The Impementasi Problem Based Learning Dalam Pembelajaran IPA Di Kelas V Mi/SD
A. Konsep Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Atau Pembelajaran Berbasis Masalah, B. Implementasi Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.778Kata Kunci:
Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPAAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran IPA dan hasil belajar siswa. Dengan terdapatnya riset ini pula bertujuan untuk memodifikasi motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, buat mengenali motivasi belajar, metode dalam pendidikan serta area sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Riset ini memakai Metode Pustaka yang bersumber dari buku, jurnal, artikel, google scholar ataupun google cendekia serta lain-lain. Analisis yang dibuat dalam riset ini ialah memakai konten analisis. Analisis isi merupakan penelitian yang dicirikan oleh studi mendalam tentang isi berita tertulis atau cetak di media. Subjek penelitian ini merupakan anak didik kelas V yang berjumlah 24 anak didik. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis perkara bisa mempertinggi proses dan output belajar IPA anak didik kelas V.
Unduhan
Referensi
Abuddin. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana,2011.
Amir ,Taufiq. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta : Kencana Prenada Media Group,2009.
Arends , Richard L. Learning to Teach (Jogjakarta: Pustaka Pelajar, 2008).
Ariani, Resti Fitria. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Muatan IPA.” Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, Vol.4 No. 3 (2020) : 422-432. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/28165.
Astuti ,Tri Pudji. “Model Problem Based Leaning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21.” Proceeding Of Biology Education, Vol.3 No. 1 (2019) : 64-73. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pbe/article/view/12310.
Damayanti,Ida dan Mintohari. “ Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Sekolah DAsar.” Jurnal Pendidikan Dasar, Vol.1 No.1 (2020). https://training.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/76.
Dina,Rifati., Rahma, dan Sudarti. “Analisis Korelasi Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA.” Jurnal Pendidikan MIPA, Vol.12 No.2 (2022) : 198-204. https://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/view/580.
Ekapti , Rahmi Faradisya. “Respon Siswa dan Guru dalam Pembelajaran IPA Terpadu Konsep Tekanan Melalui Problem Based Learning.” Jurnal Pena Sains, Vol.3 No. 2 (2016) : 109-115. https://journal.trunojoyo.ac.id/penasains/article/view/2027.
Endang., Supeno, dan Lilik Sulistyowati. “Implementasi Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran IPA. ” Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.4 No.4 (2022) : 5883-5890. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/3400.
Fauzi, Imron. Etika Profesi Keguruan (Jember : IAIN Jember Press, 2019)
Febriani ,Corry. “Pengaruh Media Video Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Prima Edukasia, Vol. 5 No.1 (2017) : 11-21. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/8461.
Haidir dan Salim. Strategi Pembelajaran. Medan : Perdana Publishing, 2012.
Hamruni. Strategi dan Model Model Pembelajaran Aktif, Menyenangkan, dalam Suyadi, Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung : PT Remaja Rosdakarya,2013.
Handayani, Monika., Harti Puryatmi, dan Hanafi. “Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 4 No. 1 (2022) : 548-555. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1829.
Handayani, Monika., Harti Puryatmi, dan Hanafi. “Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 4 No. 1 (2022) : 548-555. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1829.
Hotimah, Husnul. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berceriya Pada Siswa Sekolah Dasar. ” Jurnal Edukasi, Vol 7 No 2 (2020) : 5-11. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/21599.
Ichasan, Suhaimi, dkk. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis TPACK Terhadap Keterampilan Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA Siswa Tingkat SD Sampai SMA : Sebuah Meta-Analisis.” Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 4 No.5 (2022) : 2173-2181. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6931.
Ichasan., Suhaimi, dkk. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis TPACK Terhadap Keterampilan Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA Siswa Tingkat SD Sampai SMA : Sebuah Meta-Analisis.” Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 4 No.5 (2022) : 2173-2181. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6931.
Ngalimun. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Presindo, 2013.
Nurmala, Ramadhani N, dan Anugraheni I. “Improving Math Learning Activities Through Problem Based Learning Approach For 4 TH Grade Student.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, no. 3 (2017) : 241-250.
Purwita Lepini, Kadek Novi., L Made Suarjana, dan Gede Agus Sudarmawan. “Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, Vol 5 No. 2 (2021) : 278-286. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/37427.
Purwita, Novi., Made Suarjana dan Agus Sudarman. “Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD.” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Vol 5 No.2 (2021) : 278-286. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/37427.
Rahayu, Rina dan Endang W. Laksono FX. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Problem-Based Learning Di SMP.” Jurnal Pendidikan, Vol 45 No. 1 (2015) : 29-43. https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/7184.
Rahma., Sudarti dan Rifati Dina. “Analisis Korelasi Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA. ” Jurnal Pendidikan MIPA, Vol.12 No.2 (2022) : 198-204. https://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/view/580.
Sanjaya , Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada, 2009.
Sanjaya ,Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada, 2009.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada, 2010.
Setyawan, Agung danYulistiana. “Analisis Pemecahan Masalah Pembelajaran IPA menggunakan Model Problem Based Learning SDN Banyuajuh 9.” Prosiding Nasional Pendidikan, Vol. 1 No.1 (2020) : 590-597. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1099.
Suari , Ni Putu. ”Penerapan Model Pembelajaran roblem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol.2 No. 3 (2018) : 241-247. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/16138/9597.
Suari, Ni Putu. ”Penerapan Model Pembelajaran roblem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. ” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol.2 No. 3 (2018) : 241-247. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/16138/9597.
Sulistyowati ,Lilik., Endang, dan Supeno. “Implementasi Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran IPA.” Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.4 No.4 (2022) : 5883-5890. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/3400.
Yulistiana dan Agung Setyawan. “Analisis Pemecahan Masalah Pembelajaran IPA menggunakan Model Problem Based Learning SDN Banyuajuh 9. ” Prosiding Nasional Pendidikan, Vol. 1 No.1 (2020) : 590-597. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1099.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten