PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI (SELF CONFIDENCE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI UKURAN PEMUSATAN DATA DI KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v1i2.1318Keywords:
Kepercayaan Diri (Self Confidence)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh kepercayaan diri (self confidence) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi ukuran pemusatan data di kelas X SMK Swasta Jambi Medan, (2) untuk mengetahui berapa besar pengaruh kepercayaan diri (self confidence) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas X SMK Swasta Jambi Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket sebagai instrumen untuk mengumpulkan data kepercayaan diri (self confidence) peserta didik dan tes untuk mengumpulkan data kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kepercayaan diri (self confidence) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi ukuran pemusatan data di kelas X SMK Swasta Jambi Medan. Dari hasil analisis data diperoleh persamaan regresi Y ̂= 12,207 + 0,878X. Besar pengaruh Kepercayaan diri (self confidence) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi ukuran pemusatan data di kelas X SMK Swasta Jambi Medan sebesar 63,6% yaitu pada kategori sedang.
Downloads
References
Adifta, E. D., Maimunah, M., & Roza, Y. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Madrasah Tsanawiyah Kelas Vii Pada Materi Himpunan. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 340. Https://Doi.Org/10.33394/Jk.V6i2.2561
Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis: Systematic Literature Review. Jurnal Lemma, 8(2), 61–75. Https://Doi.Org/10.22202/Jl.2022.V8i2.5745
Azwar, B. (2022). Peran Layanan Konseling Realitas Untuk Membangun Kepercayaan Diri Warga Binaan Mantan Pemakai Narkoba Di Lapas Klas Ii A Curup. Konseling Edukasi : Journal Of Guidance And Counseling, 6(2), 183–211. Https://Doi.Org/10.21043/Konseling.V6i2.15842
Balaka, M. Y. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif, 1, 130.
Br, J., Sekali, K., Lumbantoruan, S. M., Rebecca, C., Siahaan, F. B., & Sihombing, D. I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas Viii Smp Gajah Mada Medan T . A 2021 / 2022. Sepren: Journal Of Mathematics Education And Applied, 4(0), 208–214.
Cerezo-Narváez, A., De Los Ríos Carmenado, I., Pastor-Fernández, A., Yagüe Blanco, J., & Otero-Mateo, M. (2019). Project Management Competences By Teaching And Research Staff For The Sustained Success Of Engineering Education. Education Sciences, 9(1), 44. Https://Doi.Org/10.3390/Educsci9010044
De Oliveira, S. M. T., Galdeano, E. A., Da Trindade, E. M. G. G., Fernandez, R. S., Buchaim, R. L., Buchaim, D. V., Da Cunha, M. R., & Passos, S. D. (2021). Epidemiological Study Of Violence Against Children And Its Increase During The Covid-19 Pandemic. International Journal Of Environmental Research And Public Health, 18(19), 10061. Https://Doi.Org/10.3390/Ijerph181910061
Disparrilla, Y. N., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self-Efficacy Siswa Pada Materi Spldv. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 148–161. Https://Doi.Org/10.26618/Sigma.V14i2.7587
Fadhilah, L. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Laps-Heuristic Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Uin Sunan Ampel Surabaya. Http://Digilib.Uinsby.Ac.Id/Id/Eprint/30311
Hanifah Ameliah, I., & Munawaroh, M. (2016). Pengaruh Keingintahuan Dan Rasa Percaya Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Vii Mts Negeri I Kota Cirebon. Eduma : Mathematics Education Learning And Teaching, 5(1), 9–21. Https://Doi.Org/10.24235/Eduma.V5i1.598
Hanum, A. M., Purwoko, R. Y., & Purwaningsih, W. I. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Ditinjau Dari Gaya Belajar Kolb. Ijedr: Indonesian Journal Of Education And Development Research, 2(2), 919–934. Https://Doi.Org/10.57235/Ijedr.V2i2.2326
Hasbi, Et Al., 2023. (2023). Penelitian Korerasional. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 43(4), 342–346.
Husain, R. (2020). Penerapan Model Kolaboratif Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri …, 1(2012), 12–21.
Julyanti, E. (2021). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 7(1), 7–11. Https://Doi.Org/10.36987/Jpms.V7i1.1942
Lestari, Nindiasari, & Fatah. (2019). Penerapan Pendekatan Metakognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sma Ditinjau Dari Tahap Perkembangan Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika, 3, 134–145.
Mandini, G. W., & Hartono, H. (2018). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Hots Model Timss Dan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 148–157. Https://Doi.Org/10.21831/Pg.V13i2.21234
Marbun, Y. M. R. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Вестник Росздравнадзора, 4(1), 9–15.
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Soal Pisa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. Https://Doi.Org/10.31980/Mosharafa.V10i2.825
Masruroh, M., Zaenuri, Z., Walid, W., & Waluya, S. B. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Pembelajaran Berbasis Etnomatematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1751–1760. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V6i2.1056
Panjaitan, F. I. J. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berfikir Siswa Melalui Pembelajaran Student Teams Achievement Division ( Stad ) Di Kelas Viii Mts Al Jamiyatul Washliyah Tembung T . A 2017 / 2018. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Pudjastawa, A. W. (2021). Cantrik Cultural Adaptation: Student’s Role As Teacher Assistant In Maximizing Class Learning Process. Isllac : Journal Of Intensive Studies On Language, Literature, Art, And Culture, 5(2), 213. Https://Doi.Org/10.17977/Um006v5i22021p213-220
Qur’ani, N. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Stiker Whatsapp Terhadap Tergantungan Penggunaan Whatsapp Pada Siswa Sman 9 Mandau Kab. Bengkalis. Skripsi, Universitas Islam Riau.
Qurni, K. Al, Kustiawati, D., & ... (2021). Pengembangan Instrumen Kepercayaan Diri Matematika Pada Materi Program Linear. … Nasional Matematika Dan ….
Rahmawati, Warmi, M. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran (Jipp), 2(2), 1–6. Https://Doi.Org/10.31571/Jipp.V2i2.6130
Robiah, S., & Nuraeni, R. (2023). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Mts Pada Materi Himpunan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: Powermathedu, 2(2), 215–228. Https://Doi.Org/10.31980/Powermathedu.V2i2.3095
Safitri, D. A. (2021). Hubungan Rasa Percaya Diri Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Stkip Kusuma Negara Iii Semnara 2021, 1, 222–228.
Syafruddin, I. S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis: Studi Kasus Pada Siswa Mts Negeri 4 Tangerang. Suska Journal Of Mathematics Education, 6(2), 89–100.
Syahril, R. F., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma Kelas Xi Sman 1 Bangkinang Kota Ditinjau Dari Gaya Belajar. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(03), 78–90. Https://Doi.Org/10.22437/Edumatica.V11i03.15320
Ulandari, D. S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sma/Ma Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika. Uin Ar-Raniry. Https://Doi.Org/Https://Repository.Ar-Raniry.Ac.Id/Id/Eprint/13401
Yuhani, A., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Jpmi (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 445. Https://Doi.Org/10.22460/Jpmi.V1i3.P445-452
Zaini, R. N., & Sutirna, S. (2021). Analisis Kemampuan Numerik Matematis Siswa Smp It Nurul Huda Batujaya Kelas Vii Pada Materi Aritmatika Dasar. Jpmi (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1137–1146. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.22460/Jpmi.V4i5.P%25p
Zakiah, L., Supena, A., & Wulandari, N. (2022). Parents Collaborative Approach To Handle Slow Learners In The Inclusive Elementary Schoo. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(1), 116–124. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V6i1.41429
Zubainur, C. M., Jannah, R., Syahjuzar, S., & Veloo, A. (2020). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Menengah Aceh. Jurnal Serambi Ilmu, 21(1), 148–170. Https://Doi.Org/10.32672/Si.V21i1.1893
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten