ANALISIS HUBUNGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MINAT BELAJAR MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.1491Kata Kunci:
Minat Belajar dan Model Pembelajaran, Minat Belajar , Model Pembelajaran Berbasis MasalahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Bagaimana Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Minat Belajar Mahasiswa melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah di Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Sampel penelitian adalah 30 mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil penelitian yaitu terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematis terhadap minat belajar mahasiswa melalui model pembelajaran berbasis masalah pada mata kuliah kalkulus integral universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. Hubungan tersebut ditunjukkan dari nilai koefisien relasinya sebesar 0,534 yang berarti kategori hubungan kuat dan signifikan dari hubungan itu ditunjukkan dari nilai t htungny lebih besar dari nilai t tabelnya (9,011> 2,034). Dan dengan menggunakan koefisien determinasi dapat dilihat besar hubunganya yaitu 73%.
Unduhan
Referensi
Amanda, S., Muharrami, L. K., Rosidi, I., & Ahied, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Yang Berbasis Sets. Natural Science Education Research, 1(1), 57–64. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21107/Nser.V1i1.4199
Aprilia, L. A., Slameto, S., & Radia, E. H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) Berbasis Kurikulum 2013. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 85. Https://Doi.Org/10.30738/Wa.V2i1.2530
Dyastanti, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self- Esteem Matematis Siswa Kelas Vii Dengan Model Eliciting Activitie.
Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan Lkpd Matematika Berbasis Problem Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i2.846
Fitriyani, F., Sakur, S., & Maimunah, M. (2020). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Komputer Pada Materi Kesebangunan Dan Kekongruenan Bagi Siswa Smp/Mts Kelas Ix. Juring (Journal For Research In Mathematics Learning), 3(1), 081. Https://Doi.Org/10.24014/Juring.V3i1.9006
Hamsiah, H., Masjudin, M., & Kurniawan, A. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smpn 13 Mataram Pada Materi Bangun Ruang. Media Pendidikan Matematika, 5(2), 115. Https://Doi.Org/10.33394/Mpm.V5i2.1462
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5 Nomor 3(3).
Kurniasi, E. R., Y, Y., & Karennisa, F. (2020). Analisis Soal Ulangan Harian Matematika Kelas Ix Smp Negeri 1 Toboali. Jurnal Ilmu Pendidikan (Jip) Stkip Kusuma Negara, 12(1), 43–52. Https://Doi.Org/10.37640/Jip.V12i1.276
Kurniawati, R. P., & Hadi, F. R. (2021). Pelatihan Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Hots Untuk Guru Sekolah Dasar. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 267–276. Https://Doi.Org/10.25008/Altifani.V1i4.182
La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463–474. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.37905/Aksara.7.2.463-474.2021
Lesilolo, H. J. (2019). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Kenosis: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202. Https://Doi.Org/10.37196/Kenosis.V4i2.67
Marbun, Y. M. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Universitas Hkbp Nommensen Medan, 01, 1–7.
Marbun, Y. M. R. (2020). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Problem Based Learning.
Nareswari, A., & Arfinanti, N. (2023). Systematic Literature Review: Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Literasi Matematika. Quadratic: Journal Of Innovation And Technology In Mathematics And Mathematics Education, 3(02), 67–77. Https://Doi.Org/10.14421/Quadratic.2023.032-05
Ningrum, H. U., Mulyono, Isnarto, & Wardono. (2019). Pentingnya Koneksi Matematika Dan Self-Efficacy Pada Pembelajaran Matematika Sma. Prisma: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 679–686.
Nurhasanah, D. S., & Luritawaty, I. P. (2021). Plusminus : Jurnal Pendidikan Matematika Model Pembelajaran React Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 71–82.
Nurhasanah, E. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Flashcard Huruf Hijaiyah Terhadap Hasil Belajar Iqro Pada Santri The Gold Generation. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (Jiepp), 1(2), 60–68. Https://Doi.Org/10.54371/Jiepp.V1i2.106
Nursyifa, A. (2019). Transformasi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 51. Https://Doi.Org/10.32493/Jpkn.V6i1.Y2019.P51-64
Pangaribuan, L. R. (2020). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Berbasis Reciprocal Teaching Dengan Bantuan Peta Konsep Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Pemecahan Matematik Siswa. Sepren, 1(02), 57–67. Https://Doi.Org/10.36655/Sepren.V1i02.217
Panjaitan, S. (2019). Efektifitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fkip Universitas Hkbp Nommensen Medan. Sepren, 1(01), 48–62. Https://Doi.Org/10.36655/Sepren.V1i01.88
Paratiwi, T., & Ramadhan, Z. H. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipas Kelas V Sekolah Dasar. Journal Of Education Action Research, 7(4), 603–610. Https://Doi.Org/10.23887/Jear.V7i4.69971
Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 289–293. Https://Doi.Org/10.30872/Psikoborneo.V5i2.4377
Said, M. S. (2021). Kurangnya Motivasi Belajar Matematika Selama Pembelajaran Daring Di Man 2 Kebumen. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 7–11. Https://Doi.Org/10.33365/Ji-Mr.V2i2.1047
Sastra, F., Jips, J., Suriani, T., & Devita, D. (2021). Terbit Online Pada Laman Web Jurnal : Http://E-Journal.Sastra-Unes.Com/Index.Php/Jips Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic), 5(3), 59–65.
Selfiana, S., & Takrim, M. (2022). Perspektif Kompetensi Dominan Di Tingkat Manajerial Untuk Pengembangan Organisasi. Anterior Jurnal, 21(2), 37–48. Https://Doi.Org/10.33084/Anterior.V21i2.3166
Untari, R. S., Hasanah, F. N., Wardana, M. D. K., & Jazuli, M. I. (2022). Pengembangan Augmented Reality (Ar) Berbasis Android Pada Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3d. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 7(5), 190. Https://Doi.Org/10.17977/Jptpp.V7i5.15238
Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137–144. Https://Doi.Org/10.21274/Jtm.2018.1.2.137-144
Zuriah, N. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Polysynchronous Di Era New Normal. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 6(1), 12–25. Https://Doi.Org/10.21067/Jmk.V6i1.5086
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dharmas Education Journal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten