STRATEGI SEGMENTING, TARGETING, DAN POSITIONING DALAM PASAR GLOBAL UNTUK BISNIS INTERNASIONAL

Authors

  • Isabelina Br Ginting Program Studi Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Maria Soniati Sitompul Program Studi Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Betrix Sinaga Program Studi Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Renata Manik Program Studi Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Melda Susanti Br Purba Program Studi Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Lenti Susana Saragih Program Studi Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.259

Keywords:

Strategi Komunikasi, Pemasaran Internasional, Strategi pemasaran global, segmentasi pasar, targeting, positioning, bisnis internasional

Abstract

Salah satu pendekatan utama dalam pemasaran global adalah strategi Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP).Segmentasi pasar memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi dan mengelompokkan konsumen berdasarkan karakteristik tertentu, sehingga strategi pemasaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Berikutnya, targeting berfungsi untuk menentukan segmen yang paling potensial sebagai target pasar utama. Sementara itu, positioning bertujuan menciptakan citra produk atau merek yang unik di benak konsumen, agar mampu bersaing dengan kompetitor di pasar global. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menganalisis berbagai jurnal akademik terkait strategi STP dalam bisnis internasional. Hasil kajian menunjukkan bahwa perusahaan yang mengimplementasikan strategi segmentasi berbasis geografis, demografis, dan perilaku memiliki peluang lebih besar untuk meraih kesuksesan di pasar global. Selain itu, strategi targeting yang efektif, baik melalui pendekatan mass targeting, differentiated targeting, maupun niche targeting, membantu perusahaan menjangkau segmen yang paling menguntungkan. Di sisi lain, strategi positioning yang tangguh baik berdasarkan atribut produk, harga, manfaat, maupun budaya berperan penting dalam membangun keunggulan kompetitif. Temuan ini memberikan wawasan bagi perusahaan dalam mengembangkan strategi pemasaran yang adaptif dan inovatif sesuai dengan dinamika pasar global.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Isabelina Br Ginting, Program Studi Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Maria Soniati Sitompul, Program Studi Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Betrix Sinaga, Program Studi Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Renata Manik, Program Studi Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Melda Susanti Br Purba, Program Studi Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Lenti Susana Saragih, Program Studi Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Program Studi Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia

References

Abdurrahman, N H. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran Edisi 1. Bandung, Indonesia: Pustaka Setia. Amstrong Dan Kotler.(2008). Pengertian Perencanaan Strategi. Manajemen Strategi Pemasaran, 13.

Abdurrahman, Nana Herdiana. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: Pustaka Setia.

Agustim, W. (2015). Analisis Segmentasi, Targeting Dan Positioning Melalui Program Siaranpada Radio Mitra 97.0 Fm. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 27–36. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33366/Ref.V3i1.330

Anggaratni G, W., & Sulistiadi, W. (2022). Inovasi Sosial Media Dalam Pemasaran Rumah Sakit Pada Masa Pandemi Covid-19: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (Mppki), 5(8), 908–914. Https://Doi.Org/10.56338/Mppki.V5i8.2520

Arisetiana, E., T Simamora, P. R., & Perwirawati, E. (2023). Peranan Komunikasi Persuasif Dalam Strategi Marketing Perumahan Harmoni Asri. Jurnal Social Opinion: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 8(1), 1. Https://Doi.Org/10.46930/Socialopinion.V8i1.3136

Claria, D. A. K. (2021). Sosialisasi Penggunaan Kalimat Imperatif Sebagai Strategi Pemasaran Umkm Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Pejeng Gianyar. Jurnal Abdidas, 2(3), 472–482. Https://Doi.Org/10.31004/Abdidas.V2i3.300

Damayanti, V. (2025). Strategi Pemasaran Berkelanjutan Untuk Meningkatkan Daya Saing Pt. Sun Power Ceramics Di Era Digital : Pendekatan Inovatif Dan Praktis. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (Mea), 9(1), 18–45. Https://Doi.Org/10.31955/Mea.V9i1.4872

Fitriyani, F., Widowati, R., & Wibowo, S. (2015). Analisa Strategi Pemasaran Ekspor Cv Amartha Indotama Dalam Memasuki Pasar Global. Jbti: Jurnal Bisnis: Teori Dan Implementasi, 6(2), 142–158. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.18196/Jbti.V6i2.2521

Hartono, U., Kistyanto, A., Fatoni, F., Isbanah, Y., & Arifah, I. D. C. (2022). Peningkatan Pangsa Pasar Umkm Batik Melalui Optimalisasi Pemasaran Digital Berbasis Web. Jurnal Abdi Insani, 9(2), 381–389. Https://Doi.Org/10.29303/Abdiinsani.V9i2.540

Hasana, R., Nobelson, & Sembiring, R. (2020). Strategi Pemasaran Umkm Coffee Shop ( Studi Kasus Pada Coffee War, Kemang). Prosiding Biema: Business Management, Economic And Accounting National Seminar.

Hidayah, I., Ariefiantoro, T., Nugroho, D. W. P. S., & Suryawardana, E. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pudanis Di Kaliwungu). Solusi, 19(1). Https://Doi.Org/10.26623/Slsi.V19i1.3001

Islami, N. N., & Fitria, F. L. (2019). Pelatihan Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kemampuan Softskill Dan Hardskill Bidang Keahlian Pemasaran Pada Siswa Jurusan Pemasaran Smk Nuris Hidayat Desa Curahnongko, Kec. Tempurejo Kab. Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 34–40. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.19184/Jpe.V13i2.13854

Leanora Theresiana, Y. S. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Yang Dilakukan Guten Morgen Coffee Lab And Shop Untuk Menarik Konsumen. Jurnal Prologia, 2(2), 392–399.

Mujahidin, A., & Khoirianingrum, I. (2019). Analisis Segmentasi, Targeting, Positioning (Stp) Pada Zakiyya House Bojonegoro. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 2.

Nufus, H., & Handayani, T. (2022). Strategi Promosi Dengan Memanfaatkan Media Sosial Tiktok Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada Tn Official Store). Jurnal Emt Kita, 6(1), 21–34. Https://Doi.Org/10.35870/Emt.V6i1.483

Nurcahyo, N., & Setiawan, T. H. (2022). Penentuan Strategi Pemasaran Kartu Gsm Menggunakan Teori Permainan Fuzzy. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(1), 90–107. Https://Doi.Org/10.46306/Lb.V3i1.89

Nurhidayati, R., Arifiya, N., Setiawan, A., Larasakti, R., & Heriansyah, H. (2022). Strategi Pemasaran Dengan Teori Permainan Pada Usaha Minuman Street Boba Dan Kamsia Boba. Studi Ilmu Manajemen Dan Organisasi, 3(2), 303–314.

Nurjanah, N., Azka, A., & Abdullah, A. (2018). Aktivitas Antioksidan Dan Komponen Bioaktif Semanggi Air (Marsilea Crenata). Ajie (Asian Journal Of Innovation And Entrepreneurship), 1(03), 152–158.

Praditya, A.-F. R., & Prasetyo, S. Y. J. (2021). Game Theory Dalam Penentuan Strategi Pemasaran Optimal Dalam (Studi Kasus Persaingan E-Commerce Shopee Dan Tokopedia). Tin: Terapan Informatika Nusantara, 2(2), 53–57.

Purwanti, E. (2012). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Umkm Pemasaran Terhadap Perkembangan Umkm Di Desa Dayaan Dan Kalilondo Salatiga. Among Makarti, 5(9), 13–28. Https://Doi.Org/10.1007/Bf02532975

Rachmawati, D., Udriyah, U., & Dewi, N. F. (2024). Analisis Strategi Green Branding Sebagai Usaha Menciptakan Sustainable Competitive Advantage Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Di Era Ekonomi Global Pada Brand Fashion Lokal Kota Bandung. Among Makarti, 17(1), 42. Https://Doi.Org/10.52353/Ama.V17i1.624

Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Perusahaan Genting Ud. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 83–88. Https://Doi.Org/10.21107/Jsmb.V6i2.6686

Sa’di, M. D., & Suyanto, A. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Perilaku Konsumen Terhadap Volume Penjualan Treadmill Pada Cv. Gaf Tridaya Mandiri. Journal Of Economic, Bussines And Accounting (Costing), 7(1), 226–239.

Saputra, M., Sari, N., Rafiq, M., & Rahmawati, L. (2022). Pelatihan Inovasi Produk Serta Strategi Pemasaran Pada Umkm Bubuk Jahe Di Masa Pandemi Covid 19. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 142. Https://Doi.Org/10.35914/Tomaega.V5i1.977

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm (Studi Pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 29(1), 59–66.

Published

2025-06-24

How to Cite

Br Ginting, I., Sitompul, M. S., Sinaga, B., Manik, R., Br Purba, M. S., & Saragih, L. S. (2025). STRATEGI SEGMENTING, TARGETING, DAN POSITIONING DALAM PASAR GLOBAL UNTUK BISNIS INTERNASIONAL. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 1169–1175. https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.259

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.