hasil penilaian oleh praktisi yaitu 3,72 termasuk dalam kategori “sangat valid” atau sangat layak digunakan. Kepraktisan media powerpoint interaktif berbasis karakter diperoleh dari angket respon siswa. Rata-rata respon siswa uji coba skala kecil yaitu 3,59 skala sedang yaitu 3,53 dan skala operasional yaitu 3,57. Sehingga, hasil dari penilaian respon siswa terhadap media tersebut dikatakan sangat praktis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.
Abstrak viewed = 115 times

Referensi

Ayu, P., & Qohar, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Powerpoint pada Materi Kerucut. 10(2), 119–124.

Chuseri, A., Anjarini, T., Purwoko, R. Y., & Purworejo, U. M. (2021). PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS REALISTIK TERINTEGRASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS ( HOTS ) PADA. 3(1), 18–31. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.18-31

Edusainstek, S. N., Anjarini, T., Yansaputra, G., Purworejo, U. M., & Purworejo, U. M. (2018). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SUB TEMA KEANEKARAGAMAN HEWAN DAN TUMBUHAN BERBASIS. c, 157–165.

Nisak, N. M., Fahyuni, E. F., & Rahmawati, I. M. (2021). European Journal of Education Studies THE DEVELOPMENT OF COMIC FORMATTED. 114–125. https://doi.org/10.46827/ejes.v8i1.3513

Nusaibah, N., & Murdiyani, N. M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Materi Lingkaran untuk Siswa Kelas VIII SMP. 475–482.

Pangestika, R. R. (n.d.). Pengembangan Multimedia Interaktif Adobe Flash ® pada Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Scientific Approach Subtema Keindahan Alam Negeriku. 678(8), 93–106.

Prananda, G. (2020). Pengembngan Media Video Pembelajaran Tema 6 Subtema 2 Untuk Siswa Kelas SD Negeri 17 Pasar Masurai 1. Jurnal Dharma PGSD, 1(1), 38–45.

Putra, Z. H., Witri, G., & Yulita, T. (2019). Development Of Powerpoint-Based Learning Media In Integrated Thematic Instruction Of Elementary School. 8(10).

Siregar, Y. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Pada Materi Teks Fabel Siswa Kelas VII Smp. 11, 44–55.

Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2020). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Microsoft Power Point Siswa Kelas 5 SD. 1(1), 38–48.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-14

Cara Mengutip

Cahyani, A. D. . (2022). The Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Berbasis Karakter Materi Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Pada Subtema 2 Kelas V Sekolah Dasar Negeri Borowetan. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(1), 1–10. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.580

Terbitan

Bagian

Articles