PEMASARAN DIGITAL DAN STRATEGI PROMOSI: PEMANFAATAN TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF

Authors

  • Alvina Fridella Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Elsa Novalina Sihotang Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Ribka Damanik Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Yesika Priskila G Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Lenti Sussana Saragih Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.1318

Keywords:

Pemasaran Digital, Strategi Promosi, Pemanfaatan Kompetitif

Abstract

Pemasaran digital dan straetegi promosi yang efektif sangat penting bagi bisnis untuk meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan teknologi dalam pemasaran digital dan strategi promosi dan dampaknya pada loyalitas pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan literatur yang melibatkan analisis konten, yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tertulis yang relevan untuk memahami hubungan antara pemasaran digital dan strategi promosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi pemasaran digital dan proses produksi tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga membangun lebih banyak hubungan dengan pelanggan. Selain itu, etika pemasaran digital sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan dan citra merek. Misalnya, perusahaan yang dapat menggunakan strategi yang efektif dan etis untuk pemasaran digital akan meningkatkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Alvina Fridella, Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Elsa Novalina Sihotang, Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Ribka Damanik, Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Yesika Priskila G, Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Lenti Sussana Saragih, Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia

References

Ardana, S. M., Hanifah, I. H., Chaliftah, D., & Viana, R. O. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Beli Pada Live Streaming Marketing Shopee Pada Akun Jasmine Jilbab (Studi Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Kota Surabaya). Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 1(2), 105–115. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.572349/Mufakat.V1i2.459

Asari, M., & Mahmudah, S. (2022). Kualitas Pemasaran Digital, Produk Dan Distribusi Dalam Upaya Mewujudkan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 24(2), 85. Https://Doi.Org/10.33370/Jpw.V24i2.811

Buchori, A. (2018). Pentingnya Literasi Digital Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Sosialisasi Pembangunan Melalui Media Sosial. Omnicom: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 11–16. Http://Www.Ejournal.Unsub.Ac.Id/Index.Php/Fikom/Article/View/531

Cahayani, N. L. P., Westra, I. K., Ariyati, N. M., Netriani, N. K., & Sau, T. S. B. (2022). Pengaruh Pengunaan Media Sosial Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Fkip Universitas Pgri Mahadewa Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 14(1), 96–102. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpe.V14i1.47117

Christina Menuk Sri Handayani, Tony Susilo Wibowo, & Tri Ari Prabowo. (2020). Media Sosial Dan Pendidikan Kewirausahaan Pengaruhnya Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Manajemen. Majalah Ekonomi, 25(2), 110–121. Https://Doi.Org/10.36456/Majeko.Vol25.No2.A2941

Chung, D., Lee, C. C., & Hwang, D. (2021). Analyzing Social Media Implementation In Hospitals In The U.S. Midwest Region. Journal Of International Technology And Information Management, 30(5), 77–96. Https://Doi.Org/10.58729/1941-6679.1544

Ciamas, E. S., & Anggraini, D. (2021). Pendampingan Umkm Hebat Dengan Inovasi Produk, Pemasaran Digital, Dan Pengelolaan Keuangan Pada Usaha Cekeremes Di Kecamatan Medan Tuntungan. Jurpikat (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 361–371. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37339/Jurpikat.V2i2.637

Ertekin, S. S., Salici, N. S., Bas, V. M., Karali, M. G., Ergün, E. Z., Avcı, E. B., Tellal, E. S., Yüksel, E. I., Rasulova, G., & Erdil, D. (2024). Influence Of Social Media And Internet On Treatment Decisions In Adult Female Acne Patients: A Cross-Sectional Survey Study. Dermatology Practical & Conceptual, 14(3), E2024156. Https://Doi.Org/10.1089/Jwh.2010.2722

Indraswati, D., Hidayati, V. R., Wulandari, N. P., & Maulyda, M. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pgsd Universitas Mataram. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 17–34. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26740/Jepk.V9n1.P17-34

Islami, N. N., & Fitria, F. L. (2019). Pelatihan Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kemampuan Softskill Dan Hardskill Bidang Keahlian Pemasaran Pada Siswa Jurusan Pemasaran Smk Nuris Hidayat Desa Curahnongko, Kec. Tempurejo Kab. Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 34–40. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.19184/Jpe.V13i2.13854

Istanto, D., Apsari, N. C., & Gutama, A. S. (2021). Partisipasi Masyarakat Dalam Kegiatan Bank Sampah (Studi Kasus Pada Kelompok Masyarakat Pengelola Dan Nasabah Bank Sampah Wargi Manglayang Rw.06 Kecamatan Cibiru, Kota Bandung). Share : Social Work Journal, 11(1), 41. Https://Doi.Org/10.24198/Share.V11i1.34367

Jumadi, R., & Mustofa, N. H. (2022). Pengaruh Media Sosial, Pendidikan Kewirausahaan, Ekspektasi Pendapatan Dan Religiusitas Terhadap Minat Bisnis. Al Maal: Journal Of Islamic Economics And Banking, 3(2), 115. Https://Doi.Org/10.31000/Almaal.V3i2.5270

Kalra, V., & Ahire, N. (2020). Social Media Usage In Indian Hospitals-Current Scenarios And Way Ahead. Annals Of Tropical Medicine And Health, 23(1), 232–315.

Kamila, M., & Siddiq, M. R. (2022). The Impact Of Digital Economics On Economic Growth In Indonesia. Fara’id And Wealth Management, 2(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.58968/Fwm.V2i1.185

Maulidina, N., & Pramono, P. (2024). Inovasi Digital Membentuk Ekosistem Ekonomi 5.0 Melalui E-Business. Jurnal Kajian Dan Penalaran Ilmu Manajemen, 2(2), 37–45. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.59031/Jkpim.V2i2.399

Mubarok, A. H. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Dan Promosi Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Produk Buku Metode Albidayah Melalui Digital Marketing Di Masa Pandemi Covid 19. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Http://Digilib.Uinkhas.Ac.Id/Id/Eprint/18075

Mulyani, Y. S., Wibisono, T., & Hikmah, A. B. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Untuk Pemasaran Bisnis Digital Sebagai Media Promosi. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(1), 291–296. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47492/Jih.V11i1.1612

Nurhayati, A. (2020). Implementasi Jiwa Wirausaha Dan Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswi Purwakarta. Eqien: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7(2), 87–94. Https://Doi.Org/10.34308/Eqien.V7i2.141

Oktavia, R. A. (2021). Pemanfaatan Digital Content Media Sosial Tiktok Dalam Proses Pemasaran Produk. Technopreneuship. Http://Repository.Untag-Sby.Ac.Id/Id/Eprint/7436

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. Https://Doi.Org/10.32812/Jibeka.V11i2.45

Rahmawati, N. A., Kusumaningtyas, W., & Korelia, E. R. (2024). How Is The Implementation Of Social Media Marketing In The Hospital Industry? Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 5(3), 996–1007. Https://Doi.Org/10.59141/Jist.V5i3.938

Reken, F., Modding, B., & Dewi, R. (2020). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Ciputra Tallasa Jo Makassar. Tata Kelola, 7(2), 142–153.

Saputra, M., Sari, N., Rafiq, M., & Rahmawati, L. (2022). Pelatihan Inovasi Produk Serta Strategi Pemasaran Pada Umkm Bubuk Jahe Di Masa Pandemi Covid 19. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 142. Https://Doi.Org/10.35914/Tomaega.V5i1.977

Susanti, A., Khoiro, A. N., Solikhah, A., Oktavia, B., & Nuraini, U. (2021). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Produk Milkshake Dan Ice Cream “Soj” Suwe Ora Jamu. Prosiding National Seminar On Accounting, Finance, And Economics (Nsafe), 1(5).

Vanda Sativa Julianti, Amal Chalik Sjaaf, & Wahyu Sulistiadi. (2022). Strategi Implementasi Digital Marketing Di Rumah Sakit Pada Masa Pandemi Covid-19: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (Mppki), 5(3), 218–223. Https://Doi.Org/10.56338/Mppki.V5i3.2107

Wibowo, T., & Yudi, Y. (2021). Studi Penetrasi Aplikasi Media Sosial Tik-Tok Sebagai Media Pemasaran Digital: Studi Kasus Kota Batam. Conference On Business, Social Sciences And Technology (Conescintech), 1(1), 662–669. Https://Doi.Org/Https://Journal.Uib.Ac.Id/Index.Php/Conescintech/Article/View/5929

Wijaya, A. L., Sari, A. K. A. R., & Hasanah, K. (2022). Pendampingan Ekonomi Kreatif Pada Panti Asuhan Muhammadiyah Kota Madiun Melalui Pelatihan Pembuatan Kerajinan Tangan Dan Pelatihan Pemasaran Digital. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(2), 400–410.

Wulus, V. G. R., Mandagi, D. W., Lule, B., & Ambalao, S. S. (2022). Determinan Efektivitas Social Media Marketing Pada Insitusi Pemerintah Daerah. Seiko: Journal Of Management & Business, 4(3), 522–538. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37531/Sejaman.V4i3.2967

Yovinus, Y. (2018). Peran Komunikasi Publik Media Sosial Dalam Implementasi Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik Di Kota Bandung. Jurnal Academia Praja, 1(01), 185–211. Https://Doi.Org/10.36859/Jap.V1i01.47

Yuliawati, A. K., & Aryanti, A. N. (2023). Umkm Unggul Dengan Pemasaran Digital Dan Co-Creations. Penerbit Andi.

Published

2025-07-30

How to Cite

Fridella, A., Sihotang, E. N., Damanik, R., G, Y. P., & Saragih, L. S. (2025). PEMASARAN DIGITAL DAN STRATEGI PROMOSI: PEMANFAATAN TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 2174–2184. https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.1318

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.