PENGARUH PELAKSANAAN KERJA KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN CIVIC PARTICIPATION MAHASISWA BIOLOGI NONDIK B 2023 DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.601Kata Kunci:
Kerja Kelompok, Civic Participation, MahasiswaAbstrak
Civic participation mahasiswa dalam pelaksanaan kerja kelompok adalah keterlibatan mahasiswa dalam aktivitas kolaboratif yang berfokus pada tujuan bersama. Mahasiswa tidak hanya bekerja untuk menyelesaikan tugas akademik, tetapi juga belajar memahami nilai-nilai seperti kerja sama, tanggung jawab sosial, dan kesadaran akan kontribusi mereka terhadap masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini jumlah responden yang diteliti berjumlah 10 responden. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh kerja kelompok terhadap peningkatan Civic Participation mahasiswa biologi Nondik B 23. Penelitian ini mengungkapkan bahwa kerja kelompok mahasiswa berpengaruh signifikan terhadap civic participation serta pengembangan karakter mahasiswa. Faktor penentu bagi partisipasi aktif mencakup dukungan dari teman sekelompok dan komunikasi efektif, yang meningkatkan semangat mahasiswa untuk berkontribusi dalam kelompok. Partisipasi yang aktif dalam kelompok meningkatkan tanggung jawab dan hubungan antar anggota kelompok untuk meningkatkan kualitas hasil kerja kelompok dan pencapaian tujuan bersama.
Unduhan
Referensi
Adrissina, T. I. W. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Benda Nyata Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di Min 4 Tulungagung. Http://Repo.Uinsatu.Ac.Id/Id/Eprint/9282
Alfajri, M., Edidas, E., & Thamrin, T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Kelistrikan. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(3), 249. Https://Doi.Org/10.24036/Voteteknika.V7i3.105688
Amir, H. (2016). Pada Mahasiswa Pendidikan Kimia Unversitas Bengkulu. Manajer Pendidikan, 10(4), 336–342.
Amni, Z., Ningrat, H. K., & -, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Destinasi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(2), 2840–2848. Https://Doi.Org/10.15294/Jipk.V15i2.25716
Armiani, S., Harisanti, B. M., Dharmawibawa, I. D., Hajiriah, T. L., Mursali, S., & Hardi, B. (2024). Pelatihan Kebun Gizi Organik Sebagai Upaya Pengenalan Mandiri Pangan Pada Mahasiswa Pendidikan Biologi Undikma. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 985–995. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36312/Linov.V9i4.2327
Azizah, N. U. R. (2021). Pengaruh Pelaksanaan Metode Kerja Kelompok Terhadap Hasil Belajar Harian Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Ylpi Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Http://Repository.Uin-Suska.Ac.Id/Id/Eprint/54798
Buulolo, S. (2022). Pengaruh Metode Gallery Walk Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Di Kelas Viii Smp Negeri 1 Lahusa Tahun Pembelajaran 2021/2022. Faguru: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 257–266. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.57094/Faguru.V1i2.703
Daraba, D. (2017). Pengaruh Program Dana Desa Terhadap Tingkat Partisipasi Masyarakat Di Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. Sosiohumaniora, 19(1), 52–58. Http://Eprints.Ipdn.Ac.Id/Id/Eprint/5381
Darmiyanti, K. R., Astra, I. K. B., & Satyawan, I. M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Sepak Sila Dalam Permainan Sepak Takraw. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 136. Https://Doi.Org/10.23887/Jiku.V8i3.29826
Hadiyani, N. (2024). Pengaruh Citizen Science Project Dalam Meningkatkan Keterampilan Riset Dan Pengetahuan Prosedural Peserta Didik Pada Materi Perubahan Lingkungan (Studi Eksperimen Di Kelas X Sma Negeri 4 Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2023/2024). Universitas Siliwangi.
Hendra, F. (2018). Peran Organisasi Mahasiswa Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab. Arabiyat: Journal Of Arabic Education & Arabic Studies/Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 5(1).
Ihsan, I., Eddy, A., Syafruddin, S., & Nila, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iv Di Sdn Inpres Sangiang Wera. Jupe: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(1). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.36312/Jupe.V7i1.3192
Islami, V. H., Soeprianto, H., & Prayitno, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Griya Journal Of Mathematics Education And Application, 1(2), 239–247. Https://Doi.Org/10.29303/Griya.V1i2.48
Jalil, A. (2019). Pengaruh Beban Kerja, Stres Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 1(2), 117–134. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24239/Jipsya.V1i2.14.117-134
Jamilah, J., Sartika, R. P., & Ulfah, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Atom Dan Partikel Penyusunnya. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 10(1), 48–56. Https://Doi.Org/10.31571/Saintek.V10i1.2465
Jauhariningsih, R. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Materi Asam Dan Basa Dengan Menggunakan Inquiry Based Learning (Ibl) Pada Kelas Xi Ipa 2 Sma Negeri 5 Makassar. Journal Nalar Pendidikan, 5(2), 165–170.
Khoiriyah, Z. A. (2023). Implementasi Civic Engagement Dalam Peran Perempuan Dan Kesetaraan Gender (Studi Fenomenologi Di Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan Periode 2022-2023). Fkip Unpas. Http://Repository.Unpas.Ac.Id/Id/Eprint/65141
Marheni, N. K., Jampel, I. N., & Suwatra, I. I. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Stad) Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 351. Https://Doi.Org/10.23887/Jppp.V4i3.27414
Mugiyatmi, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournaments Terhadap Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas Iv Sdn Pacar. Jim: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 799–805.
Muhamad Yutam Soleh, Slamet Sentosa, M. Indrowati. (2014). Studi Komparasi Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X Sma Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2013/201. 3, 1–11.
Najmuddin, A. F., Putri, D. P., Wizkia, S., & Damayanti, R. A. (2024). Gambaran Pemahaman Mahasiswa Universitas Siliwangi Dalam Konsep Literasi Lingkungan (Ekoliterasi Untuk Mewujudkan Kampus Ramah Lingkungan. Jurnal Geografi Vol, 13(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24815/Jimps.V8i2.24895
Ngailo, D. W., Muliadi, A., Adawiyah, S. R., Samsuri, T., & Armansyah, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Empiricism Journal, 2(1), 19–28. Https://Doi.Org/10.36312/Ej.V2i1.583
Novitarum, L., Barus, M., & Gaol, T. R. L. (2019). Hubungan Tipe Kepribadian Dengan Partisipasi Belajar Kelompok Mahasiswa Prodi Nurs. Jurnal Penelitian Keperawatan, 5(1), 10–16.
Pane, A. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Aprida Pane Muhammad Darwis Dasopang. Fitrah, 03(2), 333–352.
Pendidikan, F., Dan, M., & Pengetahun, I. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep Elastisitas Pada Siswa Sma.
Perdana, A., Holilulloh, M. S., Holilulloh, M. S., & Nurmalisa, S. P. (2013). Pengaruh Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Terhadap Keterampilan Sosial Mahasiswa Program Studi Ppkn. Lampung University.
Pitriani, N. N., Noviati, P. R., & Juanda, R. Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbasis Media Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Di Sekolah Dasar. Pi-Math-Jurnal Pendidikan Matematika Sebelas April, 1(1), 1–10.
Ramadhan, B. S. (2024). Analisis Manfaat Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Mbkm) Terhadap Kompetensi Entrepreneurship Mahasiswa. Pendidikan Biologi. Https://Repository.Unja.Ac.Id/Id/Eprint/59947
Risdianto, R., Witarsa, R., & Masrul, M. (2023). Pengaruh Pelaksanaan Kelompok Kerja Guru Terhadap Kedisiplinan Dan Kemampuan Profesional Guru Sekolah Dasar Negeri 14 Banglas. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(2), 179–187. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36379/Autentik.V7i2.301
Situmorang, D. N. R., & Pangaribuan, W. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games And Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Dasarlistrik Dan Elektronika. Jevte: Journal Of Electrical Vocational Teacher Education, 1(2), 123. Https://Doi.Org/10.24114/Jevte.V1i2.29383
Sriningsih, H. (2019). Pengaruh Pelaksanaan Pendekatan Pembelajaran Keterampilan Proses Terhadap Antusiasme Belajarmurid Sd Inpres 12/79 Lonrae Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Universitas Negeri Makassar. Http://Eprints.Unm.Ac.Id/Id/Eprint/13362
Susilawati, E. (2024). Meningkatkan Civic Engagement Mahasiswa Melalui Literasi Digital. Kearifan Lokal Pancasila, Sejarah, Dan Budaya Bangsa, 19.
Syahputri, I. B., & Katimin, K. (2024). Pengaruh Aktivis Mahasiswa Dalam Perubahan Sosial Politik Di Era Digital 5.0. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 7(4), 25–36. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37329/Ganaya.V7i4.3490
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten