PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH MEDIA LITERASI ICT DAN MEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI

Authors

  • Syafridha Yanti Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh, Indonesia
  • Yanti Arnilis Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh, Indonesia
  • Sulistio Ningsih Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh, Indonesia
  • Murthada Murthada Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1300

Keywords:

Teknik Permainan Menyusun Kata, Keterampilan Membaca, Media Literasi Ict Dan Media Pembelajaran Ekonomi

Abstract

Teknologi memainkan peran sentral dalam pembelajaran berbasis digital saat ini. Dengan pemanfaatan teknologi, proses pembelajaran menjadi lebih efisien dan fleksibel. teknologi dalam pembelajaran dapat membantu siswa meningkatkan keterampilan, kemampuan komunikasi, motivasi, dan berpikir kritis . Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi sebagai sarana pembelajaran sangat penting untuk meningkatkan efektivitas belajar di era digital. Canva adalah platform desain grafis yang memungkinkan pengguna membuat berbagai jenis materi visual dengan mudah. seperti gambar, grafik, dan presentasi dengan berbagai template dan desain yang tersedia. Canva dapat memberikan banyak manfaat dalam pembelajaran diantaranya: meningkatkan kreativitas, meningkatkan kualitas prestasi, memperkuat kompetensi ICT, meningkatkan sikap kolaborasi dan memperluas pemahaman tentang media literasi. Penggunaan aplikasi Canva dapat dianggap sebagai inovasi pembelajaran bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh (UMMAH) pada mata kuliah Media Literasi ICT dan Media Pembelajaran Ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan platform media pembelajaran melalui aplikasi canva sebagai inovasi pembelajaran mahasiswa Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh (UMMAH) pada mata kuliah Media Literasi ICT dan Media Pembelajaran Ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan (action research) penelitian tindakan merupakan salah satu pendekatan penelitian ilmiah yang mempunyai dua tujuan yaitu mengambil tindakan (untuk perbaikan) dan membangun pengetahuan atau teori tentang tindakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Syafridha Yanti, Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh, Indonesia

Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh, Indonesia

Yanti Arnilis, Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh, Indonesia

Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh, Indonesia

Sulistio Ningsih, Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh, Indonesia

Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh, Indonesia

Murthada Murthada, Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh, Indonesia

Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh, Indonesia

References

Agusty, R. M. (2020). Designing Business Model Canvas Transforms Into Balanced Scorecard In The Xyz University In Indonesia. Dinasti International Journal Of Management Science, 1(6), 830–843.

Akbar, R. F., Mawadati, A., & Risma, S. (2022). Strategi Pengembangan Bisnis Umkm Menggunakan Pendekatan Metode Business Model Canvas (Bmc) Dan Pendekatan Swot (Studi Kasus: Umkm Coffee Shop Ud Mitra Di Yogyakarta). Jurnal Rekavasi, 10(2), 67–76.

Alif, A. I. (2020). Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process Terhadap Keputusan Pemilihan Supplier Dalam Pengadaan Material Canvas Menggunakan Software Expert Choice. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 1(02), 73–81. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.59141/Jist.V1i02.18

Apreasta, L., Nanda, D. W., & Mutia, R. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Canva Mata Pelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas Iv Sd. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 795–805.

Aryani, W. D. (2022). Implementasi Model Pjbl Dengan Infografis Canva Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Ips Peserta Didik Viib Smpn 1 Kandeman. Ristek: Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang, 7(1), 37–49.

Fauziyah, N. L., Widodo, J. P., & Yappi, S. N. (2022). The Use Of ‘Canva For Education’and The Students’ Perceptions Of Its Effectiveness In The Writing Procedure Text. Budapest International Research And Critics Institute-Journal (Birci-Journal), 5(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33258/Birci.V5i1.4359

Fitri, A., Fathoni, M. I. A., & Sari, A. C. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Untuk Menciptakan Pembelajaran Aktif Dan Inovatif. Journal Of Research Applications In Community Service, 3(1), 33–38. Https://Doi.Org/10.32665/Jarcoms.V3i1.2815

Ginting, A. G. B., Indarwati, D., Asshilah, F., Syarif, G. D. A., Dewi, R. K., Wulandari, V., & Eriyani, R. N. (2024). Pelatihan Pembuatan Poster Pantun Melalui Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Literasi Digital Pada Peserta Didik Smp Di Rptra Jaka Berseri Klender. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(6), 2057–2063. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.59837/Jpmba.V2i6.1124

Handayani, T., Syarifudin, A., Tastin, T., Nurlaili, N., Bujur, D. A., Al-Ihwana, A.-I., Wahyudi, K., & Saputra, A. D. (2023). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Di Madrasah Ibtidaiyah. Taawun, 3(01), 83–94. Https://Doi.Org/10.37850/Taawun.V3i01.377

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.

Harahap, A., Wibowo, T. S., Sitopu, J. W., Solehuddin, M. O. H., & Napsin, N. (2022). Penggunaan Dan Manfaat Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Ditingkat Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 8(1).

Hayati, T. U. F. (2022). Analisis Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Dalam Pembelajaran Bangun Datar Di Sekolah Dasar. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika Dan Ipa Universitas Pgri Banyuwangi, 2(1), 8–15.

Hidayati, R., Rachman, N. M., & Agustina, S. (2023). Integrating Workplace Learning Concept In The Ministry Of Trade Officials Competency Development: A Business Canvas Model Of Trade Negotiator Training. Cendekia Niaga, 7(2), 142–152. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.52391/Jcn.V7i2.748

Humaya, R., Bangun, N. O., Purba, P. B. D., Dewi, R. S., & Dewi, P. A. (2023). Pelangcah: Efektivitas Media Digital Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 71–80.

Jannah, F. N. M., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva Dalam Media Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 138–146.

Kurata, K., Kota, K., Morinaga, T., Ohnishi, H., Soutakahashi, Sato, J., & Yajima, K. (2023). The Impact Of Entrepreneurship Education On Entrepreneurship Intention In The Engineering Studies. Procedia Computer Science, 225, 3919–3928. Https://Doi.Org/10.1016/J.Procs.2023.10.387

Musannadah, S., & Jannah, S. N. (2022). The Application Of Canva As Interactive Media In 21st Century Learning. Social, Humanities, And Educational Studies (Shes): Conference Series, 5(6), 72–80.

Nachsyahbandi, F. S., Amam, A., & Solihah, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Canva Berbasis Makanan Khas Daerah Ciamis. Prossiding Galuh Mathematics National Conference, 2(1), 1–8.

Nuraeni, L., Jumiatin, D., & Westhisi, S. M. (2022). Penyuluhan Model Pembelajaran Inovatif Paud Holistik Integratif Melalui Aplikasi Canva Untuk Guru Paud. Abdimas Siliwangi, 5(2), 338–348. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.22460/As.V5i2.10339

Nurhayati, S. E., Supratman, S., & Rahayu, D. V. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Canva For Education Dengan Pendekatan Rme Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(4), 3627–3643.

Pratiwi, W. P., Suprapto, E., & Moeawanah, S. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Pada Siswa Kelas Vi Sdn 2 Glinggangan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4497–4509.

Purba, Y. A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di Smpn 1 Na Ix-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325–1334.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Rezania, V., Fihayati, Z., Amrullah, M., Ambarwati, F. I., & Hadian, N. S. (2022). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Digital Bagi Guru Sd Muhammadiyah 5 Porong. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1415. Https://Doi.Org/10.31764/Jpmb.V6i3.10273

Rohma, A., & Sholihah, U. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Materi Bangun Ruang Limas. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(3), 292–306.

Safrianti, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2, 467–474.

Setiawan, A., Susanto, S., & Wardhani, I. S. K. (2024). Pelatihan Pembuatan Poster Melalui Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 22–33. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.53621/Jippmas.V4i1.274

Sholehah, S. R., Rahmawati, A., Nabila, S., Rahmawati, I., Dewi, F., & Jati, A. G. (2023). Edukasi Pembuatan Media Pembelajaran Audio-Visual Berupa Worksheet Qr Code Menggunakan Aplikasi Canva Dan Vocaroo Di Tk Mentari Purwakarta. Indonesian Journal Of Community Services In Engineering & Education (Ijocsee), 3(1), 22–30.

Siregar, A., & Sitorus, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 286–289.

Siregar, T., Amir, A., & Adinda, A. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva Pada Materi Pecahan Di Sd N 327 Sinunukan. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(2), 96–107.

Somnuke, P., Punpocha, P., Punikhom, P., Panitrat, R., Nivatpumin, P., Thanakiattiwibun, C., Ramlee, R., Thongkaew, N., & Siriussawakul, A. (2023). Model For Enhancing The Research Conducted By The University Medical Staff: Participatory Action Research. Heliyon, 9(2), E13208. Https://Doi.Org/10.1016/J.Heliyon.2023.E13208

Sumarno. (2023). Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum. Journal Of Educational Review And Research, 6(1), 56–62.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informat

Published

2025-04-28

How to Cite

Yanti, S. ., Arnilis, Y. ., Ningsih, S. ., & Murthada, M. (2025). PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH MEDIA LITERASI ICT DAN MEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 905–914. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1300

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.