PERAN PENDIDIK MATA PELAJARAN PPKn DALAM MEMBENTUK SIKAP TOLERANSI DAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA DI KELAS VII

Authors

  • Klarissa Theodora Br. Purba Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Monalisa Marta Siahaan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Monalisa Marta Siahaan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Lukman Pardede Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Kondios Pasaribu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.1282

Keywords:

Peran Pendidikan, PPKn, Toleransi, Kepedulian Sosial, Siswa Kelas VII

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pendidik mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam membentuk sikap toleransi dan kepedulian sosial siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pancur Batu. Nilai-nilai toleransi dan kepedulian sosial merupakan bagian yang penting dari pendidikan karakter yang harus ditanamkan sejak dini, khususnya melalui pembelajaran PPKn yang memuat materi tentang keberagaman, hak asasi manusia, dan kehidupan bermasyarakat. Penelitian inni menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PPKn dan siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pancur Batu. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PPKn memiliki peran strategis dalam membentuk sikap toleransi dan kepedulian sosial siswa melalui metode belajar yang variatif, nasihat, dan pendekatan nilai pancasila dalam kegiatan belajar mengajar. Guru juga menghadapi beberapa kendala seperti latar belakang siswa yang berbeda, kurangnya kesadaran siswa, keterbatasan waktu dalam menyampaikan materi. Namun, guru tetap berupaya mengatasi kendala tersebut melalui komunikasi,serta kerjasama dengan pihak sekolah. Dengan demikian, peran guru PPKn sangat penting dalam membentuk karakter siswa agar memiliki sikap toleransi dan kepedulian sosial dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Klarissa Theodora Br. Purba, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Monalisa Marta Siahaan, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Monalisa Marta Siahaan, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Lukman Pardede, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Kondios Pasaribu, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

References

Anwar, R. N. (2022). Peran Mata Kuliah Modul Nusantara Dalam Peningkatan Sikap Toleransi Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(2), 646–655. Https://Doi.Org/10.47668/Pkwu.V10i2.471

Asrifah, S., Solihatin, E., Arif, A., Rusmono, & Iasha, V. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sdn Pondok Pinang 05. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30), 183–193. Https://Doi.Org/10.36456/Bp.Vol16.No30.A2719

Charismana, D. S., Retnawati, H., & Dhewantoro, H. N. S. (2022). Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Indonesia: Kajian Analisis Meta. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Pkn, 9(2), 99–113. Https://Doi.Org/10.36706/Jbti.V9i2.18333

Chikam, M. A. M., & Sulis Rokhmawanto, M. S. I. (2021). Implementasi Manajemen Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Sikap Toleransi Positif Di Smp Negeri 21 Purworejo. Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (Iainu) Kebumen. Http://Eprints.Iainu-Kebumen.Ac.Id/Id/Eprint/264

Darniyanti, Y., Efriani, N., & Susilawati, W. O. (2021). Pengembangan Media Komik Penerapan Sila Pancasila Ppkn Kelas 3 Di Sekolah Dasar Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Pendidikan, 30(3), 455. Https://Doi.Org/10.32585/Jp.V30i3.1789

Dewi, L., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Penanaman Sikap Toleransi Antar Umat Beragama Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8060–8064. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V5i3.2299

Herpratiwi, N., Herpratiwi, H., & Adha, M. M. (2022). Efektifitas Pembelajaran Ppkn Dengan Menggunaan Lms Google Classroom Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 10(1), 1–13. Https://Doi.Org/Http://Doi.Org/10.25273/Citizenship.V10i1.14600

Marpuah, M. (2019). Toleransi Dan Interaksi Sosial Antar Pemeluk Agama Di Cigugur, Kuningan. Harmoni, 18(2), 51–72. Https://Doi.Org/10.32488/Harmoni.V18i2.309

Marwah Sholihah, & Nurrohmatul Amaliyah. (2022). Peran Guru Dalam Menerapkan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 898–905. Https://Doi.Org/10.31949/Jcp.V8i3.2826

Nedya Sanistyasari, I. G. A., Putra, M., & Suniasih, N. W. (2020). Pengaruh Metode Karyawisata Fantasi Di Lingkungan Sekolah Berbantuan Media Majalah Dinding Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ppkn. Mimbar Ilmu, 25(1), 53. Https://Doi.Org/10.23887/Mi.V25i1.24477

Perdana, A., Holilulloh, M. S., Holilulloh, M. S., & Nurmalisa, S. P. (2013). Pengaruh Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Terhadap Keterampilan Sosial Mahasiswa Program Studi Ppkn. Lampung University.

Putri, D. Y. (2022). Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Melalui Pengembangan Model Learning Cycle 7e Setting Peer Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(1), 238. Https://Doi.Org/10.17977/Um019v7i1p238-245

Riandini, P. V. A., Sudatha, I. G. W., & Parmiti, D. P. (2020). Korelasi Antara Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ppkn. Mimbar Pgsd Undiksha, 8(3), 468–478. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V8i3.26072

Ridho, A. (2018). Internalisasi Sikap Toleransi Siswa Madrasah Di Lingkungan Vihara Avalokitesvara. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 8(2), 1011–1030. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32806/Jf.V8i2.3293

Rosaria Indah Siregar. (2022). Strategi Guru Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Pada Siswa Dalammenanggapi Perbedaan Keyakian Di Uptd. Sd Negeri 15 Sabunganlabuhanbatu Selatan. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 127–132.

Sa’adiyyah, A. M., & Nurahmawati, A. (2021). Upaya Guru Ppkn Dalam Mengimplementasikan Sikap Kedisiplinan Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Smp Islam Daarul Yaqiin Kota Serang. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 4(2), 166–183. Https://Doi.Org/10.47080/Propatria.V4i2.1415

Salehoddin, S. (2021). Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ppkn Tema 7 Tentang Keberagaman Sosial Budaya Masyarakat Melalui Time Games Tournament (Tgt) Pada Siswa Kelas V. Jurnal Pembelajaran Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 28–36.

Santoso, R., & Wuri Wuryandani. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Ppkn Berbasis Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Ketahanan Budaya Melalui Pemahaman Konsep Keberagaman. Jurnal Ketahanan Nasional, 26(2), 229–248. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/ 10.22146/Jkn.56926

Sinaga, N. E., Pardede, L., & Siahaan, M. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Vii Ppkn Di Smp Nasrani 2 Medan Tp 2021/2022. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3872–3880. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31316/Jk.V6i2.3598

Sitepu, M. S., & Amelia, C. (2021). Development Of Islamic Values Civics Module On Rights And Obligations For Elementary High School Students. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 617–628. Https://Doi.Org/10.31538/Nzh.V4i3.1690

Sitepu, T. E., Perangin-Angin, R. B. B., & Nasriah, N. (2023). Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Pembelajaran Ppkn Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 213–223. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V7i1.4248

Suratman, E., Muryati, M., Pakpahan, G. K. R., Setianto, Y., & Setyobekti, A. B. (2022). Moderasi Beragama Dalam Perspektif Hukum Kasih. Prosiding Pelita Bangsa, 1(2), 81. Https://Doi.Org/10.30995/Ppb.V1i2.505

Sutrisno, S., Sarmini, S., & Setyowati, N. (2021). Development Of Ppkn Learning Module Based On Surabaya Local Wisdom To Improve Student’s Learning Achievement On Social Cultural Diversity Materials In Class Iv At Sdn Kandangan I/121 Surabaya. Https://Doi.Org/10.53402/Ijesss.V1i3.21

Tumanggor, R. O. (2021). Pelatihan Spiritual Well-Being Untuk Membangun Sikap Toleransi Bagi Kaum Remaja Sma Lia Stephanie.

Viningsih, T. V., & Listyaningsih, L. (2020). Peran Guru Ppkn Dalam Pembinaan Karakter Peduli Sosial Peserta Didik Di Sman 1 Gedangan Sidoarjo. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 8(2 (4)), 826–840.

Wahab, W., & Luthfan, M. A. (2023). Peran Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Sikap Toleransi Dan Keberagaman Di Pondok Tahfidz Milenial Ashqaf & Maryam College. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 16091–16096. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V7i2.8920

Widayati, K. (2020). Pengaruh Motivasi Dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Ppkn Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 13 Wonosegoro. Waspada (Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan), 4(2), 63–79.

Zuriah, N. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Polysynchronous Di Era New Normal. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 6(1), 12–25. Https://Doi.Org/10.21067/Jmk.V6i1.5086

Published

2025-08-24

How to Cite

Purba, K. T. B., Siahaan, M. M., Siahaan, M. M., Pardede, L., & Pasaribu, K. (2025). PERAN PENDIDIK MATA PELAJARAN PPKn DALAM MEMBENTUK SIKAP TOLERANSI DAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA DI KELAS VII . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 1637–1648. https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.1282

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.