STRATEGI SEGMENTING, TARGETING, DAN POSITIONING DALAM PASAR GLOBAL UNTUK BISNIS INTERNASIONAL
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.259Keywords:
Strategi Komunikasi, Pemasaran Internasional, Strategi pemasaran global, segmentasi pasar, targeting, positioning, bisnis internasionalAbstract
Salah satu pendekatan utama dalam pemasaran global adalah strategi Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP).Segmentasi pasar memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi dan mengelompokkan konsumen berdasarkan karakteristik tertentu, sehingga strategi pemasaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Berikutnya, targeting berfungsi untuk menentukan segmen yang paling potensial sebagai target pasar utama. Sementara itu, positioning bertujuan menciptakan citra produk atau merek yang unik di benak konsumen, agar mampu bersaing dengan kompetitor di pasar global. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menganalisis berbagai jurnal akademik terkait strategi STP dalam bisnis internasional. Hasil kajian menunjukkan bahwa perusahaan yang mengimplementasikan strategi segmentasi berbasis geografis, demografis, dan perilaku memiliki peluang lebih besar untuk meraih kesuksesan di pasar global. Selain itu, strategi targeting yang efektif, baik melalui pendekatan mass targeting, differentiated targeting, maupun niche targeting, membantu perusahaan menjangkau segmen yang paling menguntungkan. Di sisi lain, strategi positioning yang tangguh baik berdasarkan atribut produk, harga, manfaat, maupun budaya berperan penting dalam membangun keunggulan kompetitif. Temuan ini memberikan wawasan bagi perusahaan dalam mengembangkan strategi pemasaran yang adaptif dan inovatif sesuai dengan dinamika pasar global.
Downloads
References
Abdurrahman, N H. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran Edisi 1. Bandung, Indonesia: Pustaka Setia. Amstrong Dan Kotler.(2008). Pengertian Perencanaan Strategi. Manajemen Strategi Pemasaran, 13.
Abdurrahman, Nana Herdiana. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: Pustaka Setia.
Agustim, W. (2015). Analisis Segmentasi, Targeting Dan Positioning Melalui Program Siaranpada Radio Mitra 97.0 Fm. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 27–36. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33366/Ref.V3i1.330
Anggaratni G, W., & Sulistiadi, W. (2022). Inovasi Sosial Media Dalam Pemasaran Rumah Sakit Pada Masa Pandemi Covid-19: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (Mppki), 5(8), 908–914. Https://Doi.Org/10.56338/Mppki.V5i8.2520
Arisetiana, E., T Simamora, P. R., & Perwirawati, E. (2023). Peranan Komunikasi Persuasif Dalam Strategi Marketing Perumahan Harmoni Asri. Jurnal Social Opinion: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 8(1), 1. Https://Doi.Org/10.46930/Socialopinion.V8i1.3136
Claria, D. A. K. (2021). Sosialisasi Penggunaan Kalimat Imperatif Sebagai Strategi Pemasaran Umkm Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Pejeng Gianyar. Jurnal Abdidas, 2(3), 472–482. Https://Doi.Org/10.31004/Abdidas.V2i3.300
Damayanti, V. (2025). Strategi Pemasaran Berkelanjutan Untuk Meningkatkan Daya Saing Pt. Sun Power Ceramics Di Era Digital : Pendekatan Inovatif Dan Praktis. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (Mea), 9(1), 18–45. Https://Doi.Org/10.31955/Mea.V9i1.4872
Fitriyani, F., Widowati, R., & Wibowo, S. (2015). Analisa Strategi Pemasaran Ekspor Cv Amartha Indotama Dalam Memasuki Pasar Global. Jbti: Jurnal Bisnis: Teori Dan Implementasi, 6(2), 142–158. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.18196/Jbti.V6i2.2521
Hartono, U., Kistyanto, A., Fatoni, F., Isbanah, Y., & Arifah, I. D. C. (2022). Peningkatan Pangsa Pasar Umkm Batik Melalui Optimalisasi Pemasaran Digital Berbasis Web. Jurnal Abdi Insani, 9(2), 381–389. Https://Doi.Org/10.29303/Abdiinsani.V9i2.540
Hasana, R., Nobelson, & Sembiring, R. (2020). Strategi Pemasaran Umkm Coffee Shop ( Studi Kasus Pada Coffee War, Kemang). Prosiding Biema: Business Management, Economic And Accounting National Seminar.
Hidayah, I., Ariefiantoro, T., Nugroho, D. W. P. S., & Suryawardana, E. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pudanis Di Kaliwungu). Solusi, 19(1). Https://Doi.Org/10.26623/Slsi.V19i1.3001
Islami, N. N., & Fitria, F. L. (2019). Pelatihan Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kemampuan Softskill Dan Hardskill Bidang Keahlian Pemasaran Pada Siswa Jurusan Pemasaran Smk Nuris Hidayat Desa Curahnongko, Kec. Tempurejo Kab. Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 34–40. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.19184/Jpe.V13i2.13854
Leanora Theresiana, Y. S. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Yang Dilakukan Guten Morgen Coffee Lab And Shop Untuk Menarik Konsumen. Jurnal Prologia, 2(2), 392–399.
Mujahidin, A., & Khoirianingrum, I. (2019). Analisis Segmentasi, Targeting, Positioning (Stp) Pada Zakiyya House Bojonegoro. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 2.
Nufus, H., & Handayani, T. (2022). Strategi Promosi Dengan Memanfaatkan Media Sosial Tiktok Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada Tn Official Store). Jurnal Emt Kita, 6(1), 21–34. Https://Doi.Org/10.35870/Emt.V6i1.483
Nurcahyo, N., & Setiawan, T. H. (2022). Penentuan Strategi Pemasaran Kartu Gsm Menggunakan Teori Permainan Fuzzy. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(1), 90–107. Https://Doi.Org/10.46306/Lb.V3i1.89
Nurhidayati, R., Arifiya, N., Setiawan, A., Larasakti, R., & Heriansyah, H. (2022). Strategi Pemasaran Dengan Teori Permainan Pada Usaha Minuman Street Boba Dan Kamsia Boba. Studi Ilmu Manajemen Dan Organisasi, 3(2), 303–314.
Nurjanah, N., Azka, A., & Abdullah, A. (2018). Aktivitas Antioksidan Dan Komponen Bioaktif Semanggi Air (Marsilea Crenata). Ajie (Asian Journal Of Innovation And Entrepreneurship), 1(03), 152–158.
Praditya, A.-F. R., & Prasetyo, S. Y. J. (2021). Game Theory Dalam Penentuan Strategi Pemasaran Optimal Dalam (Studi Kasus Persaingan E-Commerce Shopee Dan Tokopedia). Tin: Terapan Informatika Nusantara, 2(2), 53–57.
Purwanti, E. (2012). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Umkm Pemasaran Terhadap Perkembangan Umkm Di Desa Dayaan Dan Kalilondo Salatiga. Among Makarti, 5(9), 13–28. Https://Doi.Org/10.1007/Bf02532975
Rachmawati, D., Udriyah, U., & Dewi, N. F. (2024). Analisis Strategi Green Branding Sebagai Usaha Menciptakan Sustainable Competitive Advantage Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Di Era Ekonomi Global Pada Brand Fashion Lokal Kota Bandung. Among Makarti, 17(1), 42. Https://Doi.Org/10.52353/Ama.V17i1.624
Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Perusahaan Genting Ud. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 83–88. Https://Doi.Org/10.21107/Jsmb.V6i2.6686
Sa’di, M. D., & Suyanto, A. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Perilaku Konsumen Terhadap Volume Penjualan Treadmill Pada Cv. Gaf Tridaya Mandiri. Journal Of Economic, Bussines And Accounting (Costing), 7(1), 226–239.
Saputra, M., Sari, N., Rafiq, M., & Rahmawati, L. (2022). Pelatihan Inovasi Produk Serta Strategi Pemasaran Pada Umkm Bubuk Jahe Di Masa Pandemi Covid 19. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 142. Https://Doi.Org/10.35914/Tomaega.V5i1.977
Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm (Studi Pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 29(1), 59–66.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten